PENINGKATAN ANTUSIAS BELAJAR MENGAJI MALAM PADA ANAK-ANAK DI DESA PULO BARIANG

Authors

  • Syafrida Hafni Institut Teknologi dan Sains Padang Lawas Utara
  • Richi Andrianto Institut Teknologi dan Sains Padang Lawas Utara
  • Dermawati Sireagar Institut Teknologi dan Sains Padang Lawas Utara
  • Dandi Rusadi Institut Teknologi dan Sains Padang Lawas Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31448

Keywords:

Antusias, Mengaji, Akhlak

Abstract

Dalam pengabdian kepada masyarakat (PKM), Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari dan menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan anak-anak di desa lebih tertarik untuk belajar mengaji malam. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru-guru pengajar agama, orang tua, dan anak-anak, serta analisis dokumentasi yang berkaitan dengan program pendidikan agama di desa tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang membantu anak-anak desa lebih tertarik untuk belajar mengaji malam. Pertama, keterlibatan aktif dari orang tua yang mendukung dan mendorong anak-anak mereka untuk mengikuti kelas mengaji malam. Kedua, peran penting guru agama yang tidak hanya mengajar siswa secara akademis tetapi juga membuat lingkungan belajar yang menyenangkan dan memotivasi. Ketiga, adanya kegiatan tambahan.

References

Kholijah, S., Citrasari, S., Rangkuti, C., Damayanti, T., Hsb, I. E., Angriani, N. J., ... & Lubis, F. (2024). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM MAGRIB MENGAJI PADA ANAK-ANAK DI DESA AEK NAULI KECAMATAN HULU SIHAPAS KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA. JUTEQ: JURNAL TEOLOGI & TAFSIR, 1(2), 81-87.

Muniarty, P., Wulandari, W., Ansyarif, A., Nurchairunisyah, N., Sari, F. M., Lalung, J., ... & Lestari, D. A. (2021). Pendampingan Baca Tulis Al Quran Bagi Anak-Anak di Lokasi KKN Kelurahan Dodu Kota Bima. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 96-99.

Rizaldi, D. R., Fatimah, Z., Hasanah, M., Faisal, F., & Handayani, S. (2020). Pembelajaran Berbasis Berugak Pintar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak di Desa Dasan Lekong. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 2(2), 91-96.

Arisandi, D., Elvitaria, L., Syafirman, R., Fahlufi, Y. D., Yanti, Y. D., & Fadila, S. (2023). PROGRAM MUSHOLLA CERDAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI WARGA UNTUK BERKEGIATAN DI TEMPAT IBADAH. RAMBIDEUN: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 96-103.

Hasan, H., Syihabuddin, M., Rahmat, B., Rijali, M., Zamzami, Z., Abdurraman, A., & Dillah, U. (2021). Optimalisasi Nilai-Nilai Keagamaan Anak-Anak Desa Cakru

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Hafni, S. ., Andrianto, R. ., Sireagar, D. ., & Rusadi, D. . (2024). PENINGKATAN ANTUSIAS BELAJAR MENGAJI MALAM PADA ANAK-ANAK DI DESA PULO BARIANG . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6306–6314. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31448