PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DI ERA KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Leo Fernando Simatupang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Tumpal Manahara Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Andreas Siagian Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31131

Keywords:

Media Pembelajaran;Edmodo;Kurikulum Merdeka

Abstract

Era Distrupsi ini perkembangan internet semakin pesat dan merambah ke beberapa bidang, tidak terkecuali bidang pendidikan. Media pembelajaran juga ikut berkembang dan memunculkan Jejaring Sosial Pembelajaran (Social Learning Network). Edmodo merupakan sebuah media pembelajaran secara daring yang menggabungkan beberapa fitur Learning Management System dan Social Network menjadi Social Learning Network yang khusus dibuat untuk keperluan pendidikan.Untuk memperoleh proses pembelajaran yang efektif, guru harus memiliki media pembelajaran yang inovatif dan menarik, hal inilah yang dialami oleh guru-guru di beberapa SMA Kota Pematangsiantar. Untuk itu Penulis,berinisiatif memberikan pelatihan Peningkatan Penggunaan Media Pembelajaran bagi Guru SMK Triskati Pematangsiantar sebagai penerima manfaat setelah mendapatkan pelatihan peningkatan penggunaan media pembelajaran Social Learning Network (SLN) dengan aplikasi Edmodo,seluruh peserta sepakat bahwa Edmodo akan membantu proses belajar mengajar dan 96% akan mengenalkan Edmodo ke siswa-siswi didiknya di era kurikulum Merdeka.

References

A Adzharuddin, Nor Azura dan Ling, Nor Azura., 2013, Learning Management System (LMS) among University Students: Does It Work?, International Journal of e-Education, e-Business, e-Management and e-Learning, Vol. 3,No.3

Basori, 2013, Pemanfaatan Social Learning Network Edmodo dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif di Prodi PTM JPTK FKIP UNS, JIPTEK, Vol. No. 21, 99-105.

Boyd, D. M. & Ellison, N. B, 2008, Social network sites: definition, history, and scholarship, Journal of Computer-Mediated Communication,13, 1, 210–230

Kurniawan, Rendra., 2009, Analisis dan Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Web, Institut Teknologi Adhi Tama, Surabaya-IndonesiaNozawa, J. T. (2010). The Glass Ceiling Of Nonprofits: A Review Of Gender Inequality In Us Nonprofit Organization Executives.

Omas Ihromi, 1990, Wanita Berkerja Dan Masalah-Masalahnya, Jakarta : Pusat Pengembangan Sumber Daya Wanita.

Putri, N. R., & Ratnasari, S. L. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan, Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Asuransi Takaful Batam. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 7(1).

Rozi, A. Dan A. Puspitasari. 2021. Pengaruh Pengembangan Karir Dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Kota Serang. Jurnal Ilmiah.

Downloads

Published

2024-07-05

How to Cite

Simatupang, L. F. ., Siahaan, T. . M. ., & Siagian, A. . (2024). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DI ERA KURIKULUM MERDEKA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 5994–5999. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31131