UPAYA MARKETING DALAM MENINGKATKAN NASABAH BSI KCP SIDRAP MELALUI SOSIALISASI DAN PROMOSI

Authors

  • Muh. Abduh Anwar Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Erwin Erwin Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Nuraisyah Arif Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Nuraisyah Arif Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31759

Keywords:

Perbankan Syariah, Sosialisasi, Promosi, Strategi Marketing, Bank Syariah Indonesia, KCP Sidrap.

Abstract

Perkembangan industri perbankan syariah di Indonesia mengalami kemajuan yang pesat, diiringi dengan meningkatnya jumlah bank syariah dan produk yang ditawarkan. Namun, persaingan di sektor ini semakin ketat, mendorong setiap bank syariah untuk mengembangkan strategi marketing yang efektif untuk menarik dan mempertahankan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya marketing yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Sidrap dalam meningkatkan jumlah nasabah melalui kegiatan sosialisasi dan promosi. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan sosialisasi di instansi pemerintah serta promosi di bank. Kegiatan sosialisasi dilakukan dengan mengunjungi berbagai instansi pemerintah untuk memperkenalkan produk dan layanan BSI, sedangkan promosi dilakukan secara langsung kepada nasabah di bank. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa sosialisasi dan promosi berhasil meningkatkan pemahaman masyarakat tentang perbankan syariah dan menarik minat nasabah baru. Penelitian ini memberikan wawasan bagi praktisi perbankan syariah, akademisi, dan pembuat kebijakan mengenai strategi marketing yang efektif untuk pengembangan industri perbankan syariah di Indonesia.

References

Anggraini, D., & Sudharyati, N. (2022). ANALISIS STRATEGI MARKETING SYARIAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH BSI OTO PADA PT . BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU SIPIN BAKARUDDIN JAMBI ANALYSIS OF SHARIA MARKETING STRATEGY INCREASING THE NUMBER OF BSI OTO CUSTOMERS AT PT . BANK SYARIAH INDONESIA SIPIN BAKARUDDIN JAMBI SUB-BRANCH OFFICE. 2(2), 119–132.

Apriliani, S., Maulidin, M., & Nurjannah, A. (2022). STRATEGI MARKETING PEGAWAI BANK SYARIAH DALAM MEREKRUT NASABAH DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP PLERED 2. 03(01), 1–9.

Awareness, B., Bsi, D. I., & Mojosari, K. C. P. (2024). ANALISIS STATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS DI BSI KCP MOJOSARI. 1(1), 1–12.

Bank, D. I., Indonesia, S., & Takalar, K. C. P. (2022). STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MENABUNG MASYARAKAT DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP TAKALAR.

Bella, S., & Faizal, M. (2023). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Indonesia ( BSI ) KC Palembang Demang. 125–144.

Fatharani, A. P., & Hidayat, A. M. (2023). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Iklan Terhadap Minat Beli Grabfood Kota Bogor ( Studi Pada Konsumen GrabFood Kota Bogor ) The Effect Of Sales Promotion And Advertisement On Interest To Buy Grabfood In Bogor ( Study on Bogor City GrabFood Consumers ). 10(1), 333–339.

Irfan, H. (2017). Strategi pemasaran produk bank syariah dalam persaingan bisnis perbankan nasional. September, 22–41.

Islam, U., Kiai, N., Achmad, H., Jembr, S., Ekonomi, F., & Bisnis, D. A. N. (2023). Analisis strategi marketing mix dalam usaha meningkatkan volume penjualan produk gadai emas dan cicil emas pada bank syariah indonesia kcp jembrana bali.

Sobari, R., Negeri, I., & Utara, S. (2023). Strategi Pemasaran Produk BSI Oto Di Bank Syariah Indonesia Kcp Medan Marelan. 1(4).

Downloads

Published

2024-07-17

How to Cite

Anwar, M. A. ., Erwin, E., Arif, N. ., & Arif, N. . (2024). UPAYA MARKETING DALAM MENINGKATKAN NASABAH BSI KCP SIDRAP MELALUI SOSIALISASI DAN PROMOSI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6597–6602. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31759