MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNITAS DENGAN DIGITAL MARKETING DAN PENDAMPINGAN OSS PADA KOMUNITAS UMKM KELURAHAN MANGUNHARJO

Authors

  • Mona Inayah Pratiwi Politeknik Negeri Semarang
  • Novitasari Eviyanti Politeknik Negeri Semarang
  • Destine Fajar Wiedayanti Politeknik Negeri Semarang
  • Irin Mirrah Luthfia Politeknik Negeri Semarang
  • Bagus Yunianto Wibowo Politeknik Negeri Semarang
  • Nanang Adie Setyawan Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31237

Keywords:

NIB (Nomor Induk Berusaha), UMKM, Digital Marketing, Legalitas

Abstract

Kegiatan usaha masyarakat, khususnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), memberikan banyak  manfaat bagi masyarakat umum, namun karena kurangnya dukungan legalitas usaha, pengembangan usaha tidak berjalan sesuai harapan sehingga sulit untuk dimulai. Dukungan diperlukan bagi usaha kecil dan menengah untuk mendapatkan  izin usaha  yang sah. Program layanan pendampingan dan pelatihan ini melibatkan 10 pelaku UMKM yang bergerak di berbagai sektor usaha seperti fesyen, kuliner, dan kerajinan tangan dari desa Mangunharjo, Kota Semarang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran para pelaku UMKM terhadap pengelolaan legalitas usaha tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Berbasis Risiko. Dalam pengabdian ini juga kami sampaikan pelatihan pemasaran digital melibatkan pendaftaran lokasi bisnis dan detail bisnis Anda secara legal ke Google Bisnisku, mengintegrasikan dan menggabungkan berbagai aplikasi media sosial online, dan memungkinkan pelanggan  menggunakan aplikasi Google Maps, memperluas jangkauan pelanggan, strategi pemasaran di Instagram Bisnis, serta kemudahan proses pemesanan dan komunikasi dari pelanggan ke pemilik bisnis melalui fitur katalog produk WhatsApp for Business. Strategi terintegrasi berbagai media bisnis online ini memungkinkan menyebarkan informasi mengenai produk dan layanan mitra UMKM.

Downloads

Published

2024-07-17

How to Cite

Pratiwi, M. I., Eviyanti, N. ., Wiedayanti, D. F. ., Luthfia, I. M. ., Wibowo, B. Y. ., & Setyawan, N. A. . (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNITAS DENGAN DIGITAL MARKETING DAN PENDAMPINGAN OSS PADA KOMUNITAS UMKM KELURAHAN MANGUNHARJO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6582–6588. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31237