PENGUATAN LITERASI MELALUI PELATIHAN MENULIS AKSARA JAWA MENGGUNAKAN MEDIA DIGITAL UNTUK GURU BAHASA JAWA DI SMA N MOJOGEDANG

Authors

  • Pradnya Paramita Hapsari Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Bambang Ikhwanto Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Atiningtyas Fitri Rahayu Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Rindani Radita Cahyani Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Eka Trianingsih SMA N Mojogedang
  • Gunawan Waskito SMA N Mojogedang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30704

Keywords:

Aksara Jawa; Digital

Abstract

Era modern ini, menuntut guru untuk mampu memberikan pengalaman kepada siswa dengan memanfaatkan hasil teknologi yang telah ada. Guru diharapkan dapat memanfaatkan segala peralatan dengan efektif dan efisien dengan sesederhana mungkin guna mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Selain itu, guru juga dituntut untuk dapat menggunakan alat yang telah tersedia di sekolahan seperti halnya komputer. Dalam rangka mempermudah para siswa untuk lebih mudah mempraktikkan penulisan aksara Jawa, maka perlu adanya jembatan para guru berupa media digital (dalam hal ini ialah menggunakan media komputer) yang disukai siswa pada masa sekarang. Para guru dituntut untuk dapat “mengkinikan yang lampau” dengan cara yang modern. Guru juga dapat menggunakan media digital dalam proses pembelajaran di kelas dengan membersamai para siswa praktik menulis aksara Jawa dengan menggunnakan komputer. Atas dasar kendala yang dialami oleh guru bahasa Jawa di SMA N Mojogedang, pengabdi melakukan pelatihan penulisan aksara Jawa menggunakan media digital guna penguatan literasi. Pelatihan ini diapresiasi sekali oleh para guru bahasa Jawa yang memang mayoritas belum memiliki pengalaman dalam hal media digital untuk penulisan aksara Jawa yang akan ditransfer kepada para siswa. Melalui pelatihan ini, diharapkan para guru dapat mensosialisasikan dan mempraktikkan bersama para siswa supaya pembelajaran di dalam kelas lebih kekinian dan menyenangkan sehingga mudah dipahami dan diterapkan oleh para siswa

References

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Solo: UNS Press.

Eric Kunto Aribowo. 2018. Digitalisasi Aksara Jawa dan Pemanfaatannya Sebagai Media Pembelajaran Bagi Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Jawa SMP Kabupaten Klaten. Warta LPM Vol. 21, No.1, Maret 2018: 59-70.

Gagne & Briggs. 1979. Principles of Instructional Design. New York. Holt Rinehart and Winston.

Newby, Timothy, J.,Donald A.Stepich, James D.Lehman & James D.Russel. 2000. Instructional Technology for Teaching and Learning 2nd Edition New Jersey: Upper Saddle River.

Poetoesan Parepatan Koemisi Kasoesastraning Sriwedari (Surakarta). 1926. Wewaton Panjeratipun Temboeng Djawi mawi Sastra Djawi dalasan Angka. Weltevreden: Landdrukkerij.

Romiszwosky, 1988. The Selection and Use of Instructional Media. Great Brita in:billing & Son Ltd.

Setiyo Adi Nugroho, Risti Wulandari. Pengembangan Media Pembelajaran Aksara Jawa Interaktif Berbasis Multimedia (Studi Kasus SD Mardi Rahayu 01 Ungaran). Jurnal Ilmiah Komputer Grafis Vol. 13, No. 2, December 2020, pp 21 – 36.

Sulistyani. 2020. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Jawa Melalui Diskusi Kelompok Berbantu Kartu Huruf pada Peserta Didik Kelas VI SD 1 Prambatan Kidul Kudus. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 10 No. 2 Juni 2020: 240-250.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tim Penyusun (Pemerintah 3 Provinsi). 2003. Pedoman Penulisan Aksara Jawa. Yogyakarta: Yayasan Nusatama.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Hapsari, P. P. ., Ikhwanto, B. ., Rahayu, A. F. ., Cahyani, R. R. ., Trianingsih, E. ., & Waskito, G. . (2024). PENGUATAN LITERASI MELALUI PELATIHAN MENULIS AKSARA JAWA MENGGUNAKAN MEDIA DIGITAL UNTUK GURU BAHASA JAWA DI SMA N MOJOGEDANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5842–5848. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30704