PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI KADERISASI PADA PMII UNISKA

Authors

  • Al Fath Riza Kholdani Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
  • Adani Dharmawati Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
  • M. Dedy Rosyadi Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
  • Nur Arminarahmah Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
  • Rezky Izzatul Yazidah Anwar Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
  • Tri Wahyu Qur’ana Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31363

Keywords:

Sistem Informasi, Kaderisasi, PMII

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Uniska Banjarbaru dalam pembuatan dan pengelolaan sistem informasi kaderisasi. Pemilihan topik ini penting karena pengelolaan data yang efektif dapat mendukung kegiatan organisasi dan meningkatkan efisiensi. Metode yang digunakan dalam pelatihan meliputi pre-test, pemberian materi, praktik langsung, sesi tanya jawab, dan post-test. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam skor peserta, dengan kenaikan sebesar 61 poin atau sekitar 26,01% dari pre-test ke post-test. Peningkatan ini mencerminkan keberhasilan program pelatihan dalam mencapai tujuannya, serta kemampuan peserta untuk mengaplikasikan keterampilan yang diperoleh. Kesimpulan dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pelatihan yang dilakukan dapat memberikan manfaat nyata bagi PMII Uniska Banjarbaru, dalam meningkatkan kinerja dan efektivitas pengelolaan sistem informasi di masa mendatang.

References

Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2020). Management Information Systems: Managing the Digital Firm. Pearson.

McKinsey & Company. (2021). The Future of Work: How Technology is Transforming the Workforce.

Gartner. (2022). The Impact of Information Systems on Organizational Efficiency

Bassil, Y. (2012). A simulation model for the waterfall software development life cycle. arXiv preprint arXiv:1205.6904.

Habib, H. N., Afif, A. E., & Dimas, D. E. P. (2023). Pelatihan Pembuatan Website Personal Sebagai Media Informasi dan Publikasi Domain Web (Hosting). APPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 110-115.

Kholdani, A. F. R., Kurniawan, M. Y., Anwar, R. I. Y., & Hafidh, F. (2020). SOSIALISASI DAN PELATIHAN SISTEM INFORMASI KADERISASI PADA ANGGOTA ORGANISASI PEGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA (PMII) KABUPATEN BANJAR. Prosiding Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen UNISKA MAB.

Kholdani, A. F. R., & Qur’ana, T. W. (2019). Pelatihan Desain dan Manajemen Jaringan Komputer pada Anggota Organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Banjar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEDITEG, 4(1), 22-26.

Melton, J. (2006). Database language sql. In Handbook on Architectures of Information Systems (pp. 105-132). Berlin, Heidelberg: Springer Berlin Heidelberg.

Somya, R., & Nathanael, T. M. E. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Pelatihan Berbasis Web Menggunakan Teknologi Web Service Dan Framework Laravel. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 16(1), 51-58.

Suprianto, B. (2023). Literature review: penerapan teknologi informasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Jurnal Pemerintahan dan Politik, 8(2), 123-128.

Downloads

Published

2024-08-07

How to Cite

Kholdani, A. F. R. ., Dharmawati, A. ., Rosyadi, M. D. ., Arminarahmah, N. ., Anwar, R. I. Y. ., & Qur’ana, T. W. . (2024). PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI KADERISASI PADA PMII UNISKA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7298–7302. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31363