UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN MASYARAKAT DENGAN PENGENALAN TELEMEDISIN SEBAGAI MEDIA LAYANAN KESEHATAN ONLINE
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30792Keywords:
Telemedisin, Pengetahuan Masyarakat, Layanan Kesehatan Online.Abstract
Telemedisin sebagai salah satu inovasi di bidang kesehatan, menawarkan solusi untuk meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan, terutama di daerah-daerah terpencil. Namun, pemanfaatannya masih terbatas akibat rendahnya pengetahuan masyarakat tentang teknologi ini. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai telemedisin melalui sosialisasi dan pengenalan aplikasi Halodoc dan Mobile JKN. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain pra-eksperimen. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2024, di Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, dengan peserta yang terdiri dari 20 ibu-ibu PKK. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur tingkat pengetahuan peserta sebelum dan setelah sosialisasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pengetahuan yang signifikan di kalangan peserta. Sebelum sosialisasi, hanya sebagian kecil peserta yang memiliki pengetahuan tentang telemedisin, namun setelah sosialisasi, hampir seluruh peserta menunjukkan peningkatan pemahaman yang signifikan. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa sosialisasi telemedisin dapat secara efektif meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang layanan kesehatan berbasis teknologi. Peningkatan literasi digital di kalangan masyarakat diharapkan dapat memperluas akses dan kualitas layanan kesehatan, serta mendorong adopsi teknologi telemedisin secara lebih luas. Penelitian ini memberikan dasar yang kuat untuk mengembangkan program sosialisasi berkelanjutan guna mendukung transformasi digital di sektor kesehatanDownloads
Published
2024-07-25
How to Cite
Meisari, W. A., Muhlizardy, M., Nurhayati, A., Putri, A. D. ., & Aulia, S. N. . (2024). UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN MASYARAKAT DENGAN PENGENALAN TELEMEDISIN SEBAGAI MEDIA LAYANAN KESEHATAN ONLINE. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6959–6966. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30792
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Winda Azmi Meisari, Muhlizardy Muhlizardy, Asti Nurhayati, Anggun Dhipa Putri, Salma Nur Aulia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.