PENGUATAN DAN PEMANTAPAN KOMPETENSI PARASITOLOGI PADA GURU BIOLOGI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Hebert Adrianto Rubay Universitas Ciputra
  • Yuwono Marta Dinata Universitas Ciputra Surabaya
  • May Fanny Tanzilia Universitas Ciputra Surabaya
  • Billy Daniel Messakh Universitas Ciputra Surabaya
  • Ronald Torang M. Panggabean Universitas Ciputra Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3191

Keywords:

parasitologi, guru biologi, olimpiade

Abstract

Guru merupakan aset negara yang sangat penting dalam mencerdaskan anak bangsa. MGMP Biologi Sidoarjo adalah mitra rutin pengabdian masyarakat selama dua tahun. Penguatan materi yang pernah diberikan diulang kembali dengan cara dikemas dalam bentuk olimpiade. Tujuan kegiatan adalah memberikan penguatan dan pemantapan pengetahuan para guru biologi pada topik parasitologi. Metode kegiatan adalah difusi ipteks, pendampingan, dan penyelenggaraan kegiatan kompetisi olimpiade. Olimpiade dibagi menjadi babak penyisihan dan babak final. Properti yang digunakan adalah buku, power point, autoproctor, zoom, youtube. Hasil kegiatan ini adalah telah didapatkan lima juara, kompetisi berlangsung meriah dan anggota memberikan dukungan. Para guru menilai kegiatan ini sangat memberikan manfaat karena mengingat kembali materi yang telah dipelajari, mengukur pemahaman materi parasitologi, memotivasi guru untuk terus semangat belajar dan mengukir prestasi, dan anggota MGMP lebih aktif terlibat.

References

Adrianto, H., Irawan, D., Subadi, L. C., Hasanah, R. S., & Fajar, J. T. T. (2020). Pembelajaran biologi dengan skenario. Jurnal Abdimas PHB Vol, 3(2), 1–9. http://www.ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/abdimas/article/view/1705/1172

Adrianto, H., Tanzilia, M. F., Lindarto, W. W., Dinata, Y. M., Goein, A. M., Disa, N., & Andriani, A. (2021). Penguatan pengetahuan guru biologi dalam penanganan kutu kepala (Pediculus humanus capitis). 2(2), 87–96. https://doi.org/10.32539/Hummed.V2I2.59

Agustina, P. (2017). Persepsi guru biologi SMA tentang media pembelajaran materi kingdom animalia. Proceeding Biology Education Conference, 14, 318–321.

Hasyim, H., Dale, P., Groneberg, D. A., Kuch, U., & Müller, R. (2019). Social determinants of malaria in an endemic area of Indonesia. Malaria Journal, 18(1), 1–11. https://doi.org/10.1186/s12936-019-2760-8

Ketut, N., Wulandari, A., Lutfiana, I., Wahyudi, N. D., Ratnadi, N. A., & Febriyanti, M. (2020). Aktivitas dokter kecil sebagai garda kesehatan di sekolah dasar negeri 1 Kubutambahan. 8, 20–24.

Kurscheid, J., Laksono, B., Park, M. J., Clements, A. C. A., Sadler, R., McCarthy, J. S., Nery, S. V., Soares-Magalhaes, R., Halton, K., Hadisaputro, S., Richardson, A., Indjein, L., Wangdi, K., Stewart, D. E., & Gray, D. J. (2020). Epidemiology of soil-transmitted helminth infections in Semarang, Central Java, indonesia. PLoS Neglected Tropical Diseases, 14(12), 1–17. https://doi.org/10.1371/journal.pntd.0008907

Lee, June Der, Yen, C. M., Wang, J. J., Lin, R. J., & Chung, L. Y. (2021). A school-based soil-transmitted helminths survey in the guadalcanal province, the solomon islands. Tropical Doctor, 51(2), 167–170. https://doi.org/10.1177/0049475520970055

Lee, Juyoung, & Ryu, J. S. (2019). Current status of parasite infections in Indonesia: A literature review. Korean Journal of Parasitology, 57(4), 329–339. https://doi.org/10.3347/kjp.2019.57.4.329

Marta Dinata, Y., Adrianto, H., Tabita Hasianna Silitonga, H., & Pasu Marganda Hadiarto Purba, I. (2021). Mini sharing pemanfaatan media quiz online bagi MGMP guru biologi sidoarjo berbasis edmodo. Journal of Approriate Technology for Community Services, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.20885/jattec.vol2.iss1.art1

Muniroh, L., Martini, S., Soedirham, O., & Andrias, D. R. (2006). Analisis pengetahuan, sikap, dan tindakan guru sekolah dasar negeri di Surabaya tentang masalah kecacingan. The Indonesian Journal, November, 65–72. https://www.researchgate.net/profile/Santi_Martini2/publication/279438012_Analisis_Pengetahuan_Sikap_dan_Tindakan_Guru_Sekolah_Dasar_Negeri_di_Surabaya_tentang_Masalah_Kecacingan/links/56de300e08ae46f1e99f9676/Analisis-Pengetahuan-Sikap-dan-Tindakan-Guru-

Mustar, Y. S., Susanto, I. H., & Bakti, A. P. (2018). Pendidikan kesehatan: perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah dasar. Advanced Optical Materials, 10(1), 89–95. https://doi.org/10.1103/PhysRevB.101.089902%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.nantod.2015.04.009%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-018-05514-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-019-13856-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-020-14365-2%0Ahttp://dx.doi.org/1

Pasaribu, A. P., Alam, A., Sembiring, K., Pasaribu, S., & Setiabudi, D. (2019). Prevalence and risk factors of soil-transmitted helminthiasis among school children living in an agricultural area of North Sumatera, Indonesia. BMC Public Health, 19(1), 1–8. https://doi.org/10.1186/s12889-019-7397-6

Pinasthika, C., Haryono, T., & Pratiwi, M. S. (2013). Aktifitas belajar Siswa sekolah menengah atas menggunakan LKS berbasis WEB materi kingdom animalia. BioEdu, 2(3), 293–298. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu

Purba, I. P. M. H., Adrianto, H., & Silitonga, H. T. H. (2020). Penguatan kompetensi guru biologi Sidoarjo menghasilkan buku ajar bebas plagiarisme. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.24036/abdi.v2i2.69

Shinta, & Sukowati, S. (2012). Pengetahuan, sikap dan perilaku tokoh masyarakat tentang malaria di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Media of Health Research and Development, 15(1 Mar), 29–34. https://doi.org/10.22435/mpk.v15i1Mar.1141.

Silitonga, H. T. H., Adrianto, H., & Purba, I. P. M. H. (2020). Penguatan kompetensi MGMP biologi Sidoarjo dalam materi pembelajaran virus HIV. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 284–291. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.993

Susanna, D., Ernawati, K., Ahmadi, U. F., Hasan, H., & Ritawati. (2019). sismantik : siswa pemantau jentik sekolah dasar dalam upaya penurunan kasus demam berdarah dengue (DBD). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 5(2), 188–199.

Wandra, T., Depary, A. A., Sutisna, P., Margono, S. S., Suroso, T., Okamoto, M., Craig, P. S., & Ito, A. (2006). Taeniasis and cysticercosis in Bali and North Sumatra, Indonesia. Parasitology International, 55(SUPPL.), 1–6. https://doi.org/10.1016/j.parint.2005.11.024

Yunanda, I., Susilo, H., & Ghofur, A. (2019). Misconceptions identification on biodiversity and protist using multiple choice open reason (mcor). Biosfer, 12(2), 170–181. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.v12n2.170-181

Yusup, I. R. (2018). Kesulitan guru pada pembelajaran biologi ringkat madrasah/sekolah di Provinsi Jawa Barat (studi kasus wilayah Priangan Timur). Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 8(2), 34–42. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i2.3187

Downloads

Published

2022-02-06 — Updated on 2022-07-16

Versions

How to Cite

Rubay, H. A., Dinata, Y. M. ., Tanzilia, M. F. ., Messakh, B. D. ., & Panggabean, R. T. M. . (2022). PENGUATAN DAN PEMANTAPAN KOMPETENSI PARASITOLOGI PADA GURU BIOLOGI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 91–98. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3191 (Original work published February 6, 2022)