PELATIHAN DIGITALISASI MARKETING MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL PADA PELAKU USAHA BANYUMAS RAYA (PUBR) DI KABUPATEN BANYUMAS
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31358Keywords:
Digitalisasi, PUBR, Sosial MediaAbstract
Pelaku Usaha Banyumas Raya merupakan Paguyuban yang mewadahi para pelaku usaha mikro kecil menengah ke bawah diwilayah Banyumas. Pelaku Usaha Banyumas Raya dikabupaten Banyumas masih mengalami kendala dalam hal pemasaran, karena para PUBR masih mengandalkan pemasaran konvensional dan belum memanfaatkan media sosial secara maksimal sebagai sarana pemasaran produknya. Masih rendahnya pengetahuan dalam teknik pemasaran produk yang dijual. Manajemen dalam PUBR belum berjalan dengan baik karena belum banyak pelaku usaha yang sadar akan keuntungan dalam memaksimalkan kewirausahaan menggunakan teknologi. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang pemanfaatan digitalisasi dengan menggunakan sarana media sosial sebagai media pemasaran dan memberikan ketrampilan kepada para pelaku PUBR dalam meningkatkan penjualan produknya. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan. Pentingnya hasil dari kegiatan pelatihan digitalisasi, disamping meningkatkan pengetahuan, diharapkan pelaku usaha juga mampu memanfaatkan sosial media sebagai sarana promosi dan pemasaran produk sehingga penjualan dapat meningkat serta memberikan motivasi kepada pelaku usaha untuk memanfaatkan perkembangan teknologi informasi khususnya bidang digital marketing. Untuk itu pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Purwokerto.References
Alifah Fidela, Aprinaldi Pratama, & Tita Nursyamsiah. (2020). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan Program Pemasaran Desa Jambu Raya di Desa Jambu, Kabupaten Sumedang.
Astuti, R. P., Kartono, K., & Rahmadi, R. (2020). Pengembangan UMKM melalui Digitalisasi Tekonolgi dan Integrasi Akses Permodalan. ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 8(2). https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5764
Endang Setyawati, Adhi Wibowo, Dhany Faizal Racma, & Rosalina Yani Widiastuti. (2023). Digitalisasi Pemasaran Produk UMKM pada Kampung Wisata Nopia di Kabupaten Banyumas | Jurnal Abdimas STMIK Dharmapala. Abdimas. https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jasd/article/view/715
Ivan, M. (n.d.). STRATEGI PEMASARAN UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19. 16.
Wahyudin, W., Herwanto, D., Nugraha, B., Hamdani, H., & Putra, C. G. G. (2021). PEMBERDAYAAN STRATEGI UMKM MELALUI PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 236. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6225
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Endang Setyawati, Adhi Wibowo, Suyudi Suyudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.