PERAN FASILITATOR PENDAMPING DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN USAHA NASABAH BTPN SYARIAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31191Keywords:
Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm), Pendampingan Usaha, Btpn SyariahAbstract
Usaha mikro kecil menengah (UMKM) memiliki potensi besar terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Namun, potensi tersebut belum dapat dirasakan secara maksimal karena rendahnya tingkat pendidikan pelaku UMKM dan masih banyak pelaku UMKM yang memiliki masih akses terbatas terhadap informasi. Hal tersebut juga berlaku bagi para ibu-ibu nasabah BTPN Syariah yang berada di Kecamatan Singosari Malang, Kecamatan Wonorejo Pasuruan, dan Kecamatan Sukapura Probolinggo yang masih minim memperoleh informasi mengenai dunia usaha dan bagaimana cara mengembangkannya. Oleh sebab itu, BTPN Syariah, melalui fasilitator dalam program Bestee memberikan pendampingan kepada ibu-ibu prasejahtera pelaku UMKM nasabah BTPN Syariah agar dapat berdaya dan meningkatkan kesejahteraan mereka. Tujuan dari dilakukannya program ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan baru mengenai dunia usaha kepada ibu-ibu nasabah pelaku UMKM sehingga mereka dapat lebih berdaya dan mandiri. Kegiatan Pendampingan dilakukan dalam empat tahapan, yaitu perkenalan dan asesmen, pemberian materi, pelaksanaan praktik, dan penutupan. Hasil yang didapatkan selama melakukan kegiatan pendampingan adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan nasabah BTPN Syariah mengenai dunia usaha, seperti pentingnya identitas usaha, logo, promosi baik tradisional maupun digital, serta mengenai daftar menu dan hargaReferences
Augustinah, F. & Widayati. (2019). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong di Kabupaten Sampang. Jurnal Dialektika, 4(2).
BTPN Syariah Tentang Daya. https://btpnsyariah.com/in_ID/web/guest/tentang-daya, diakses pada 28 Juni 2024.
Kurnain, R. N., & Marlena, N. (2021). Pengaruh Cafe Atmosphere Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Fruts Cafe Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1279-1285.
Lubis, D. S. W. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Literasi Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 183-191. Mubayyanah, M., Kunaifi, A., Rahman, F., & Rosyid, A. (2021). Ragam Menu, Harga, dan Lokasi: Pengaruhnya terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran?. Masyrif: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 1(1), 55-80.
Radyanto, M. R., & Prihastono, E. (2020). Pengembangan Sistem Pendampingan Usaha Berkelanjutan Bagi UMKM Berbasis Sistem Manajemen Kinerja. Opsi, 13(1), 17-24.
Santi, Yani Malia & Kusumasari, Indah Respati. (2023). Pemaksimalan Branding Usaha Melalui Pemahaman Pentingnya Identitas Usaha Bagi Pelaku UMKM di Jorong Uba, Kecamatan Tilatang Kamang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 21-28.
Vinatra, S. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1(3), 01-08. Y
uniarti, A. (2023). Pemberdayaan UMKM tentang Pentingnya Adaptasi Digital dan Legalitas Usaha di Limpomajang Kec. Majauleng Kab. Wajo. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 2(1), 299-306.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Amalia Kartika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.