ANALISIS DAMPAK BUDAYA PEMASARAN RELIGIUS TERHADAP RAMADHAN EFFECT

Authors

  • Kharisma Firdaus Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30899

Keywords:

Budaya, pemasaran, religius, konsumen, ramadhan, strategi.

Abstract

Bulan Ramadhan memiliki dampak signifikan terhadap perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Dalam penelitian ini, akan meneliti bagaimana budaya pemasaran religius mempengaruhi kebutuhan konsumen dan strategi pemasaran pedagang pasar tradisional selama bulan Ramadhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan konsumen meningkat secara drastis selama bulan Ramadhan, dengan pedagang tradisional menghadapi tantangan dalam memenuhi permintaan konsumen yang meningkat. Strategi pemasaran yang efektif digunakan oleh pedagang tradisional termasuk improvisasi dalam menghadapi tantangan ketersediaan barang dan meningkatkan kualitas produk. Dalam analisis deskriptif kualitatif dengan teknik studi pustaka, tema utama yang muncul adalah tantangan dalam memenuhi permintaan konsumen, persaingan dari pedagang lain, kesulitan dalam menjaga kualitas produk, serta perubahan perilaku konsumen. Pedagang tradisional yang beroperasi selama bulan Ramadhan harus memiliki strategi yang adaptif untuk menghadapi perubahan ini. Penelitian ini menunjukkan bahwa budaya pemasaran religius mempengaruhi kebutuhan konsumen dan strategi pemasaran pedagang tradisional selama bulan Ramadhan. Hasil penelitian ini dapat membantu pedagang tradisional dalam meningkatkan efektivitas strategi pemasaran dan memenuhi kebutuhan konsumen yang meningkat selama bulan Ramadhan.

References

Fatha Pringgar, R., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran Siswa. Jurnal IT-EDU, 05(01), 317329.

Hapsari, R. E. D. P., & Nurhayati, D. (2021). Strategi Pemasaran Pada Bulan Ramadhan: Pembelajaran Dari Pedagang Pasar Tradisional. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 494512.

Hardiansyah, Rahman, A., & Nurlela. (2022). Pola Konsumsi Pada Bulan Ramadhan di Desa Mangepong Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto. Jurnal Kajian Sosial Dan Budaya, 6(2), 1118.

Hidayat, S, N. (2024). Startegi Komunikasi Pemasaran Sirup Marjan Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pada Momen Ramadhan Tahun 2023. Uin K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

Pertiwi, A., Jusnita, R. A. E., & Maela, N. F. S. (2019). Ramadan dan Promosional: Strategi Komunikasi Pemasaran PT Unilever Indonesia Tbk. Jurnal Komunikasi Profesional, 3(1), 111. https://doi.org/10.25139/jkp.v3i1.1699

Putra, N. F., Salsabilla, N. H., Tristiana, S. P., & Puspanigtyas, M. (2022). Penerapan Strategi Pemasaran Mc Donald S Kota Malang Selama Bulan Ramadhan 2022. Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE), 2(9), 8184.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-07-05

How to Cite

Firdaus, K. (2024). ANALISIS DAMPAK BUDAYA PEMASARAN RELIGIUS TERHADAP RAMADHAN EFFECT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6054–6059. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30899