EVALUASI EFEKTIVITAS SEMINAR DAN PROMOSI MEDIA DIGITAL DALAM PENINGKATAN NASABAH DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP SIDRAP

Authors

  • Muh. Abduh Anwar Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Angga Hamka Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • M. Yusuf Firmansyah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Andi Muh. Alfian Syahputra Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31847

Keywords:

Efektivitas, Strategi, Media Sosial, Pemasaran Langsung, Jumlah Nasabah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas strategi sosialisasi dan promosi yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Sidrap dalam meningkatkan jumlah nasabah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi sosialisasi melalui seminar dan workshop, serta promosi melalui media sosial dan pemasaran langsung, efektif dalam meningkatkan kesadaran dan minat masyarakat terhadap produk perbankan syariah. Strategi ini tidak hanya berhasil menarik nasabah baru tetapi juga memperkuat hubungan dengan nasabah yang sudah ada. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa faktor-faktor seperti kualitas layanan, kepercayaan terhadap institusi, dan keberagaman produk juga memainkan peran penting dalam keputusan nasabah untuk bergabung dengan BSI. Dalam konteks sosialisasi, seminar dan workshop memberikan pemahaman mendalam mengenai keunggulan perbankan syariah, sedangkan promosi melalui media sosial mampu menjangkau audiens yang lebih luas dan beragam. Penelitian ini menyarankan peningkatan investasi dalam kegiatan marketing dan pengembangan strategi digital untuk hasil yang lebih optimal. Implementasi yang lebih sistematis dan evaluasi berkala terhadap strategi yang dijalankan juga direkomendasikan untuk memastikan keberlanjutan dan peningkatan efektivitas di masa mendatang. Dengan demikian, BSI KCP Sidrap dapat terus bersaing dan meningkatkan daya tariknya di pasar perbankan syariah.

References

Anggraini, D., &Sudharyati, N. (2022). ANALISIS STRATEGI MARKETING SYARIAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH BSI OTO PADA PT . BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU SIPIN BAKARUDDIN JAMBI ANALYSIS OF SHARIA MARKETING STRATEGY INCREASING THE NUMBER OF BSI OTO CUSTOMERS AT PT . BANK SYARIAH INDONESIA SIPIN BAKARUDDIN JAMBI SUBBRANCH OFFICE. 2(2), 119–132.

Apriliani, S., Maulidin, M., & Nurjannah, A. (2022). STRATEGI MARKETING PEGAWAI BANK SYARIAH DALAM MEREKRUT NASABAH DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP PLERED 2. 03(01), 1–9.

Awareness, B., Bsi, D. I., &Mojosari, K. C. P. (2024). ANALISIS STATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS DI BSI KCP MOJOSARI. 1(1), 1–12.

Bank, D. I., Indonesia, S., & Takalar, K. C. P. (2022). STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MENABUNG MASYARAKAT DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP TAKALAR.

Bella, S., & Faizal, M. (2023). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Indonesia ( BSI ) KC Palembang Demang. 125–144.

Diajukan, S., Salah, M., Syarat, S., Memperoleh, G., Sarjana, G., Studi, P., Syariah, P., &

Ekonomi, F. (2022). JUMLAH NASABAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA ( STUDI PADA BSI KCP ENREKANG ) JUMLAH NASABAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA ( STUDI PADA BSI KCP ENREKANG ).

Indah, N. F. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Produk Perbankan Syariah di Indonesia. 3, 152–162.

Irfan, H. (2017). Strategi pemasaran produk bank syariah dalam persaingan bisnis perbankan nasional. September, 22–41.

Islam, U., Kiai, N., Achmad, H., Jembr, S., Ekonomi, F., & Bisnis, D. A. N. (2023). Analisis strategi marketing mix dalam usaha meningkatkan volume penjualan produk gadai emas dan cicil emas pada bank syariah indonesiakcp jembrana bali.

Mustofa, U. (2020). Efektivitas Program Edukasi dan Religiositas Dalam Meningkatkan

Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah Berdasarkan Laporan Perkembangan Keuangan Syariah Indonesia dari. 7(2), 214–231. https://doi.org/10.31942/iq

Parepare, I., &Parapare, I. (2021). STRATEGI MARKETING FUNDING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI BANK BNI. 3(November).

Pendahuluan, I., Media, P., Dalam, S., & Produk, P. (2023). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMASARAN PRODUK. 4(1), 11–18.

Sobari, R., Negeri, I., & Utara, S. (2023). Strategi Pemasaran Produk BSI Oto Di Bank Syariah Indonesia Kcp Medan Marelan. 1(4). Strategis, K. B. (n.d.). Perencanaan strategi pengembangan bank syariah di indonesia. 41–48.

Downloads

Published

2024-08-06

How to Cite

Anwar, M. A. ., Hamka, A. ., Firmansyah, M. Y. ., & Syahputra, A. M. A. . (2024). EVALUASI EFEKTIVITAS SEMINAR DAN PROMOSI MEDIA DIGITAL DALAM PENINGKATAN NASABAH DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP SIDRAP. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7276–7281. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31847