EDUKASI PENGENALAN BAHASA PEMROGRAMAN PYTHON PADA SMA METHODIST BINJAI

Authors

  • Dedi Candro Parulian Sinaga STMIK Pelita Nusantara
  • Baringin Sianipar STMIK Pelita Nusantara
  • Endra Ary Prasasty Marpaung STMIK Pelita Nusantara
  • Melia Mawaddah STMIK Pelita Nusantara
  • Ira Mayang Sari STMIK Pelita Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30999

Keywords:

Pemograman Python, Belajar Pemograman, Edukasi

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan bahasa pemrograman Python kepada siswa SMA Methodist Binjai sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman mereka dalam dunia pemrograman. Kegiatan ini mencakup pengenalan dasar-dasar pemrograman menggunakan Python serta penerapan praktiknya dalam pembuatan program sederhana. Data dikumpulkan melalui observasi terhadap partisipasi siswa dalam kegiatan edukasi pengenalan bahasa pemograman python pada SMA Methodist Binjai . Hasil menunjukkan bahwa siswa menunjukkan minat yang tinggi dalam belajar Python dan berhasil menghasilkan program sederhana. Dalam kegiatan ini memberikan kontribusi dalam upaya memperluas pengetahuan pemrograman di kalangan siswa SMA dan menghadirkan alternatif pendekatan dalam pembelajaran bahasa pemrograman di tingkat sekolah menengah.

References

Bimantara, I Made Satria, Luh Gede Astuti, and I Wayan Supriana. (2022). Kegiatan Bootcamp Pengenalan Python Untuk Bidang Data Science Dan Machine Learning Di Pt Hacktivate Teknologi Indonesia. Jurnal Pengabdian Informatika 1(1): 195–200. https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/143 (June 8, 2023).

Bogdanchikov, A., Zhaparov, M., & Suliyev, R. (2013). Python to learn programming. Journal of Physics: Conference Series, 423(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/423/1/012027.

Diartono, D., A., Z., E., Sulastri., & Anis, Y. (2022). Pelatihan Pemrograman Berbasis Komputasi Awan Untuk Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Siswa SMK Negeri 4 Kendal. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–6.

Kadarina, T. M., & Hajar, M. H. I. (2019). PENGENALAN BAHASA PEMROGRAMAN PYTHON MENGGUNAKAN APLIKASI GAMES UNTUK SISWA/I DI WILAYAH KEMBANGAN UTARA. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 5(1), 11–16. https://codecombat.com/.

Lavandaia Dharma Bali, Y., Ashril Rizal, A., Puji Indra Kharisma, L., Studi Teknik Informatika, P., Studi Sistem Informasi, P., Syaikh Zainuddin Nahdlatul Wathan, S., Timur, L., & Tenggara Barat, N. (2021). PENINGKATAN EFEKTIFITAS PROGRAMMING DENGAN PELATIHAN PYTHON FOR DATA SCIENCE BAGI KOMUNITAS PROGRAMMING PONDOK PESANTREN NAHDLATUL WATHAN ANJANI. Jurnal Widya Laksmi, 1(1). http://jurnalwidyalaksmi.com

Priyatno, A. M., Firmanda, F. I., Farhas, R. J., Amalia, F., Febri, W., & Sudirman, R. (2023). PELATIHAN DATA SCIENCE MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PYTHON DI PT ILMU DATA INDONESIA. https://dedikasi.net/index.php/dedikasi

Sukindar. (2016). Kelebihan Bahasa Pemrograman Python. Teknojurnal.com, https://teknojurnal.com.kelebihan bahasa-pemrograman-Python/, diakses Juli 2021. Teknojurnal.Com.

Wiryawan, R. A., & Rosyid, N. R. (2019). Pengembangan Aplikasi Otomatisasi Administrasi Jaringan Berbasis Website Menggunakan Bahasa Pemrograman Python. Simetris, 10(2), 1–12

Downloads

Published

2024-08-04

How to Cite

Sinaga, D. C. P., Sianipar, B., Marpaung, E. A. P., Mawaddah, M., & Sari, I. M. (2024). EDUKASI PENGENALAN BAHASA PEMROGRAMAN PYTHON PADA SMA METHODIST BINJAI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7172–7176. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30999