SOSIALISASI MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT TENTANG PENGHEMATAN ENERGI LISTRIK DI DESA DALU 10.A KECAMATAN TANJUNG MORAWA

Authors

  • Gunawan Sihombing Universitas Amir Hamzah Medan
  • Irpansyah Siregar Universitas Amir Hamzah Medan
  • Rika Deni Susanti Universitas Amir Hamzah Medan
  • Edi Sarman Hasibuan Universitas Amir Hamzah Medan
  • Hariyati Lubis Universitas Amir Hamzah Medan
  • Devi Maiya Sari Nasution Universitas Amir Hamzah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31508

Keywords:

Energi Listrik, Hemat Energi, Peralatan Listrik

Abstract

Pengabdian Masyarakat yang dilakukan Fakultas Teknik Universitas Amir Hamzah Medan bertujuan untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan dan hasil penelitian para dosen di lingkungan masyarakat sehingga keberadaan universitas  sebagai pusat ilmu pengetahuan dapat dirasakan oleh masyarakat kegiatan ini berfokus pada Sosialisasi Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penggunaan peralatan hemat energi. Topik ini diangkat karena masih banyak masyarakat yang belum menyadari pentingnya penghematan energi Kegiatan ini dilaksanakan melalui beberapa sub kegiatan penyuluhan atau sosialisasi tentang penggunaan peralatan listrik yang aman dan hemat energi.dan melalui sosialisasi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat desa akan pentingnya penggunaan peralatan listrik secara efisien dan aman. dengan memberikan materi untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya sosialisasi hemat energi listrik serta menjelaskan tips dan langkah apa saja yang dapat dilakukan untuk menghemat energi listrik. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghemat energi listrik yaitu penggunaan lampu hemat energi, pemasangan energi listrik yang benar, pemasangan listrik di rumah bila diperlukan, menyalakan alat-alat listrik hanya bila diperlukan. Oleh karena itu, perlu adanya penghematan energi listrik karena juga memberikan manfaat seperti penghematan biaya, nilai lingkungan yang lebih tinggi, keselamatan pemerintah, keselamatan pribadi, dan kenyamanan.

References

C. E. Mediastika, Hemat Energi Dan Lestari Lingkungan Melalui Bangunan. Penerbit Andi, 2021.

A. P. Djati, A. A. Gymnastiar, S. Widiyanto, D. S. Putra, M. Y. A. Aziz, And A. A. Afifi, “Peningkatan Efisiensi Energi Pada Peralatan Rumah Tangga Berbasis Mekanik Oleh Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Di Kawasan Cempaka Sari,” J. Potensial, Vol. 3, No. 1, Pp. 38–55, 2024.

H. Nainggolan Et Al., Green Technology Innovation: Transformasi Teknologi Ramah Lingkungan Berbagai Sektor. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

R. Budiarto, Kebijakan Energi: Menuju Sistem Energi Yang Berkelanjutan. Samudra Biru, 2011.

R. A. Diantari Et Al., “Sosialisasi Energi Baru Terbarukan Dan Lingkungan Hidup Untuk Masyarakat Desa Sukawali Kab. Tangerang, Banten,” Terang, Vol. 2, No. 1, Pp. 53–59, 2019.

M. Suyanto And S. Subandi, “Memanfaatkan Irigasi Sebagai Sumber Energi Listrik Mikrohidro Di Singosaren Wukirsari Bantul Jogjakarta,” Dharma J. Pengabdi. Masy., Vol. 1, No. 2, 2020.

A. Rahmah, “Reduksi Biaya Pemakaian Energi Listrik Pada Gedung Pendidikan Beriklim Tropis= Reduction Of Electricity Use Costs In Education Buildings With Tropical Climates.” Universitas Hasanuddin, 2023.

H. Hambali, E. Astrid, H. Hendri, And S. Islami, “Penyuluhan Dan Pelatihan Instalasi Listrik Rumah Tangga Bagi Masyarakat Di Nagari Pauh Duo Nan Batigo Kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan,” Jtev (Jurnal Tek. Elektro Dan Vokasional), Vol. 6, No. 1, Pp. 98–102, 2020.

Downloads

Published

2024-07-11

How to Cite

Sihombing, G. ., Siregar , I. ., Susanti, R. D. ., Hasibuan , E. S. ., Lubis, H. ., & Nasution, D. M. S. . (2024). SOSIALISASI MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT TENTANG PENGHEMATAN ENERGI LISTRIK DI DESA DALU 10.A KECAMATAN TANJUNG MORAWA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6366–6369. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31508