ANALISIS METODE PENGAKUAN PENDAPATAN DENGAN METODE PENETAPAN COST TO COST SERTA PENERAPAN 12 PRINSIP DASAR UPI'' YPTK'' PADANG PADA TOKO STARS

Authors

  • Fenni Amanda Putri Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang
  • Irmawati Irmawati Universitas Putra Indonesia" YPTK" Padang
  • Zulfa Dania Universitas Putra Indonesia " YPTK" Padang
  • Ramdani Bayu Putra Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3194

Keywords:

Strategi Kreatif, Toko Sepatu, Peningkatan Penjualan

Abstract

Sepatu merupakan kebutuhan sandang yang sangat dibutuhkan untuk kegiatansehari-hari. Banyaknya transaksi penjualan yang terjadi dalam sehari menunjukkanbanyaknya minat konsumen terhadap sepatu. Hal itu menyebabkan para produsenmengeluarkan dan menciptakan berbagai macam jenis, seri, warna, dan ukuran sepatu.Selain itu data yang sangat banyak juga menjadi kendala karena susahnya mencari pola-pola keterkaitan antara jenis, seri, warna, dan ukuran sepatu terhadap konsumen. Darifenomena tersebut, membutuhkan perhatian yang khusus supaya penjualan sepatu tersebutmencapai maximal. Perancangan yang tepat serta analisa yang akurat sangat dibutuhkandalam proses prediksi penjualan sepatu di masa yang akan datang. Kegiatan PBL inibertujuan agar mahasiswa mendapatkan wawasan dan ilmu pengetahuan tentang caramenjadi wirausahawan yang sukses dan Toko Sepatu dapat menemukan solusi terbaikdalam taktik menarik pelanggan lebih banyak apalagi pada masa pandemi ini. Objek dalamPBL ini adalah Toko Sepatu STARS Padang 2 yang terletak di Kota Padang. PBL inimenerapkan metode eksplorasi yang menyerupai riset aksi. Sumber data yang digunakandalam penelitian ini dengan teknik mengumpulkan data melalui interview serta mempelajarisumber-sumber yang relevan dari artikel jurnal peneliti terdahulu (state of the art) danberita-berita. Hasil PBL menunjukkan bahwa prinsip-prinsip yang di terapkan sesuaidengan prinsip dasar UPI YPTK Padang, selain itu fokus dalam kemajuan toko dalammeningkatkan penjualan dan menata kembali cara pembukuan pada toko tersebut.Kata Kunci: Strategi kreatif, Toko Sepatu,Peningkatan Penjualan   AbstractShoes are a very necessary clothing requirement for activities daily. The number ofsales transactions that occur in a day shows consumer interest in shoes. This causesproducers to produce and create various types, series, colors, and sizes of shoes.Inaddition, the large amount of data is also an obstacle because it is difficult to find patterns.Pattern of relationship between types, series, colors, and sizes of shoes to consumers. FromThis phenomenon requires special attention so that the sale of these shoes reach themaximum. Proper design and accurate analysis are needed in the process of predictingfuture shoe sales. This PBL activity aims for students to gain insight and knowledge abouthow to become successful entrepreneurs and Shoe Stores can find the best solutions intactics to attract more customers, especially during this pandemic. The object in this PBL isthe STARS Padang 2 Shoe Store which is located in the city of Padang. This PBL applies anexploratory method that resembles action research. The data sources used in this researchare collecting data through interviews and studying relevant sources from previousresearch journal articles (state of the art) and news. The results of the PBL show that theprinciples applied are in accordance with the basic principles of UPI YPTK Padang, inaddition to focusing on the progress of the store in increasing sales and rearranging theway of bookkeeping at the store.Keywords: Creative Strategist, Shoe Store, Sales Increase.

References

Popi Novyanty, “ANALISIS PENDAPATAN USAHA JASA LAUNDRY DI

KECAMATAN SYIAH KUALA (KAJIAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM) Disusun,â€

Skripsi, vol. 8, no. 5, p. 55, 2019.

perpustakaan UNRI, “No Titleترول ب ال“.

E. F. Damayanti, “Analisis Pengakuan Pendapatan Pada Perusahaan Konstruksi,†Akuisisi

J. Akunt., vol. 12, no. 1, pp. 79–91, 2016, doi: 10.24127/akuisisi.v12i1.93.

Downloads

Published

2021-11-21 — Updated on 2022-07-16

Versions

How to Cite

Putri, F. A. ., Irmawati, I., Dania, Z. ., & Putra, R. B. . (2022). ANALISIS METODE PENGAKUAN PENDAPATAN DENGAN METODE PENETAPAN COST TO COST SERTA PENERAPAN 12 PRINSIP DASAR UPI’’ YPTK’’ PADANG PADA TOKO STARS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 43–46. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3194 (Original work published November 21, 2021)