MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNITAS DENGAN DIGITAL MARKETING DAN PENDAMPINGAN OSS PADA KOMUNITAS UMKM KELURAHAN MANGUNHARJO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31237Keywords:
NIB (Nomor Induk Berusaha), UMKM, Digital Marketing, LegalitasAbstract
Kegiatan usaha masyarakat, khususnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), memberikan banyak manfaat bagi masyarakat umum, namun karena kurangnya dukungan legalitas usaha, pengembangan usaha tidak berjalan sesuai harapan sehingga sulit untuk dimulai. Dukungan diperlukan bagi usaha kecil dan menengah untuk mendapatkan izin usaha yang sah. Program layanan pendampingan dan pelatihan ini melibatkan 10 pelaku UMKM yang bergerak di berbagai sektor usaha seperti fesyen, kuliner, dan kerajinan tangan dari desa Mangunharjo, Kota Semarang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran para pelaku UMKM terhadap pengelolaan legalitas usaha tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Berbasis Risiko. Dalam pengabdian ini juga kami sampaikan pelatihan pemasaran digital melibatkan pendaftaran lokasi bisnis dan detail bisnis Anda secara legal ke Google Bisnisku, mengintegrasikan dan menggabungkan berbagai aplikasi media sosial online, dan memungkinkan pelanggan menggunakan aplikasi Google Maps, memperluas jangkauan pelanggan, strategi pemasaran di Instagram Bisnis, serta kemudahan proses pemesanan dan komunikasi dari pelanggan ke pemilik bisnis melalui fitur katalog produk WhatsApp for Business. Strategi terintegrasi berbagai media bisnis online ini memungkinkan menyebarkan informasi mengenai produk dan layanan mitra UMKM.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mona Inayah Pratiwi, Novitasari Eviyanti, Destine Fajar Wiedayanti, Irin Mirrah Luthfia, Bagus Yunianto Wibowo, Nanang Adie Setyawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.