IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) BAGI SISWA SD NEGERI 26 KOTA BENGKULU

Authors

  • Amira Windu Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Eki Saputra Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31702

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Siswa SD Negeri 26 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data kepala sekolah, guru, mahasiswa, siswa dan dokumen penelitian. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi dilanjutkan dengan analisis reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa SD Negeri 26 Kota Bengkulu membuat tema Bhinneka Tuggal Ika tentang diriku dirimu hebat, budayaku budayamu mantap, perbedaan di sekolah kita, kita beda kita berkarya. Pada program ini sekolah berkolaborasi dengan Mahasiswa KM 7. Adapun pelaksanaan terkait kegiatan P5 yang bertema kebhinekaan di setiap kelasnya terdiri dari beberapa tahapan yakni a) Persiapan, projek ini diawali dengan pembuatan rencana pelaksanaan secara terperinci. Kegiatan awal ini juga dapat berupa pengenalan. b) Mengoptimalkan Pelaksanaan Projek. Pada kegiatan ini siswa sudah diajak untuk praktek atau kegiatan melakukan dari pengantaran atau pengenalan sebelumnya. c) Kegiatan Akhir Projek. d) Perayaan Hasil Belajar Projek. Terakhir adalah e) Pembuatan Laporan.

Downloads

Published

2024-07-16

How to Cite

Windu, A. ., & Saputra, E. . (2024). IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) BAGI SISWA SD NEGERI 26 KOTA BENGKULU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6528–6534. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31702