DIGITALISASI PRODUK DOPING BERBASIS ANDROID BAGI KONI PROVINSI PAPUA BARAT DAYA

Authors

  • Waskito Aji Suryo Putro Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Sugiono Sugiono Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Istiyono Istiyono Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Harmaman Harmaman Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Wahyu Retno Widiyaningsih Madrasah Aliyah Negeri Kota Sorong

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30974

Keywords:

IT, Digitalisasi, Doping.

Abstract

Ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan (IPTEK) memiliki peranan yang sangat penting dalam berbagai kondisi kehidupan manusia, karena tanpa pendekatan IPTEK bagi bangsa akan sulit untuk mengembangkan potensi di dalam yang menjadi milik kita bersama. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan produk berupa aplikasi sportdoping berbasis android menggunakan model Thumb Focused Interaction. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode survey. Data menunjukan bahwa 51% atlet memberikan jawaban yang salah dan 49% atlet memberikan jawaban benar. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pentingnya suatu platform yang mudah diakses dan memberikan pentingnya informasi mengenai apa itu dopping agar manajemen pengelola cabang olahraga khususnya atlet mengetahui pentingnya dopping.

References

Antika, Miska. Rancang Bangun Aplikasi Mobile Learning Untuk Pembelajaran Provinsi di Indonesia Berbasis Android, Laporan Tugas Akhir Sarjana, Jurusan Tenik Informatika, STMIK GI MDP, Palembang, 2011.

A.S, Rosa dan M. Shalahuddin. Rekayasa Perangkat Lunak. Penerbit Modula, Bandung. 2011

Effendi, Empy dan Hartono Zhuang. e-Learning Konsep dan Aplikasi. Penerbit Andi, Yogyakarta. 2005

El-Hussein, Mohamed Osman M. dan Johannes C. Cronje. Defining Mobile Learning in the Higher Education Landscape. [Online] available http://www.ifets.info/, 10 Mei 2013 Pukul 16:50

Guo, Chuanxiong, dkk. Smart-Phone Attacks and Defenses. [Online] available http://research.microsoft.com/, 08 Mei 2013 Pukul 15:35

IDC Team. Android and iOS Combine for 91.1% of The Worlwode Smartphone OS Market in 4Q12 and 87.6% For The Year. [Online] available http://www.idc.com/, 23 April 2013 Pukul 25:30

Jquery Mobile Team. JQuery Mobile Framework. [Online] available http://jquerymobile.com/ 08 Mei 2013 Pukul 17:00

Moodle Team. Moodle 2.4 Documentation. [Online] available http://www.moodle.org/, 08 Mei 2013 Pukul 16:11

O’Malley, C. Guidelines For Learning/Teaching/Tutoring in Mobile Environment. [Online] available http://www.mobilearn.org/, 25 Maret 2013 Pukul 13:26

Putra, Thio Pratama. Rancang Bangun Aplikasi Mobile Learning Client Server Berbasis Moodle Pada Platform Android. Laporan Tugas Akhir Sarjana, Jurusan Teknik Informatika, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim. 2011.

Prasetya, Didik Dwi. Membuat Aplikasi Smartphone Multiplatform. Penerbit PT. Elex Media Komputindo, Jakarta. 2013

Rohman, Arif. Masalah Pembelajaran dan Pemecahannya. Laporan Seminar Nasional Inovasi Pembelajaran. [Online] available. http:// staff.uny.ac.id/, 20 Juni 2013 Pukul 21:15

Downloads

Published

2024-07-03

How to Cite

Putro, W. A. S. ., Sugiono, S., Istiyono, I., Harmaman, H., & Widiyaningsih, W. R. . (2024). DIGITALISASI PRODUK DOPING BERBASIS ANDROID BAGI KONI PROVINSI PAPUA BARAT DAYA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 5957–5960. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30974