PENERAPAN PKB GURU PAUD MELALUI PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERMUATAN LITERASI, NUMERASI, DAN STEAM

Authors

  • Wuri Astuti Universitas Negeri Malang
  • I Wayan Sutama Universitas Negeri Malang
  • Nur Anisa Universitas Negeri Malang
  • Azzahra Devi Saputri Universitas Negeri Malang
  • Siti Khoni’ah Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31467

Keywords:

Bahan ajar, Literasi, Numerasi,, STEAM, Guru PAUD

Abstract

Praktik literasi dan numerasi bagi anak usia dini dapat dilakukan dengan cara-cara yang menyenangkan dan menyediakan berbagai sumber bacaan maupun simbol-simbol yang dapat disertakan dalam kegiatan bermain, sehingga dapat mendukung pengalaman literasi dan numerasi secara konkrit. Namun, tidak semua guru dapat memfasilitasi pengalaman belajar yang menarik dalam menstimulasi kemampuan tersebut. Maka perlu diadakannya kegiatan tentang pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Literasi, Numerasi, dan STEAM berbasis Kurikulum Merdeka bagi guru. Pelatihan pengembangan bahan ajar literasi, numerasi, dan STEAM berbasis Kurikulum Merdeka ini dilakukan dengan metode plan-do-and-review. Analisis data dilakukan dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil pelaksanaan pelatihan ini memberikan dampak positif baik bagi peserta didik maupun bagi anak didik dari para peserta pelatihan itu sendiri. Terjadi peningkatan kemampuan peserta didik dengan jumlah rata-rata peningkatan sebesar 8.89% dan peningkatan dalam proses pengembangan bahan ajar sebesar 86,67%. Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan ini tidak hanya dapat meningkatkan kompetensi guru tetapi juga dapat membantu guru untuk menyajikan pembelajaran dengan cara-cara yang menarik. Saran yang dapat diberikan adalah masih diperlukannya penguatan pengembangan bahan ajar untuk materi yang mengisi STEAM dalam pembelajaran anak usia dini dengan cara hal lain yang lebih menarik untuk anak didik. 

References

Kemendikbbud, "Pusat Informasi Kemendikbudristekdikti," September 2022. [Online]. Available: [1] kemendikbud, "pusat informasi," Kemendikbudristekdikti, September 2022. [Online]. Available: https://pusatinformasi.raporpendidikan.kemdikbud.go.id/hc/en-. [Accessed 17 Februari 2023].

J. Chapman and J. Prochnow, "Literate Cultural Capital at School Entry Predicts Later Reading Achievement: A seven Year Longitudinal Study," New Zealand Journal of Educational Studies, vol. 41, no. 2, pp. 183-204, 2006.

M. Mahmud and I. Pratiwi, "Literasi Numerasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur.," KALIMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 4, no. 1, pp. 69-88, 2019.

E. M. Rogers, Diffusion of Innovations (5th ed), Free Press.

A. Madjid, "Kompetensi Profesional Guru: Keterampilan Dasar Mengajar," Peqguruang: Conference Series,, vol. I, no. No.2, pp. 1-8, 2019.

A. Arsyad, Media Pembelajaran, 7 ed., Jakarta: Grafindo, 2014.

F. Firmandani, "Media Pembelajaran berbasis Teknologi sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0," KoPen: Konferensi Pendidikan Nasional, pp. 93-94, 2020.

P. Gandasari and P. Pramudiani, "Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPA siswa di Sekolah Dasar," Jurnal Ilmu Pendidikan , pp. 3689-3696, 2021.

S. F. Nissa and N. Renoningtyas, "Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar," EDUKATIF; JURNAL ILMU PENDIDIKAN, pp. 2854-2860, 2021.

M. N. Syarif, N. Wahyuni, M. M. Prasetyo, S. Wirda and N. , "Penerapan Model Pembelajaran Menyenangkan (Joyfull Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA," Jurnal Biotek, vol. 10, no. No.1, pp. 102-116, 2022.

T. Belawati, Pengembangan Bahan Ajar, Jakarta: Penerbitan UT, 2003.

d. Sungkono, Pengembangan Bahan Ajar, Yogyakarta: FIP UNY, 2003.

Downloads

Published

2024-07-22

How to Cite

Astuti, W. ., Sutama, I. W. ., Anisa, N. ., Saputri, A. D. ., & Khoni’ah, S. . (2024). PENERAPAN PKB GURU PAUD MELALUI PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERMUATAN LITERASI, NUMERASI, DAN STEAM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6796–6802. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31467