SOSIALISASI DAN EDUKASI ATAS LITERASI PERPAJAKAN BAGI PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) DI TURKEY

Authors

  • Kurnia Heriansyah Universitas Pancasila
  • Irma Sari Permata Universitas Pancasila
  • Gunawan Baharuddin Universitas Pancasila

Keywords:

Edukasi Perpajakan, Literasi Perpajakan, Pegawai Migran Indonesia.

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan kepada Pekerja Migran di Istanbul Turkey adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman pentingnya perpajakan sebagai salah satu sumber pendapatan negara. Penggunaaan literasi dalam perpajakan bermanfaat bagi pekerja migran sebagai wajib pajak dan warga negara Indonesia setelah berada di Indonesia. Berbagai cara dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan tax ratio, salah satunya dengan literasi yang memudahkan bagi pekerja imigran dalam memahami pelaksanaan perpajakan. Pelaksanaan PKM ini dengan menggunakan simulasi dan contoh atas objek pajak sampai dengan pelaporan SPT yang berbasis digital. Antusias dari peserta sebagai pekerja migran mengindikasikan bahwa kewajiban perpajakan merupakan salah bentuk berbhakti kepada negara. Literasi perpajakan meliputi bagaimana menghitung pajak yang terutang, membayar pajak yang terutang tersebut, bagaimana melaporkan SPT Tahunan, hingga yang paling sederhana bagaimana mendaftarkan diri untuk memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak. Berbagai cara dilakukan oleh fiskus melalui kerja sama dengan berbagai pihak untuk mengedukasi masyarakat tentang literasi perpajakan. Namun hingga kini, tingkat kepatuhan pajak masyarakat masih rendah. Temuan dari kegiatan ini yaitu apakah yang menyebabkan sulitnya masyarakat mempelajari dan menerima literasi perpajakan

References

Abidin, Yunus dkk. (2021). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.

Agustian, Murniati. (2018). Keterampilan Dasar dalam Proses Pembelajaran. Jakarta, Penerbit Universitas katolik Indonesia Atma Jaya.

Akbar, Jakup Saddam dkk. (2023). Model & Metode Pembelajaran Inovatif (Teori dan Panduan Praktis). Sonpedia Publishing Indonesia.

Alexander, P., Balavac-Orlic, M., Lymer, A., and Mukherjee, S. (2022). Further improving our understanding of the tax awareness, tax literacy and tax morale of young adults. Journal of Tax Administration.

Bornman, M., & Wassermann, M. (2018). Tax literacy in the digital economy. EJournal of Tax Research, xx(xx), 1–16.

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Erdi, T. W. (2023). Faktor-Faktor Keputusan Melakukan Pinjaman Online: Inklusi Keuangan Sebagai Pemoderasi. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 3(4), 407–414.

Fitriyani dan Mukhlis. (2021). Urgensi Penggunaan Digital Literasi Dalam Pelaksanaan Pendidikan Dimasa Pandemi: Systematic Literature Review. Dikoda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, vol. 2, no. 01, pp. 13–20, 2021.

Ibda, H. (2019). Penguatan Literasi Perpajakan Melalui Strategi Gebuk (Gerakan Membuat Kartu) NPWP Pada Mahasiswa. Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(2), 83–98. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jepk/article/view/4370/3517.

Ilhamsyah, R., Endang, M. G. W., & Dewantara, R. Y. (2016). Pengaruh Pemahaman dan Pengetahuan Wajib Pajak Tentang Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Samsat Kota Malang). Jurnal Perpajakan (JEJAK)|, 8(1), 1–9. http://perpajakan.studentjournal.ub.ac.id/index.php/perpajakan/article/view/219/214.

Inawati & Sanjaya, Doni Muhamad. (2018). Kemampuan Membaca Cepat Dan Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri OKU. Jurnal Bindo Sastra 2 (1) (2018): 173–182.

Intansari, M. R. (2022). The Effect of Tax Literacy on Tax Compliance: The Moderating Role of Patriotism. Technium Soc. Sci. J., 34, 455.

Kemendikbud. (2016). Panduan GLS di sekolah dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kusumadewi, D. R., and Dyarini, D. (2022). Pengaruh Literasi Pajak, Modernisasi Sistem Administrasi, Insentif Pajak dan Moral Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 10(2), 171–182.

Mat Jusoh, Y. H., Mansor, F. A., Abd Razak, S. N. A., and Wan Mohamad Noor, W. N. B. (2021). The effects of tax knowledge, tax complexity and tax morale towards tax compliance behavior among salaried group in Malaysia. Advances in Business Research International Journal (ABRIJ), 7(2), 250–266.

Naitili, S. L., Hambali, A. J. H., and Nurofik, N. (2022). Tax Incentives and Taxpayer Compliance of Micro, Small and Medium Enterprises: The Moderating Role of Tax Literacy. Journal of Economics, Business, & Accountancy Ventura, 24(3), 420–430.

Noreen, C. A., dan Kristanto, A. B. (2021). Kepatuhan di Tengah Kompleksitas Pajak: Apakah Literasi Memiliki Peran? Jurnal Riset Akuntansi & Perpajakan (JRAP), 8(02), 184–195.

Nugraha, Dipa Nugraha, Dian Octavianah, ‘Diskursus Literasi Abad 21 Di Indonesia’, JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 7.2 (2020), 61–68. http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v7i1.789.

Purwo, S. (2017). Peran Gerakan Literasi Sekolah dalam pembelajaran kreatif-produktif di sekolah dasar. Dewantara, 3(1), 85–103.

Rahayu, N. (2017). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan , Ketegasan Sanksi Pajak , Dan Tax Amnesty Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Akuntansi Dewantara, 1(1), 15– 30.

Risa, N., Bilqis, G. D., dan Susanti, N. L. (2023). Pengaruh Penerapan Insentif Pajak, Tax Literacy Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. JRAK: Jurnal Riset Akuntansi Dan Komputerisasi Akuntansi, 14(1), 72–81.

Rohin, Cahya Dhina., Rahmawati Septina. (2020). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Vol 6, No 3.

Rustiyaningsih, S. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak. Widya Warta, 01, 114–128.

Saputro, R. F. (2018). Membangun Rumah Literasi Pajak. https://news.ddtc.co.id/ membangun-rumah-literasi-pajak-11742?page_y=305, diakses tanggal 9 Oktober 2020.

Sari, E. S., & Pujiono, S. (2017). Budaya literasi di kalangan mahasiswa FBS UNY. Litera, 16(1), 105–113.

Susilawati, Neni dkk. (2021). Tingkat Literasi Pajak Penghasilan Orang Pribadi dan Determinannya (Studi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). June 2021Sebatik 25(1). DOI:10.46984/sebatik.v25i1.1288. LicenseCC BY 4.0.

Trimansyah, Bambang and Sunendar, Dadang and Ismadi, Hurip Danu and Syarfia, Tengku and Lestariningsih, Dewi Nastiti (2019) Model pembelajaran literasi untuk pembaca awal. Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Jakarta. ISBN 9786024379735.

Undang- Undang No.7 tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan.

Undang-Undang No. 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009.

Undang-Undang No. 7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008.

Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai pembentuk pendidikan berkarakter. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 1(1), 325–342.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Heriansyah, K., Permata, I. S. ., & Baharuddin, G. (2024). SOSIALISASI DAN EDUKASI ATAS LITERASI PERPAJAKAN BAGI PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) DI TURKEY. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6909–6917. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/31520