STRATEGI KOMUNIKASI MASYARAKAT DALAM MENGATASI WABAH PANDEMI COVID-19 DI PROVINSI ACEH

Authors

  • Baharuddin Ar UIN Ar- Raniry
  • Zulfadli Zulfadli Universitas Serambi Mekkah
  • Nurul Husna UIN Ar- Raniry

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31821

Keywords:

Strategi Komunikasi Dan Covid-19

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi Masyarakat Dalam Mengatasi Wabah Pandemi Covid-19 Di Provinsi Aceh. Strategi komunikasi merupakan perencanaan (planning) dan manajemen untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Tetapi dalam pencapaian tujuan tersebut, strategi tidak berfungsi sebagai peta jalan yang hanya menunjukan arah saja, namun harus menunjukan bagaimana taktik operasionalnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak wabah pandemic covid-19 terhadap komunikasi masyaraka, untuk mengetahui strategi komunikasi masyarakat dalam mengatasi wabah pandemic covid-19 dan untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambat masyarakat dalam mengatasi wabah pandemic covid-19 di Provinsi Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, di mana peneliti meneliti secara menyeluruh terhadap fakta yang terdapat di lokasi penelitian sesuai dengan fokus permasalahan, dengan cara meneliti langsung, kemudian data hasil analisis disajikan dan diberikan pembahasan. pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa: (1) dampak Covid-19 terhadap masyarakat yaitu munculnya rasa curiga dan hilangnya kepercayaan terhadap orang-orang yang ada di sekitarnya atau orang yang baru dikenal, minimnya rasa sosial dan minimnya empati terhadap sesama; (2) Strategi komunikasi masyarakat dalam mengatasi wabah pandemic Covid-19 di Provinsi Aceh di antaranya adalah komunikasi informasi dengan menggunakan media, pemerintah Aceh membentuk tim Aceh Tanggap Covid-19, menjalin kerjasama dengan aparatur pemerintah daerah, menyusun peraturan tentang Covid-19 dan melakukan sosialisasi serta edukasi penanganan Covid-19 kepada masyarakat; (3) faktor pendukung masayarakat dalam mengatasi wabah pandemic covid- 19 di antaranya  mayoritas masyarakat Aceh menyadari akan bahayanya wabah Covid-19, perkembangan media sosial dukungan sarana dan prasarana, adanya sosialisasi, pendataan, pemantauan dan tingkat kesadaran yang tinggi terhadap wabah covid-19. Sedangkan faktor penghambat adalah peralatan kesehatan sulit didapatkan, minimnya pemahaman masyarakat terhadap sosialisasi yang dilakukan oleh tim Aceh Tanggap Covid-19 tentang wabah Covid-19 dan masih ada masyarakat yang acuh tak acuh terhadap himbauan tim Aceh Tanggap Covid-19 berkaitan dengan edukasi protokol kesehatan.

References

Alo Liliweri, Gatra-gatra Komunikasi Antar Budaya, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Efrisa, Mengenal Teori-teori Politik dari Sistem Politik Sampai Korupsi, Bandung: Nuansa Cendikia, 2006.

Hafied Cangara, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2000.

Husna Ni’matul Ulya, “Alternatif Strategi Penanganan Dampak Ekonomi Covid-19 Pemerintah Daerah Jawa Timur Pada Kawasan Agropolitan”, Journal of Islamic Economic and Business, Vol. 3 No. 1, Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2020.

John Fiske, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.

Juhari, Zulfadli, Interaction Between Religious People Post social Conflict In Aceh Singgkil District, Jurnal Ilmiah Islam Futura Vol.19.no.02 2019

Mahardika Timur, Strategi Membuka Jalan Perubahan, Bantul: Pondok Edukasi, 2006.

MLE Parwanto, “Virus Corona 92019-nCoV) Penyebab Covid-19”, Jurnal Biomedika dan Kesehatan, Vol. 3, No. 1, Jakarta: Departemen Biologi Universitas Trisakti, 2020.

Mukharam & Havis Aravik, “Kebijakan Nabi Muhammads Saw Menangani Wabah Penyakit Menular dan Implementasinya dalam Konteks Menanggulangi Corona Virus Covid-19”, Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, Vol. 7. No. 3, (Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020.

Onong Uchjana Effendy, Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 2013.

Rusdin Pohan, Metodologi Penelitian Pendidikan, Banda Aceh: Perpustakaan Nasional; Katalog dalam terbitan (KDT), 2008.

S. Achmad, Komunikasi Media Massa dan Khalayak, Ujungpandang: Hasanuddin University Press, 1992.

Tess Penington, Panduan Kesiapsiagaan Hadapi Virus Corona, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2020.

Downloads

Published

2024-07-17

How to Cite

Ar, B. ., Zulfadli, Z., & Husna, N. . (2024). STRATEGI KOMUNIKASI MASYARAKAT DALAM MENGATASI WABAH PANDEMI COVID-19 DI PROVINSI ACEH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6614–6620. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31821