PEMBERDAYAAN KELUARGA PASIEN DALAM KESELAMATAN PASIEN DI POLIKLINIK RSUD ANUTAPURA PALU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31006Keywords:
Pemberdayaan Keluarga, Keselamatan PasienAbstract
Keselamatan pasien merupakan masalah kesehatan global dan menjadi isu kesehatan yang sangat kompleks serta melibatkan banyak pihak. Setiap tahunnya terjadi 134 Juta Kasus dan berkontribusi terhadap 2,6 juta kematian yang terjadi dinegara yang berpenghasilan rendah dan menengah serta kegagalan langkah keselamatan pasien Sekitar 15% menguras biaya Rumah sakit. Ketidakpedulian akan keselamatan pasien menyebabkan kerugian bagi pasien dan pihak rumah sakit. Keluarga pasien salah satu komponen yang berperan dalam peningkatan keselamatan pasien. Pentingnya peran keluarga dalam memantau kebutuhan pasien, pengobatan dan perawatan pasien yang merupakan sistem pendukung pertama dan utama bagi individu pasien. Tujuan kegiatan pengabdian ini Untuk Memberdayakan keluarga pasien dalam insiden keselamatan pasien di polik klinik RSU Anutapura Palu. Dengan metode pengabdian masyarakat berupa pemberian edukasi.. Analisis data pretest dan posttest menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai pengetahuan peserta.. pemberdayaan keluarga dalam meningkatkan keselamatan pasien melalui kegiatan penyuluhan, dialog interaktif, dan distribusi leaflet memberikan dampak positif terhadap peningkatan pengetahuan peserta. Saran kegiatan ini yaitu Peningkatan Kegiatan Edukasi dengan melakukan kegiatan edukasi secara berkelanjutan dengan pendekatan yang kreatif dan partisipatif agar peserta lebih terlibat.References
Alden Y, S., Quinn R, S., Erica L., W., Cody J., C., Sree S., K., Sergio A., M., Jan K., C., &
Allen B., R. (2021). Patients’ Perspectives of Diagnostic Error: A Qualitative Study. Journal of Patient Safety, 17(8), e1759–e1764. https://doi.org/10.1097/PTS.0000000000000642
Daud, A. (2020). Sistem Pelaporan dan Pembelajaran Keselamatan Pasien Nasional (SP2KPN). In Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. https://persi.or.id/wpcontent/uploads/2020/11/event5- 04.pdf
Dhamanti, I., Leggat, S., Barraclough, S., Liao, H.-H., & Bakar, N. A. (2021). Comparison of Patient Safety Incident Reporting Systems in Taiwan, Malaysia, and Indonesia. Journal of Patient Safety, 17(4), 299–305. https://doi.org/10.1097/PTS.0000000000000622
Etchegaray, J. M., Ottosen, M. J., Aigbe, A., Sedlock, E., Sage, W. M., Bell, S. K., Gallagher, T. H., & Thomas, E. J. (2016). Patients as Partners in Learning from Unexpected Events. Health Services Research, 51, 2600–2614. https://doi.org/10.1111/14756773.12593
Giap, T.-T.-T., & Park, M. (2021). Implementing Patient and Family Involvement Interventions for Promoting Patient Safety: A Systematic Review and Meta-Analysis. Journal of Patient Safety, 17(2), 131–140. https://doi.org/10.1097/PTS.0000000000000714 326
Glaser, J., Nouri, S., Fernandez, A., Sudore, R. L., Schillinger, D., Klein-Fedyshin, M., & Schenker,
Y. (2020). Interventions to Improve Patient Comprehension in Informed Consent for Medical and Surgical Procedures: An Updated Systematic Review. Med Decis Making, 40(2), 119–143. https://doi.org/10.1177/0272989X19896348.
Haque, M., Sartelli, M., Mckimm, J., & Abu Bakar, M. (2018). Infection and Drug Resistance Dovepress Health care-associated infections-an overview. Infection and Drug Resistance, 11(1), 2321–2333. http://dx.doi.org/10.2147/IDR.S177247
Haslinda, Rachmawaty, R., & Saleh, A. (2021). Strategies to improve patients’ involvement in achieving patient safety goals: A literature review. Enfermería Clínica, 31, S609–S613. https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2021.07.002
Kemenkes. (2017). Peraturan Menteri Kesehatan No 11 Tahun 2017 tentang Keselamatan Pasien. Retreived from https://jdih.baliprov.go.id/produk-hukum/peraturan perundangundangan/permenkes/24147
Kolomboy F, Palutturi S, Rivai F, Saleh L M, Amiruddin R. Analysis of the work culture in head of inpatient room at Madani Hospital, Palu. Enfermería Clínica. 2021 Dec 1;31:S761-4.
Kolomboy F, Palutturi S, Rifai F, Saleh LM, Amiruddin R. Leadership style based on the study of multifactor leadership questionnaire in Palu Anutapura hospital. Gaceta Sanitaria. 2021 Jan 1;35:S432-4.
Kolomboy F, Palutturi S, Rivai F, Saleh L M, Amiruddin R. Nurses' Perceptions of Leadership Styles Among Nurse Managers In Palu Anutapura Hospital. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation. 2021
Kolomboy F, Palutturi S, Rivai F, Saleh LM, Masudin M, Amiruddin R. Spiritual-Based Transformational Leadership Style at Anutapura Regional General Hospital, Palu. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences. 2021 Jul 29;9(E):524-9.
Kim, Y. S., Kim, H. S., Kim, H. A., Chun, J., Kwak, M. J., Kim, M. S., Hwang, J. I., & Kim, H.
(2020). Can patient and family education prevent medical errors? A descriptive study. BMC Health Services Research, 20(1), 1–7. https://doi.org/10.1186/s12913-020-05083y
Koyama, A. K., Maddox, C. S. S., Li, L., Bucknall, T., & Westbrook, J. I. (2020). Effectiveness of double checking to reduce medication administration errors: A systematic review. BMJ Quality and Safety, 29(7), 595–603. https://doi.org/10.1136/bmjqs-2019-009552
Lee, M., Lee, N. J., Seo, H. J., Jang, H., & Kim, S. M. (2021). Interventions to Engage Patients and Families in Patient Safety: A Systematic Review. Western Journal of Nursing Research, 43(10), 972–983. https://doi.org/10.1177/0193945920980770
Ottosen, M. J., Engebretson, J., Etchegaray, J., Arnold, C., & Thomas, E. J. (2019). An Ethnography of Parents’ Perceptions of Patient Safety in the Neonatal Intensive Care Unit. Advances in Neonatal Care, 19(6), 500–508. https://doi.org/10.1097/ANC.0000000000000657
Ningsih, N. S., & Endang Marlina. (2020). Pengetahuan Penerapan Keselamatan Pasien (Patient Safety) Pada Petugas Kesehatan. Jurnal Kesehatan, 9(1), 59–71. https://doi.org/10.37048/kesehatan.v9i1.120
PERSI. (2020). Pelatihan Tingkat Dasar Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Rumah Sakit dan Pelayan Kesehatan Lainnya. PERSI. https://persi.or.id/pelatihan-tingkatdasar-pencegahan-dan- pengendalian-infeksi-di-rumah-sakit-dan-pelayan-kesehatanlainnya/
Profil RSU Anutapura. 2020. Palu Rachmawaty Rini, dkk (2023) Edukasi Patient Safety pada Pasien dan Keluarga Pasien di Instalasi Poliklinik Rumah Sakit Umum Daerah Sayang Rakyat Kota Makassar: Palu, Jurnal Pengabdian Masyarakat Poltekita
Romano, R., Marletta, G., Sollami, A., La Sala, R., Sarli, L., Artioli, G., & Nitro, M. (2021).
The safety of care focused on patient identity: an observational study. Acta Biomedica, 92(3). https://doi.org/10.23750/abm.v92iS2.11328 Sande-Meijide, M., Lorenzo-González, M., Mori- Gamarra, F., Cortés-Gago, I., GonzálezVázquez,
Schnipper, J. L., Fitall, E., Hall, K. K., & Gale, B. (2021). Approach to Improving Patient Safety: Communication. Patient Safety Network; AHRQ. https://psnet.ahrq.gov/perspective/approach- improving-patient-safety-communication
Smeulers, M., Verweij, L., Maaskant, J. M., De Boer, M., Krediet, C. T. P., Nieveen Van Dijkum,
E. J. M., & Vermeulen, H. (2015). Quality Indicators for safe medication preparation and administration: A systematic review. PLoS ONE, 10(4), 1–14. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0122695
Tutiany, Lindawati, Paula Krisanti. (2017). Manajemen Keselamatan Pasien. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
WHO. (2021). Global patient safety action plan 2021–2030: towards eliminating avoidable harm in health care. In World Health Organization. https://www.who.int/publications/i/item/9789240032705 22 mei 2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fajrillah Kolomboy, Mohamad Fadli Dg Patompo, Rizkaningsih Rizkaningsih, Andi Fatmawati Syamsu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.