THE ROLE OF CIVIL SOCIETY: STUDI NARATIF PERANAN LSM PUSAT PENGEMBANGAN SUMBERDAYA WANITA (PPSW) JAKARTA DALAM PEMBERDAYAAN WANITA

Authors

  • Yunita Anggraeni Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hanny Purnamasari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Mochamad Faizal Rizki Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30895

Keywords:

LSM, Wanita, Pemberdayaan

Abstract

Pada penelitian ini membahas mengenai peranan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dalam pemberdayaan Wanita. LSM yang menjadi tempat penelitian kali ini adalah LSM Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW) Jakarta. Peranan LSM dalam pemberdayaan wanita sangat diperlukan mengingat Indonesia sebagai negara berkembang secara terus menerus melakukan Pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Peran aktor non-pemerintah sangat penting dalam mewujudkan pemerintahan yang baik (good governance). LSM perlu memainkan peran yang luar biasa agar dapat menjalankan struktur sosial masyarakat secara keseluruhan. Fungsi LSM yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat akan berpengaruh pada pencapaian kesejahteraan masyarakat. Pada penelitian ini digunakan teori tahapan pemberdayaan oleh Randy R Wrihatnolo dan Riant Nugroho yang memuat indikator 1). Tahap penyadaran 2). Tahap Pelatihan 3). Tahap Pendampingan. Studi naratif menjadi desain penelitian kali ini. Dimana hasil penelitian akan memuat pengalaman-pengalaman partisipan dalam melakukan pemberdayaan terhadap wanita. Sumber data yang dikumpulkan didapat terbagi menjadi dua yakni sumber data primer dan sumber data sekunder.

References

Creswell, J. W. (2013). Qualitative inquiry and research design : choosing among . california: Vicki Knight.

Hidayati, D. (2023). MODEL PEMBERDAYAAN DAN KEMANDIRIAN PEREMPUAN MELALUI KELOMPOK WANITA TANI DI DESA LENDANG NANGKA KECAMATAN MASBAGIK KABUPATEN LOMBOK TIMUR.

Kaslam, N. K. (2023). Non-Governmental Organization, Women Empowermentdan SociopreneurMasyarakat Indonesia:Studi Kasus Pemberdayaan Perempuan di Yayasan Econatural Society. Ruang Komunitas: Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Hikam, A. M. (2015). Demokrasi dan Civil Society (A. Munim DZ, Ed.; Edisi Ebook). LP3ES.

Nurmalasari, V., Hambali, & Zahirman (2016). PERSEPSI LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT TERHADAP PELAKSANAAN, PENERTIBAN DAN PEMBINAAN GELANDANGAN DAN PENGEMIS OLEH DINAS SOSIAL DAN PEMAKAMAN KOTA PEKANBARU.

Syarifah, L. (2019). PERAN LEMBAGA KAJIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA NAHDLATUL ULAMA DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN ANAK-ANAK PENYANDANG DISABILITAS DI KOTA TASIKMALAYA.

Wula, H. V. M., & Anggraini, T. (2022). Peran Perempuan dalam Pembangunan Desa. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 5(2), 201208. https://doi.org/10.31539/kaganga.v5i2.4309

Downloads

Published

2024-07-05

How to Cite

Anggraeni, Y., Purnamasari, H. ., & Rizki, M. F. . (2024). THE ROLE OF CIVIL SOCIETY: STUDI NARATIF PERANAN LSM PUSAT PENGEMBANGAN SUMBERDAYA WANITA (PPSW) JAKARTA DALAM PEMBERDAYAAN WANITA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6049–6053. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30895