CEMAS HILANG PERCAYA DIRI DATANG DENGAN GUIDED IMAGINARY THERAPY
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32056Keywords:
Cemas, Percaya Diri, Guided Imaginary TherapyAbstract
Remaja merupakan masa dimana anak mengalami perubahan dari anak-anak menuju dewasa. Dalam rentang perkembangan anak usia remaja rentan dengan periode kritis yang perlu diantisipasi. Isu perkembangan anak usia remaja antara lain perilaku berisiko yang dapat dimunculkan dalam peforma akademik yang kurang baik, keterlibatan dalam peer group yang tidak positif, serta kenakalan remaja. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengatasi kecemasan dan meningkatkan kepercayaan diri adalah terapi rileksasi guided imagery. Guided imagery, atau citra terbimbing, adalah teknik yang melibatkan penggunaan visualisasi mental yang positif untuk mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan rasa percaya diri. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan terapi modalitas remaja sebagai empowerment adaptasi kebiasaan baru, salah satunya dengan guided imagery. Metode yang digunakan berupa pendidikan kesehatan dengan ceramah. Setelah dilakukan pendidikan kesehatan guided imagery pada 25 anak usia anak anak hingga remaja di Perumahan Taman Raya tahap 2 didapatkan hasil setelah pengabdian masyarakat adalah adanya peningkatan pengetahuan remaja tentang guided imagery dan remaja mampu melakukan therapy dengan mandiri. Diharapkan dengan adanya peningkatan pengetahuan anak tentang guided imagery dapat menjadi alternatif relaksasi mengurangi stress pada remaja, sehingga diharapkan kedepannya dapat meningkatkan kualitas hidup remaja.References
Elvie Tresya,dkk. (2022). Pemberian Paket Terapi Psikoedukasi Keluarga dan Terapi Guided Imaginary dalam Menurunkan Tingkat Ansietas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Saga Komunitas 01, 103-106. https://journals.sagamediaindo.org/index.php/jpmsk/article/view/54/30
Julita Rosalia Legi, dkk, (2019). Pengaruh Storytelling dan Guided-Imaginery terhadap tingkat perubahan kecemasan anak usia prasekolah yang dilakukan tindakan invasive. Journal of Telenursing 1(1), 145-156 https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOTING/article/view/496/345
Ernawati, Dewi, Y., & Mustika, I. (2022). Guided Imagery For Adolescent In Depok, Sleman. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Kesehatan (Jpkmk), 2(3), 86–93. Https://Doi.Org/10.47134/Pjp.V1i4.2581
Idayati. (2024). Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Kesiapan Menghadapi Menarche Pada Anak Kelas V Dan Vi Di Upt Sd N 2 Panutan Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Kesehatan (Jpkmk), 2(3), 86–93.
Madiyanti, D. A., Marlinda, M., & Periyanti, D. O. (2024). Pengaruh Teknik Guided Imagery Terhadap Penurunan Nyeri Dismenore Pada Remaja Putri Di Sma Pringsewu. Holistik Jurnal Kesehatan, 18(1), 77–83. Https://Doi.Org/10.33024/Hjk.V18i1.222
Rahmayunia Kartika, I., Rezkiki, F., Nugraha, H., & Kartika, I. R. (2022). Sentimas: Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Guided Imagery Pain Assessment, Stimulation And Healingapplication (Pasha): Reducing Dysmenorrhea Pain In Adolescents Guided Imagery Pain Assessment,
Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 468–474. Https://Journal.Irpi.Or.Id/Index.Php/Sentimas Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Guided Imagery Pain Assessment, Stimulation And Healing Penggunaan Teknik Guided Imagery Terhadap Tingkat Kecemasan Siswa Mengikuti Aktivitas Konseling Kelompok. Jurnal Ilmiah Bk, 1(3), 68–78.
Zikry, A., Mentari, B., Liana, E., & Pristya, T. Y. R. (2020). Teknik Manajemen Stres Yang Paling Efektif Pada Remaja: Literature Review Most Effective Stress Management Techniques In Adolescents: Literature Review. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12(4), 191–196.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mira Agusthia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.