PEMASARAN PRODUK BERTULISKAN KANJI BERBASIS DIGITAL DI KELURAHAN MALAKA SARI KECAMATAN DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32067Keywords:
Huruf Kanji, Pemasaran Digital, Pengabdian Pada MasyarakatAbstract
Setiap tahun, Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta telah berhasil meningkatkan pengetahuan dan minat terhadap produk cetak berdesain Kanji dengan Program Pengabdian Pada Masyarakat (PPM). Sarana dan prasarana untuk penyelenggaraan kegiatan berkat dukungan dari Lurah Malaka Sari melalui penandatanganan PKS serta dukungan Ketua RW 02. Workshop ini difokuskan pada strategi pemasaran digital untuk produk cetak dengan desain Kanji. Tujuannya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama anggota warga Malaka Sari, dengan memberikan keterampilan dalam memasarkan produk mereka sendiri. Metode kerangka pemecahan masalah digunakan untuk menetapkan target audiens yang tepat dan merumuskan strategi pemasaran yang efektif, serta menggunakan alat seperti Business Model Canvas untuk memahami elemen penting dalam model bisnis mereka. Hasil dari kegiatan PPM yang pada tahun ini diselenggarakan pada 25 Mei 2024 menunjukkan bahwa workshop pemasaran produk dengan desain Kanji berbasis digital memberikan wawasan mendalam kepada peserta tentang cara memasarkan produk cetak dengan Kanji secara digital. Nina Ernawaty memandu seminar ini dengan memberikan strategi pemasaran digital yang efektif serta tips untuk memulai usaha online dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya inovasi terus-menerus dalam meningkatkan kualitas dan daya tarik produk Kanji agar tetap relevan di pasar.References
Emilia, H. (2022). Bentuk Dan Sifat Pengabdian Masyarakat Yang Diterapkan Oleh Perguruan Tinggi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 122-130. https://doi.org/10.37567/pkm.v2i3.1127
Nakamura, Toshiya. (2009). Paburikku Dipuromashiito Anzenhoshouseisaku: Doitsuno Shiza [Public Diplomacy and Security Policy: The German Standpoint]. Nagasaki Kenritsu Daigaku Kokusaijouhougakubu Kenkyukiyou 10: 183-193.
Sudjianto dan Dahidi, Ahmad. (2007). Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta : Kesaint Blanc.
Windiana, Magdalena. (2022) 7 Cara Memasarkan Produk Secara Online untuk Jualanmu. Diunduh dari https://seller.bukalapak.com/info/blog/seller-guide/119688-7-cara-memasarkan-produk-secara-online-untuk-jualanmu tanggal 12 Februari 2024.
Ahdiat, Adi. (2023). 5 E-commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal I 2023. Diunduh dari https://databoks.katadata.co.id/ tanggal 12 Februari 2024.
Luwena, Giap. (2023). 10 Cara Memasarkan Produk Online Secara Efektif. Diunduh dari https://www.sribu.com/id/blog/cara-memasarkan-produk-secara-online/ tanggal 12 Februari 2024.Baker, M. J., & Hart, S. J. (2003). The marketing book (Vol. 195). Butterworth-Heinemann Oxford.
Dahidi Ahmad, S. (2007). Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesaint Blanc.
Hendarsyah, D. (2020). Pemasaran digital dalam kewirausahaan. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 25–43.
Kotler, P. (2001). Marketing management, millenium edition. Prentice-Hall, Inc.
Lestari, D. A. R., & Hapsari, E. K. (2022). Pengenalan Kanji Pada Masyarakat Malaka Sari Sebagai Upaya Peluang Bisnis. Darmacitya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 27–33.
Stokes, R. (2013). eMarketing: The essential guide to marketing in a digital world. Quirk Education Pty (Ltd).
Yuana, C., Masruchin, F. R., Francois, J. A. N., Rhamadani, K. E., Khotimah, K., Kumalasari, G. S. N., & Guntur, M. (2022). Pelatihan Bahasa Jepang Pelaku Wisata Kampung Kelengkeng Desa Simoketawang Wonoayu Sidoarjo Sebagai Upaya Peningkatan Market Mancanegara. SENRIABDI, 322–338.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yuniarsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.