PENINGKATAN KAPASITAS PERSONAL BRANDING DI ERA DIGITAL BAGI SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 1 BANDUNG

Authors

  • Rahmi Aini Universitas Pasundan Bandung
  • Trias Pyrenia Iskandar Universitas Pasundan Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31913

Keywords:

Personal Branding, Siswa SMA, Era Digital

Abstract

Komunikasi menjadi penting karena merupakan bagian fundamental dalam setiap kehidupan bermasyarakat. Komunikasi pun menjadi kunci utama dalam kesuksesan dalam segala bidang di kehidupan manusia. Dengan demikian, maka menjadi penting bagi siswa untuk memahami tentang komunikasi, khususnya dalam interaktivitas di dunia maya dalam era digital seperti saat ini. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai bagaimana mepresentasikan diri saat beraktivitas di dunia maya, atau bagaimana menciptakan persoal branding yang baik sehingga siswa menjadi lebih berhati-hati menampilkan dirinya di dunia maya. SMA Pasundan 1 Kota Bandung merupakan salah satu lembaga pendidikan terkemuka di Jawa Barat yang memiliki potensi untuk terus dikembangkan, namun masih dihadapkan pada permasalahan prioritas meliputi : 1) Minimnya kemampuan personal branding pada era digital. 2) Belum mampu melakukan komunikasi efektif. 3) Minimnya pengetahuan mengenai jati diri. Solusi yang ditetapkan yaitu sebagai berikut : 1) peningkatan pengetahuan dan kemampuan mengenai personal branding di era digital. 2) peningkatan dalam melakukan komunikasi efektif. 3) peningkatan pengetahuan mengenai jati diri masing-masing siswa. Metode pendekatan yang digunakan untuk mencapai Target Luasan Solusi, yaitu; Pelatihan dan Simulasi. Selain itu ditetapkan Langkah – Langkah solusi untuk mencapai target solusi yang ditetapkan, Tim Pengusul terdiri dari 2 kepakaran dan melibatkan dua mahasiswa. Hasil yang dicapai peningkatan keberdayaan mitra dengan luaran: Meningkatnya Pengetahuan dan Kemampuan Personal Branding di Era Digital, Meningkatnya Kemampuan Komunikasi yang Efektif dan Memahami Jati Diri.  Target luaran dari kegiatan PKM ini akan dipublikasikan di Jurnal Nasional SINTA 5 dan media massa online Tugu Bandung.

References

Hurlock. 1998. Perkembvangan Aanak Jilid I. Erlangga

Kausar, M. , Nurdin., A. S. A. Rizki., Atiah., R. R. Darniarti. 2022. Penerapan Personal Branding pada Siswa SMA 5 Terbuka Cinangka Depok Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Mengabdi 2 (3): 83-87.

Panduan Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Yang Melibatkan Mahasiswa Edisi I Fisip Unpas 2021)

Setyanto, Y., S. Winduwati. 2016. Pentingnya Kemampuan Personal Branding di Era Digital. Seminar Nasional Hasil Penerapan Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat III

Siahaan, C., S. Sasongko,. E. A. Tribuana,. R. Yosia,. A. Nerissa. 2021. Getting To Know Personal Branding. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5 (2): 30-39.

Suprapto, H. A. 2017. Pengaruh Komunikasi Efektif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Kependidikan XI (1): 13-24.

Syaifudin, A. A., Sutinnarto. 2023. Membangun Personal Branding dan Kemampuan Public Speaking untuk Pengembangan Karir Masa Depan Pemuda. Abdi Makarti 2 (2): 127-135.

Downloads

Published

2024-07-20

How to Cite

Aini, R. ., & Iskandar, T. P. . (2024). PENINGKATAN KAPASITAS PERSONAL BRANDING DI ERA DIGITAL BAGI SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 1 BANDUNG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6705–6708. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31913