PENINGKATAN DAYA JUAL PRODUK KELAUTAN DAN PERIKANAN UNGGULAN MELALUI PACKAGING, LABELLING, DAN DIGITAL MARKETING DI DESA BULUMEDURO, KECAMATAN BANCAR, KABUPATEN TUBAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31308Keywords:
Packaging, Labelling, Digital Marketing, Produk Kelautan dan Perikanan, Desa BulumeduroAbstract
Potensi perikanan yang ada di Indonesia merupakan salah satu sektor yang dimanfaatkan untuk menopang perekonomian sebagian masyarakat. Desa Bulumeduro merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Bancar yang memanfaatkan potensi laut baik dalam penangkapan dan perdagangan. Produk kelautan dan perikanan yang ditawarkan, penting bagi para pelaku usaha di bidang ini untuk memperhatikan aspek packaging, labelling, dan digital marketing guna membedakan produk mereka dari pesaing, meningkatkan daya tarik produk, dan memenangkan persaingan pasar. Sehingga, kegiatan pelatihan ini dilaksanakan untuk mendukung inovasi kreativitas dalam pengembangan produk yang dapat meningkatkan daya jual dari produk kelautan dan perikanan maasyarakat. Adapun kegiatan yang pengabdian yang diberikan kepada peserta berupa pembekalan pengetahuan dan teknik terkini meliputi packaging, labelling, dan marketing yang efektif. Dengan pemahaman yang lebih baik diharapkan kualitas dan keamanan produk kelautan dan perikanan yang dihasilkan, sehingga memenuhi standar yang ditetapkan dan membangun kepercayaan konsumen.References
Al-Kautsari, M. M. (2019). Asset-Based Community Development : Strategi Pengembangan Masyarakat. Empower: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 4(2), 259. https:// doi.org/10.24235/empower.v4i2.4572
Firmansyah, Jefri. (2009). Perbedaan Adversity Quotient dan Perilaku Prososial Antara Petani Dan Nelayan Di Desa Bulumeduro. Skripsi. Universitas Sebelas Maret: Surakarta.
Framita, D., & Maulita, D. (2020). Peningkatan Penjualan Melalui Pengemasan, Labelling dan Branding Produk di Desa Sukaratu Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 107 – 118
Herydiansyah, G., Candera, M., & Pahlevi, R. (2019). Penyuluhan Pentingnya Label Pada Kemasan Produk Dan Pajak Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Desa Tebedak II Kecamatan Payaraman Ogan Ilir. Suluh Abdi : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 84–89.
Irrubai, M. L. (2016). Strategi Labeling, Packaging dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 3(1), 2016, 17-26. doi:10.15408/sd.v3i1.3794.
BPS Kabupaten Tuban. (2023). Kecamatan Bancar dalam Angka 2022. CV Azka Putra Pratama: Surabaya.
Khusna, S.W., Fisabilillah, F.A.N., Iskandar, M., Falakh, S.I., Andianto, A. and Nurfuadi, N., 2023. Peningkatan Nilai Jual Produk Melalui Labeling Kemasan Pada Produk UMKM Desa Lenggerong. Kampelmas, 2(1), pp.293-303.
Purwastuty, I. (2018). Pemberdayaan keluarga miskin melalui aset komunitas. Mimbar Kesejahteraan Sosial, 1(November), 1–16. Syara Annisa Fita Hutami, & Mutmainah, I. (2021). Strategi Pemasaran UMKM KUB Berkah di Desa Karang Asem pada Era New Normal. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(1), 97–105. https://doi.org/10.24239/jiebi.v3i1.35.97-105
Pusdatin KKP. Pusat Data dan Informasi Kementerian Kelautan dan Perikanan 2024. Kelautan dan Perikanan dalam Angka Tahun 2023. Jakarta (ID). Internet. http://www.statistik.kkp.go.id/
Syara, Annisa Fita & Mutmainah, I. (2021). Strategi Pemasaran UMKM KUB Berkah di Desa Karang Asem pada Era New Normal. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(1), 97–105. https://doi.org/10.24239/jiebi.v3i1.35.97-105
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jefri Putri Nugraha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.