STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENARIK MINAT BELI KONSUMEN PADA KOPI RUKUN WARGA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31422Keywords:
Coffee Shop, Integrated Marketing Comunication (IMC), Minat Beli Konsumen, Strategi Komunikasi PemasaranAbstract
Komunikasi pemasaran merupakan sebuah alat yang dipakai oleh perusahaan dalam upaya untuk memberikan informasi, membujuk, dan mengingatkan kepada konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang mereka jual. Minat beli konsumen merupakan perilaku yang ditunjukkan ketika pelanggan mempunyai keinginan untuk menggunakan, mengkonsumsi, atau bahkan mendambakan produk yang ditawarkan. Strategi komunikasi pemasaran sangat krusial untuk menarik minat konsumen. Jika terjadi komunikasi efektif dapat membangun hubungan yang solid bersama konsumen, memperkuat citra merek, serta mendorong minat beli konsumen. Kopi Rukun Warga memiliki strategi perencanaan untuk menentukan pendekatan komunikasi pemasaran untuk menarik minat beli konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan paradigma konstruktivisme, dan pendekatan deskriptif. hasil temuan penelitian ini sesuai dengan teori yang digunakan. Pada dasarnya, strategi komunikasi pemasaran melibatkan sejumlah tahapan. Meskipun ada berbagai tantangan dan kekurangan selama pelaksanaan, Kopi Rukun Warga terus belajar dari pengalaman tersebut dan melakukan perbaikan untuk membuat strategi komunikasi pemasaran yang digunakan menjadi lebih efisien.References
Alfirahmi, A. (2019). Fenomena kopi kekinian di era 4.0 ditinjau dari marketing 4.0 dan teori uses and effect. Lugas Jurnal Komunikasi, 3(1), 24-32.
Caniago, A., & Rustanto, A. E. (2022). Kualitas pelayanan dalam meningkatkan minat beli konsumen pada umkm di jakarta (Studi Kasus Pembelian Melalui Shopee). Responsive, 5(1), 19-25.
Fadli, K., & Novita, P. (2021). Analisis framing media online tentang pandemi covid-19 (studi kasus covid-19 pada media online tribun news. com dan kepri. co. id edisi bulan maret s/d juni 2020). Jurnal Purnama Berazam, 2(2), 172-200.
Khoidatum, U. (2022). Analisis strategi promosi digital melalui media sosial pada kedai kopi sayang di kabupaten purbalingga perspektif marketing syariah (doctoral dissertation, uin prof. Kh saifuddin zuhri).
Lestari, S. P. (2016). Hubungan komunikasi pemasaran dan promosi dengan keputusan memilih jasa layanan kesehatan (studi pada Rumah Sakit Islam Lumajang). Majalah Ilmiah Inspiratif, 2(2).
Miraza, A. A. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Milky Way Medan (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).
Muhamad, N. (2023, Juli 6). Indonesia jadi produsen kopi terbesar ketiga di Dunia pada 2022/2023. Databoks. diakses pada 8-5-2024 pukul 10.37 WIB. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/06/indonesia-jadi-produsen-kopi-terbesar-ketiga-di-dunia-pada-20222023#:~:text=Indonesia%20tercatat%20sebagai%20negara%20penghasil%20kopi%20terbesar%20ke-3,kantong%20dan%20kopi%20robusta%20sebanyak%2010%2C5%20juta%20kantong.
Rahmana, E. C., & Hidayat, D. (2024). Peran public relations dalam upaya meningkatkan brand awareness tiktok shop. Journal of Digital Communication and Design (JDCODE), 3(1), 7-15.
Rizati, M.A. (2022) Konsumsi kopi Indonesia terbesar kelima di Dunia pada 2021. Data Indonesia.id. https://dataindonesia.id/agribisnis-kehutanan/detail/konsumsi-kopi-indonesia-terbesar-kelima-di-dunia-pada-2021.
Salsabila, P. (2023). Kajian Content Creator Annisa Rosdiyana Dalam Mempromosikan Fashion Muslimah Melalui Platform Media Sosial TikTok (Bachelor's thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).
Setiani, L. S. (2023). Strategi Bauran Promosi Dalam Peningkatan Penerimaan Peserta Didik Baru di SMP Negeri 1 Pudak (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Syafitri, E., Mayasari, M., & Dharta, F. Y. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Coffee Shop Unclebrew Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(8), 3762-3766.
Timbang, G. T. (2023). Model strategi komunikasi pemasaran citraland tallasa city makassar. Jurnal komunikasi, 16(1), 52-63.
Ulfah, M. (2022). Faktor penentu keputusan pembelian minuman kopi di era next normal. Jurnal Manajemen, 14(4), 815-823.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhamad Putra Ramadhan, Fajar Hariyanto, Rastri Kusumaningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.