PANDANGAN MAHASISWA FARMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR PEMANFAATAN CHATGPT DALAM PENGERJAAN LAPORAN PRAKTIKUM

Authors

  • Ainun Masyurah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Surya Ningsih A.S Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31602

Keywords:

ChatGPT, Pandangan mahasiswa, Laporan Praktikum

Abstract

Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) telah memberikan dampak signifikan di berbagai bidang, termasuk pendidikan. Di lingkungan pendidikan tinggi, terutama dalam bidang farmasi, penggunaan ChatGPT dalam pembuatan laporan praktikum menjadi topik yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui skala penggunaan dan pandangan mahasiswa terkait penggunaan ChatGPT dalam pengerjaan laporan praktikum. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pengumpulan data melalui survei menggunakan Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan ChatGPT dalam pengerjaan laporan praktikum tergolong rendah, hanya 16,6% mahasiswa yang menggunakan ChatGPT, sementara 46,7% responden sangat jarang menggunakan ChatGPT, 23,3% bersikap netral, dan sebagian kecil lainnya menjawab tidak setuju. (2) Pandangan mahasiswa terhadap penggunaan ChatGPT dalam pengerjaan laporan praktikum cenderung negatif, dengan 46,7% responden menganggapnya tidak etis, 36,7% bersikap netral, dan hanya 16,7% yang menganggapnya etis. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang penggunaan ChatGPT dalam pendidikan tinggi, khususnya di bidang farmasi. Meskipun penggunaannya masih rendah, pandangan etis yang negatif menyoroti perlunya edukasi lebih lanjut mengenai etika penggunaan AI dan kebijakan yang lebih jelas dalam konteks akademik. Hasil penelitian ini juga dapat membantu institusi pendidikan mengembangkan kurikulum dan strategi pembelajaran yang lebih adaptif dan etis, serta menjadi referensi untuk penelitian lebih lanjut tentang teknologi AI dalam Pendidikan

References

Emzir. 2009. “Metodologi penelitian pendidikan”, Jakarta. Pt Raja Grafindo Persada.

Faiz A & Kurniawan i, 2023. Tantangan penggunaan chatgpt dalam pendidikan ditinjau dari sudut pandang moral. jurnal ilmu pendidikan

Firman, Harry, “Pendidikan Sains Berbasis STEM: Konsep, Pengembangan, dan Peranan Riset Pascasarjana”, Seminar Nasional Pendidikan Ipa Dan Pklh

Program Pascasarjana Universitas Pakuan Bogor, 2015

Hedderich, Dennis M., Keicher, Matthias, Wiestler, Benedikt, Gruber, Martin J., Burwinkel, Hendrik, Hinterwimmer, Florian, Czempiel, Tobias, Spiro, Judith E.Pinto Dos Santos, Daniel, & Heim, Dominik. 2021. Ai For Doctors—A Course To Educate Medical Professionals In Artificial Intelligence For Medical Imaging. Healthcare, 9(10), 1278. Mdpi.

Hidayanti W & Azmiyanti R. 2023. Dampak penggunaan Chat GPT pada kompetensi mahasiswa akuntasi. Prosiding senapan Vol.3 No.1

Kharis, dkk. 2024. Pengalaman dan perspektif pendidikan terhadap penggunaan chatgpt dalam pengajaran. jurnal pendidikan

Priowirjanto, E. S., Israwan, A. R. R., Josca, M. P., Abdallah, R., Kevin, N., Ardhiansyah,C., Desiani, R. H., & Munaf, C. R. (2023). Sosialisasi mengenai aspek hukum daripenggunaan chatgpt dalam dunia pendidikan di smk al-wafa kabupaten bandung.Kebuyutan: Jurnal Kajian Ilmu Sosial Dan Humaniora Berbasis Kearifan Lokal,2(2), 92–99

Risnina, N. R dkk 2023. Pengaruh CharGPT Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa Di InstitutTeknologi Sepuluh Nopember. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya Vol.2, No. 4

Rosa dkk, 2023. penerapan teknologi artifical intelligence (chatgpt) pada pendidikan dasar diriau. jurnal universitas islam riau

Roosan dkk, 2024. Efektivitas ChatGPT dalam farmasi klinis dan peran kecerdasan buatan dalam manajemen terapi pengobatan. Jurnal asosiasi apoteker amerika vol 1 No 2.

Saputra j & Hidayati D, 2023. Persepsi dosen Pascasarjana universitas swasta terhadap chatgpt dalam meningkatkan mutu pembelajaran. jurnal sistem dan teknologi informatika

Sallam dkk, 2023. Potensi GPT-4 Sebagai Alat Pendukung Apoteker: Studi Analitik Menggunakan Ujian Nasional Apoteker Jepang. JMIR Medical Education e48452.

Setiawan A & Lutfhiyani U K. 2023. Penggunaan ChatGPT untuk pendidikan di era education 4.0 : usulan inovasi meningkatkan keterampilan menulis. Jurnal PETISI Vol. 4 No. 1

Suharmawan W. 2020. Pemanfaatan ChatGPT dalam dunia pendidikan. Journal education research and development

Trenggono & Bachtiar. 2023. Peran chatgpt sebagai artifical intelligence dalam menyelesaikan masalah pertahanan dengan metode studi kasus dan black box testing. studi diploma Vl pertanahan, issn: 2622-9714

Wijonarko, dkk, 1945. Penerapan dan kontribusi kecerdasan buatan chatgpt untuk menafsir teks hukum (studi kasus penafsiran pasal 10 & pasal 13, permenkes no. 889 tahun 2011). juornal uta45jakarta

Zendrato W. Gerakan mencegah daripada mengobati terhadap pandemi COVID-19. Jurnal Education and Development.IPTS.2020;8(2):242

Downloads

Published

2024-08-18

How to Cite

Masyurah, A. ., & A.S, S. N. . (2024). PANDANGAN MAHASISWA FARMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR PEMANFAATAN CHATGPT DALAM PENGERJAAN LAPORAN PRAKTIKUM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7854–7860. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31602