PEMANFAATAN APLIKASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN WAWASAN SISWA DI PONDOK PESANTREN PUTRI HIDAYATULLAH KOTA TERNATE

Authors

  • Sulmi Magfirah Universitas Khairun
  • Ahmad Rifani Talaohu Universitas Khairun
  • Hudan Irsyadi Universitas Khairun
  • Nur Fajrhi Universitas Khairun
  • Azzan Wafiq Agnurhasta Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31139

Keywords:

Aplikasi Digital, LBT, Pesantren, Siswa, Video Interaktif.

Abstract

Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional dapat memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dan pengembangan wawasan siswa. Dalam pengabdian ini, dilakukan pelatihan kepada para siswa dalam penggunaan aplikasi digital yang relevan dengan konten pendidikan Islam dan umum. Metode yang digunakan adalah ‘learning by doing’ (LBT) yang merupakan model pembelajaran yang juga dibarengi dengan tindakan, yang artinya belajar tidak hanya secara teoretis tetapi juga dipraktekkan langsung dilapangan. Rangkaian kegiatan pada program ini meliputi pelatihan praktis, pembimbingan, dan demonstrasi penggunaan aplikasi untuk memastikan pemanfaatan teknologi secara optimal. Hasil dari pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap pemahaman teknologi dan membantu mereka mengembangkan keterampilan menggunakan teknologi dalam bentuk video digital interaktif. Selain itu, diharapkan pula tercipta lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan di lingkungan pesantren, yang pada gilirannya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kesimpulannya, pemanfaatan aplikasi digital dalam pendidikan pesantren memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan semangat belajar siswa, serta mampu mempersiapkan mereka dalam menghadapi tantangan di era digital ini. Sangat diharapkan agar program pengabdian ini bisa menjadi acuan untuk bisa diimplementasikan di pesantren-pesantren lainnya yang ada di wilayah Indonesia pada umumnya, dan terkhususnya di Kota Ternate.

References

Arsyad, Azhar. 2008. Metode Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Hakim, L. (2022). Manfaat Tekhnologi Digital Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik.

Herniati, Reni, dkk. (2017). Penerapan Model Predict Observe Explain Dengan Pendekatan Learning By Doing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Fisika FLUX. 14(2).

Sakti, A. (2023). Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 2(2), 212-219.

Sunami, Anis Santi. (2014). Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Pengolahan Kue dan Roti Melalui Model Pembelajaran Bekerja Langsung (Learning By Doing) Di Kelas X Patiseri Program Keahlian Tata Boga SMK Negeri 3 Pati Tahun 2010/2011. Jurnal Teknobuga. 1(2).

Syaefudin, Mochamad. 2022. Pelatihan literasi Digital untuk Akademisi. Jurnal Dimasejati, Vol. 4, No. 2, Halaman 245-257.

Downloads

Published

2024-07-05

How to Cite

Magfirah, S. ., Talaohu, A. R. ., Irsyadi, H. ., Fajrhi, N. ., & Agnurhasta, A. W. . (2024). PEMANFAATAN APLIKASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN WAWASAN SISWA DI PONDOK PESANTREN PUTRI HIDAYATULLAH KOTA TERNATE. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6019–6026. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31139