PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DAN SISWA PADA SMKN 4 MUARO JAMBI DAN SMKN 5 BATANG HARI MELALUI WORKSHOP SERTA PENDAMPINGAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA TERAPAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31453Keywords:
Teknologi Pembelajaran, Matematika Terapan, Software Matematika, Software StatistikaAbstract
Teknologi pembelajaran tidak saja membahas tentang teknis kegiatan belajar di sekolah/kampus, namun dalam lingkupnya memuat serangkaian values terkait proses pembelajaran yang dapat menginspirasi, menggali imajinasi, untuk selanjutnya dapat diterapkan dalam beragam Teknik pembelajaran. Selain mengajarkan tentang kemampuan dan keterampilan, pembelajaran dengan mumpuni membahas dan mengupas tuntas mengenai nilai, norma, serta etika/standar attitude yang hidup dan berkembang dalam masyarakat. Guna memahami aspek – aspek penting tersebut, diperlukan metode – metode yang efektif, supaya proses perubahan menuju lebih baik dalam segala hal terkait belajar, dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Pembelajaran di SMK, sesuai dengan Namanya, menitikberatkan pada ‘kejuruan’, artinya terdapat banyak jurusan dan peminatan yang ada di SMK, agar siswa – siswanya semakin terampil dengan memilih penjurusan sesuai minat/bakat/potensinya, salah satunya adalah peminatan matematika. Matematika adalah ilmu dasar bagi cabang ilmu lainnya. Dengan demikian, matematika dijadikan salah satu mata pelajaran wajib di tingkat sekolah menengah dan kejuruan, serta bahkan diarahkan menjadi salah satu cabang peminatan. Tetapi selama ini telah terstigma pemikiran bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit untuk dipahami oleh siswa. Berbagai upaya dilakukan pengajar untuk dapat membuat matematika menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Salah satunya adalah dengan bantuan teknologi. Pada era digital ini, teknologi diterapkan diberbagai bidang untuk mempermudah permasalahan yang ada. Oleh karena itu, tim pengabdian bermaksud meningkatkan pemahaman siswa terhadap matematika dengan memanfaatkan teknologi. Tim pengabdian akan mengenalkan bagaimana menyelesaikan permasalahan matematika terapan dan statistika terapan menggunakan software. Dengan fokus utama berupa matematika terapan dalam pengabdian ini, tidak tertutup bagi cabang ilmu lain dalam pemanfaatan workshop dan pendampingan yang dilaksanakan, terutama bagi guru – guru di SMKN 4 Muaro Jambi dan SMKN 5 Batang Hari ini. Karena akan diupayakan peningkatan kompetensi guru dalam teknologi pembelajaran yang dapat diterapkan dalam semua mata pelajaran.References
Ahmaddien, Iskandar. (2019). Statistika Terapan Dengan Sistem SPSS. Bandung: ITB Press.
Dumairy. (2012). Matematika Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE
Mardhotillah, B., Kamid, K., Huda, N., & Zurweni, Z. (2024). Bibliometric and network analysis: case-based learning model based on a statisticapreneurship to strengthen mathematics students' data analysis ability and resilience. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 14(1), 223-238.
Mardhotillah, B., Rodhiyah, Z., Asra, R., Elisa, E. (2024). Peningkatan Kompetensi dan Skill Petugas Statistik Diskominfo Provinsi Jambi melalui Pelatihan Penggunaan Software Mortpak dan Past 4.03 serta Platform Canva. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 2 (4), 324 – 332
Mardhotillah, B. ., Rozi, S. ., & Rodhiyah , Z. . (2021). Tukey HSD Post Hoc Test untuk Perbandingan Karakteristik Lingkungan dan Sumber Daya Provinsi-Provinsi di Indonesia : Tukey HSD Post Hoc Test for Comparison of Environment Characteristic and Resources of Provinces in Indonesia . Jurnal Engineering, 3(2), 80-91. R
Mazrur. (2011), Teknologi Pembelajaran, Malang: Intimedia.
Nasution, S. (2013). Berbagai Pendekatan dalam, Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamial Learning Center
Steel, R.G.D., and J.H. Torrie. (1980). Principles and Procedures of Statistic. McGraw - Hill, Inc.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Affan Malik, Zurweni Zurweni, Dewi Iriani, Bunga Mardhotillah, Niken Rarasati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.