PROGRAM PENDIDIKAN WARGA EMAS DI MADRASAH PERTUBUHAN KEBAJIKAN AL-MUHIBBIN MELAKA, MALAYSIA

Authors

  • Muammar Khadafi Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Charles Rangkuti Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Abdurrahim Nasution Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Muhammad Daffa Akbar Huswin Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Boby Rizky Nugraha Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31185

Keywords:

Program Pendidikan, Warga Emas, Madrasah Al-Muhibbin.

Abstract

Kesepian yang terjadi pada warga emas adalah sebuah masalah yang harus diperhatikan. Faktor-faktor yang menyebabkan kesepian di antaranya tidak ada teman di rumah, kematian suami, hubungan yang kurang akrab pada keluarga, dan tidak mengerti bagaimana mengambil peran aktif dalam bermasyarakat. Hal itu menyebabkan mereka berhijrah kesuatu institusi madrasah untuk mengisi sisa-sisa hidup dengan menuntut ilmu, menyibukkan diri dengan beribadah, berdzikir kepada Allah SWT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program-program pendidikan warga emas di Madrasah Pertubuhan Kebajikan Al-Muhibbin Melaka, Malaysia. Dalam penelitian ini menggunaan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelajaran yang dipelajari warga emas antara lain yaitu: Al-qur’an, tajwid, fiqih, tauhid, dan faraidh. Kitab-kitab yang dipelajari di antaranya ta’lim muta’allim, banjatus saniyah, dan kitab idaman penuntut. Jenis pengajaran yang diterapkan ialah dengan teori dan amali (teoretis dan praktis). Jadwal kajian yang telah ditetapkan oleh pimpinan Madrasah Al-Muhibbin, disusun dari mulai pagi hingga malam, dan termasuk juga kajian bulanan dan tahunan. Warga emas harus mengikuti aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pimpinan Madrasah Al-Muhibbin.

References

Akehsan Dahlan, Nicol, M. & Maciver, D. (2010). Elements of Life Satisfaction Amongst Elderly People Living in Institutions in Malaysia: A Mixed Methodology Approach. Hong kong Journal of Occupational Therapy 20 (2): 71-79.

Ali Abd Al Halim Mahmud. Al Tarbiyah Al Rububiyah. Al-Qohirah; Dar Al Tauzi Wal-Islamiyah, 1995.

Brownie, S., & Horstmanshof, L. (2011). The Management of loneliness in Aged Care Resident: An Important Therapeutic Target for Gerontological Nursing. Geriatric Nursing, 32(5), 318-325.

Farhah Hanun Ngah & Denise koh Chon Lian (2017). kualiti hidup dan aktiviti fizikal warga emas. GEOGRAFIA OnlineTM Malaysian journal of Society and Space 13 issue 2 (44-53).

Khairudin R, Nasir R, Zainah AZ, Fatimah Y, Fatimah O. (2011). Depression, Anxiety and Locus of Control Among Elderly With Dementia. Pertanika Journal of Social Sciences & Humanities. 19: 27-31.

Muslihah Mazlan, Mohd Azam Y. & Fatimah Nadirah Mohd Noor. (2016). Fardhu ‘Ain Sebagai Kerangka Pembentukan Disiplin Pelajar Institusi Pendidikan Islam. Jurnal Ulwan, jilid 1: 59-73.

Norafzan binti Awang. (2008). Analisis Kualiti Hidup Warga Tua Pesisir Pantai Negeri Terengganu. Tesis Sarjana Sains, Fakultas Pengurusan dan ekonomi, Universiti Malaysia Terengganu; Terengganu.

Noornajihan Jaafar, Rezki Perdani S. Shah Rizul Izyan & Celal Akar. (2021). Kesunyian Dalam Kalangan Warga Emas : Praktik Semasa dan Solusi Dari Risalah An-Nur. Al-Hikmah International Journal For Islamic Studies & Human Sciences. Vol. 4, No. 3, August 2021.

Norhayati Mohamad, Khadijah, A, Mohd Shumaimi Mohamad, & Nur Saadah Mohamad Aun. (2017). Pengalaman Sokongan Sosial Intergenerasi Dalam Kalangan Warga Emas di Institusi Kebajikan Awam. Akademika 87(1), April 2017: 65-74.

Nikmat. A. W., Hashim, N. A., Omar, S. A., & Razali, S. (2015). Depression And Loneliness/Social Isolation Among Patients With Cognitive Impairment In Nursing Home. ASEAN Journal of Psychiatry, 16 (2), 222-231.

Purwandari, K. (2005). Pendekatan Kualitatif Dalam Penelitian Psikologi. Fakultas Psikologi UI: LPSP3 UI.

Singh. A & Misra N. (2009). Loneliness, Depression And Sociability In Old Age. Industrial Psychiatry Journal. 18 (1), 51-55.

Syed Abdul Razak & Mustafa Oma. (2013). Pengalaman Perubahan Keluarga Dan Tingkat Fertiliti Di Sabah, Sarawak Dan Semenanjung Malaysia: Satu Analisis Dari Aspek Demografi. Borneo Research Journal, University of Malaya.

Siti Marziah Zakaria, Khadijah Alavi & Nasruddin Subhi. (2013). Risiko Kesunyian Dalam Kalangan Warga Tua di Rumah Seri Kenangan. Journal Of Psychology & Human Development. 1: 49-56.

Siren, N. R. (2015). Psikologi dan Penerimaan Warga Emas di Kompleks Warga Emas Al Jenderami. Jurnal Usuluddin (41), 81.

Zainab Ismail & Elmi Baharuddin. (2013). Hubungan Kecerdasan Rohaniah Warga Tua Dengan Amalan Agama Di Rumah Kebajikan. Jurnal Islamiyyat, 35 (1), 20-21.

Downloads

Published

2024-07-06

How to Cite

Khadafi, M. ., Rangkuti, C., Nasution, A. ., Huswin, M. D. A. ., & Nugraha, B. R. . (2024). PROGRAM PENDIDIKAN WARGA EMAS DI MADRASAH PERTUBUHAN KEBAJIKAN AL-MUHIBBIN MELAKA, MALAYSIA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6072–6077. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31185