PENINGKATKAN DERAJAT KESEHATAN MASYARAKAT MELALUI PENRAPAN PHBS DAN PENATALAKSANAAN DIABETES MELITUS DI LINGKUNGAN RW 03 RT 01

Authors

  • Farida M Simanjuntak STIKes Medistra Indonesia
  • Kiki Deniati STIKes Medistra Indonesia
  • Wiwit Destianti STIKes Medistra Indonesia
  • Lia Warti STIKes Medistra Indonesia
  • Warnah Warnah STIKes Medistra Indonesia
  • Fitriana Syaidhusyiam STIKes Medistra Indonesia
  • Orintiaber Siburian STIKes Medistra Indonesia
  • Sally Yosephin Cornelia STIKes Medistra Indonesia
  • Bintara Galih Tirta Ganda STIKes Medistra Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31546

Keywords:

PHBS; Diabetes Melitus; Kulit Jeruk Nipis; Daun Salam

Abstract

Perilaku Hidup Sehat (PHBS) merupakan salah satu upaya untuk mengajarkan kepada masyarakat agar masyarakat dapat menerapkan pola hidup sehat baik dalam lingkungan dan rumah tangga. Diabetes melitus merupakan salah satu penyakit degeneratif yang disebabkan oleh kurangnya produksi insulin dalam tubuh yang menyebabkan hiperglikemia. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat RT 01 RW 03 Kelurahan Sepanjang Jaya dalam melakukan perilaku hidup bersih dan sehat dalam rumah tangga dan lingkungan sekitar dan meningkatkan pengetahuan terhadap pencegahan diabetes melitus. Penggunaan kulit buah jeruk nipis dapat mencegah terjadinya DBD karena mekanisme jeruk nipis dan penggunaan daun salam yang mengandung flavonoid yang dapat menurunkan kadar gula darah. Berdasarkan sosialisasi yang dilakukan, masyarakat RT01 RW 03 terlihat antusias mengikuti program kerja yang dilakukan yaitu kerja bakti dan penyuluhan diabetes melitus. Dari hasil ini didapatkan bahwa terdapat bahwa antusias masyarakat terhadap program kerja yaitu kerja bakti berlangsung secara lancar dan antusias, serta penyuluhan diabetes yang dilaksanakan diterima dengan baik oleh masyarakat dengan adanya sesi tanya jawab yang dilakukan.  

References

Aniska, T. (2022). STUDI EPIDEMIOLOGI TERHADAP KEJADIAN DIABETES MELITUS PADA USIA LANJUT DI DESA PURWODADI. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(Etika 2017), 1526–1534.

Indawati, I., Khofifah, & Michelle, V. (2020). SPRAY ANTI NYAMUK (REPELLENT) INFUS KULIT BUAH JERUK NIPIS SEBAGAI ALTERNATIF PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DI MASYARAKAT. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 19–24.

Komariah, & Rahaya, S. (2020). HUBUNGAN USIA, JENIS KELAMIN DAN INDEKS MASA TUBUH DENGAN KADAR GULA DARAH PUASA PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI KLINIK PRATAMA RAWAT JALAN PROKLAMASI, DEPOK, JAWA BARAT. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 41–50.

Mahardika, I. G. W. K., Rismawan, M., & Adiana, I. N. (2023). HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN DBD PADA ANAK USIA SEKOLAH DI DESA TEGALLINGGAH. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 7(1), 51–57.

Pratama, R. P., Suliani, N. W., & Prasetia, D. E. (2020). PENERAPAN REBUSAN DAUN SALAM TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI RT 12 / 04 KELURAHAN WARAKAS JAKARTA UTARA. Jurnal Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya, 6(1), 29–34.

Sutomo, & Purwanto, N. H. (2023). PENGARUH KONSUMSI TISANE DAUN BELIMBING WULUH TERHADAP PERUBAHAN KADAR GULA DALAM DARAH PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2. Jurnal Keperawatan, 1–15.

Syahda, S., & Susanti, N. (2023). PENERAPAN PROGRAM PHBS DALAM PENANGGULANGAN DBD DI KECAMATAN MEDAN SELAYANG. Health Information Jurnal Penelitian, 15(2).

Syokumawena, Mediarti, D., & Agustini, D. (2024). MANAJEMEN HIPERGLIKEMIA PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DENGAN MASALAH KETIDAKSTABILAN KADAR GLUKOSA DARAH PENDAHULUAN Diabetes Mellitus adalah gangguan metabolisme yang disebabkan pankreas oleh untuk menyebabkan hiperglikemia atau hipoglikemia ( Sa. Jurnal ’Aisyiyah Medika, 9, 68–82.

Warti, L., Deniati, K., Intarti, W. D., Simanjuntak, F. M., Julianti, E., Rahmawati, A. A., Yulianah, F., Khatimah, A. K., Mulyadi, & Rostiana, A. (2024). PENERAPAN 4 PILAR PENATALAKSANAAN DIABETES DAN SENAM SEPETUS DI RT 03 / RW 04 KELURAHAN SEPANJANG JAYA. Community Development Journal, 5(1), 2318–2324

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

M Simanjuntak, F., Deniati , K. ., Destianti, W. ., Warti, L. ., Warnah, W., Syaidhusyiam, F. ., Siburian, O. ., Cornelia, S. Y. ., & Ganda, B. G. T. . (2024). PENINGKATKAN DERAJAT KESEHATAN MASYARAKAT MELALUI PENRAPAN PHBS DAN PENATALAKSANAAN DIABETES MELITUS DI LINGKUNGAN RW 03 RT 01. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6967–6973. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31546