PENGEMBANGAN WEBSITE KATALOG UNTUK PRODUK UMKM DESA BINAAN KOMUNITAS KAMPUNG DIGITAL SENTRAKREASI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31274Keywords:
UMKM, Digitalisasi, Pandemi, Teknologi, KolaborasiAbstract
Pada tahun 2020, sekitar 99 persen dari 64,2 juta unit usaha di Indonesia adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berkontribusi sekitar 61,97 persen terhadap PDB tahun 2020. UMKM memainkan peran penting dalam ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan distribusi hasil pembangunan, serta terbukti tahan krisis. Masyarakat berperan kunci dalam mendukung UMKM, sementara pemerintah mendorong digitalisasi UMKM, yang sebelum pandemi hanya diadopsi oleh 16 persen pelaku UMKM. Digitalisasi dianggap sebagai solusi untuk memperluas pasar, mempermudah transaksi dan pencatatan keuangan, serta meningkatkan efisiensi. Komunitas UMKM Kampung Digital Sentra Kreasi di Kabupaten Bandung menjadi wadah kolaboratif bagi UMKM dalam mengembangkan teknologi pemasaran. Melalui kolaborasi dengan Research Alliance Ko+Lab di Universitas Telkom, komunitas ini mendapatkan akses ke sumber daya penelitian dan keahlian teknologi informasi, mendorong adopsi teknologi digital sebagai strategi pertumbuhan. Inisiatif ini bertujuan meningkatkan kualitas produk dan pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. Kolaborasi ini menjadi kesempatan untuk mengembangkan Desa UMKM di Pangalengan dengan pendekatan ilmiah dan teknologi terkelola. Dengan demikian, kolaborasi digital antara Kampung Digital Sentra Kreasi dan Universitas Telkom dapat memajukan UMKM di Pangalengan serta memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan kemajuan UMKM lokal.References
Ahmad Mustanir, Rifni Nikmat Syarifuddin, H. H. (2019). Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Desa Dalam Perencanaan Metode Partisipatif. Jurnal Moderat, 5(3), 227–239.
Catriana, E., & Sukmana, Y. (2021). Selama Pandemi Covid-19, 7,3 Juta UMKM Masuk ke Ekosistem Digital. Diambil dari https://money.kompas.com/read/2021/08/27/143013726/selama-pandemi-covid-19-73-juta-umkm-masuk-ke-ekosistem-digital
Kurnia, A. A., & Wulandari, D. (2022). Perbandingan UMKM yang Memanfaatkan Digitalisasi dan Non Digitalisasi di Lamongan Pada Era Covid-19. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Akuntansi dan Bisnis, 1(2), 80–94. Diambil dari https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/co-creation/index
Mardanugraha, E., & Akhmad, J. (2023). Ketahanan UMKM di Indonesia menghadapi Resesi Ekonomi. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, 30(2), 101–114. https://doi.org/10.14203/jep.30.2.2022.101-114
Safitri, K., Nadia, A., & Movanita, K. (2021). Survei: Digitalisasi Makin Cepat, 86 Persen UMKM Responden Beralih ke Marketplace. Diambil dari https://money.kompas.com/read/2021/05/03/200749826/survei-digitalisasi-makin-cepat-86-persen-umkm-responden-beralih-ke
Sisilia, K., Yusiana, R., Setyorini, R., & ... (2023). Implementasi Content Management System Dan Media Profile Komunitas Kampung Digital Sentra Kreasi. Community …, 4(3), 5637–5642. Diambil dari http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/17346%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/download/17346/12820
Uly, Y. A., & Jatmiko, B. P. (2021). UMKM yang Masuk ke Pasar Digital Sejak Awal, Mampu Tahan di Masa Pandemi. Diambil dari https://money.kompas.com/read/2021/08/28/190400126/umkm-yang-masuk-ke-pasar-digital-sejak-awal-mampu-tahan-di-masa-pandemi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Robbi Hendriyanto, Devie Ryana Suchendra, Simon Siregar, Tedi Gunawan, Rixard George Dillak, Ema Ema
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.