PENGUATAN KOMPETENSI GURU PAUD MELALUI PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INOVATIF BERBASIS KURIKULUM MERDEKA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31466Keywords:
Kompetensi, Guru Pendidikan Anak Usia DIni, Bahan Ajar Inovatif, Kurikulum MerdekaAbstract
Dalam kurikulum merdeka, open ended play adalah salah satu bentuk aktivitas bermain yang menerapkan merdeka bermain sebagai salah satu wujud inovasi dalam pengembangan bahan ajar untuk anak usia dini di lembaga PAUD. Namun banyak guru belum memahami terkait perumusan bahan ajar sesuai kurikulum merdeka yang dapat memunculkan kemampuan tingkat tinggi peserta didik. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pemahaman terkait implementasi kurikulum merdeka, pengembangan modul ajar sesuai kurikulum merdeka di PAUD, dan strategi pengembangan bajan ajar yang inovatif berbasis digital. Metode penelitian ini menggunakan metode pengabdian plan-do review dengan teknik pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh dari pengabdian ini adalah para guru memiliki kemampuan baik tentang materi pelatihan yang diberikan selama pengabdian, dengan pencapaian persentase keberhasilan yakni 92.08% yang sebelumnya hanya 71,67%. Keberlangsungan kegiatan ini mendapatkan feedback baik dari para guru maupun anak didik, karena pelatihan ini dapat menambah referensi guru dalam menyajikan materi pembelajaran kepada anak didik. Hal ini menunjukkan bahwa hasil dari pelatihan ini dapat diterima oleh anak dan guru dalam proses pembelajaran.Downloads
Published
2024-07-24
How to Cite
Astuti, W. ., Sutama, I. W. ., Putra, Y. D. ., Putri, N. E. ., & Sinta, N. A. . (2024). PENGUATAN KOMPETENSI GURU PAUD MELALUI PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INOVATIF BERBASIS KURIKULUM MERDEKA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6875–6886. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31466
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Wuri Astuti, I Wayan Sutama, Yudithia Dan Putra, Novi Eka Putri, Nur Alifia Sinta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.