PENINGKATAN KOMPETENSI MENGEJA DAN MEMBACA BAHASA ARAB MELALUI BUKU QO'ADAH NURANIYYAH PADA JAMAAH MASJID PONDOKGEDE BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30657Keywords:
Cara Mengeja Bahasa Arab, Cara Membaca Bahasa Arab, Jamaah FORSILAAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menambah wawasan masyarakat terkait membaca dan membedakan nama dan suara huruf bahasa Arab dan meningkatkan keterampilan masyarakat dalam mengeja serta membaca kata-kata bahasa Arab secara mudah. Pelatihan mengeja dan membaca bahasa Arab melalui metode pendekatan bahasa berbasis genre teks, dan menggunakan contoh-contoh dari Al-Qur'an yang telah tersusun dalam buku Qo'adah Nuraniyyah, metode ini akan membantu membuat masyarakat mampu mengeja dan membaca kata-kata bahasa Arab dengan baik dan mudah. Program pengabdian pada masyarakat ini menghasilkan peningkatan pemahaman dan pengetahuan Jamaah dalam FORSILA Masjid Pondokgede, Bekasi, tentang kompetensi mengeja dan menulis Bahasa Arab melalui pelatihan membaca huruf Arab. Mereka dapat mengimplementasikan pemahaman ini dengan baik. Selain itu, program ini meningkatkan kesadaran jamaah dalam menyikapi permasalahan penulisan Bahasa Arab di lingkungan mereka. Pemahaman tentang peningkatan kemampuan mengeja dan membaca Bahasa Arab juga tersebar luas, menciptakan keterampilan yang sesuai dengan kaidahnya. Program ini juga memfasilitasi silaturrahmi antar jamaah untuk meningkatkan komunikasi dan pembaruan ilmu terkait Bahasa Arab. Penelitian ini bermanfaat masyarakat, khususnya jamaah FORSILA untuk menjadi bekal dalam mengajarkan kepada masyarakat luas mengenai bahasa arab.References
Chaer, A. G. (2007). Pengantar linguistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamid, A. (2010). Tajwid Al-Quran untuk Pemula. Jakarta: Pustaka Mandiri.
Emilia, H. (2022). Bentuk Dan Sifat Pengabdian Masyarakat Yang Diterapkan Oleh Perguruan Tinggi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 122-130. https://doi.org/10.37567/pkm.v2i3.1127
Fahurrozi, A., & Mahyudi, E. (2009). Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama RI.
Hardiyanti, P. (2022). Mafhum Maharah Qiraah dan Maharah Kitabah. Islamic Education, 2(2), 39-43. https://doi.org/10.57251/ie.v2i2.376
Munir, D. R., Fajar, A., & Farihatunnisa, I. (2023). PELATIHAN KETERAMPILAN MEMBACA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI PENGAJIAN ANAK-ANAK KAMPUNG CUKANG LEMAH CIHANJAWAR PURWAKARTA. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, 3(6).
Mubarak, H. (2018). Asal Usul Bahasa Arab. Jurnal Ilmiah Iqra’, 5(1), 108–123. https://doi.org/10.30984/jii.v5i1.565
Noor, I. H. (2010). Penelitian dan pengabdian masyarakat pada perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 285-297. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.462
Rosyidi, A. W., & Ni’mah, M. (2011). Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press.
Tarigan, H. G. (2008). Membaca: Sebuah Pengantar. Jakarta: Pustaka Jaya.
Riduwan, A. (2016). Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh perguruan tinggi. Ekuitas (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 3(2), 95.
Youtube.com. (Juli 2012). Diakses pada 08 Juli 2012, dari https://www.youtube.com/watch?v=QPsBIyNmz5A
Youtube.com. (September 2019). Nuraniah Lessons. Diaksis pada 08 September 2019 ,dari https://www.youtube.com/watch?v=wO2DRVC-g9w&list=PLDGSJOlM3XL8aPMnm4riNMab33Jnra0hz
Youtube.com. (Desember 2019).Diaksis pada 03 Desember 2019, dari https://www.youtube.com/watch?v=yIC1WJop1O8
Youtube.com. (Februari 2021). Mengenal Metode Belajar Al Qur'an Al Qaidah An Nuroniyyah. Diakses pada 19 Februari 2021, dari https://www.youtube.com/watch?v=ZLhYYXG-RVM
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Murodi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.