BISNIS DIGITAL: PELATIHAN DESAIN KEMASAN PRODUK MENGGUNAKAN CANVA BAGI MSYARAKAT

Authors

  • Ashabul Taufik Universitas Islam Makassar
  • Andi Muh. Akbar Saputra Universitas Islam Makassar
  • Indra Farman Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30656

Keywords:

Bisnis Digital, Desain Kemasan, Canva

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi sangat berpengaruh bagi proses bekerja, belajar, berbisnis, dan berkomunikasi. Bisnis digital muncul sebagai bentuk usaha yang memanfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan efisiensi operasional, memperluas jangkauan pasar, dan menciptakan nilai tambah bagi pelanggan. Kemasan merupakan hal penting untuk menghadapi persaingan bisnis kuliner pada zaman sekarang. Era perkembangan perangkat lunak saat ini menjadikan pekerjaan mendesain lebih mudah. Perangkat lunak atau aplikasi Canva memiliki banyak fitur yang memanjakan desainer untuk mebuat suatu karya yang menarik dan efektif, sehingga aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk membuat suata desain kemasan produk. Madrasa Aliyah Negeri Insan Cendekia Gowa adalah sekolah yang menerapkan salah satu pembelajarannya adalah berwirausaha dan menerapkan teknologi sebagai penunjang utama dalam pengembangan skil siswa dalam berwirausaha dimasyarakat. Oleh karena itu, pengabdian ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan membuat desain kemasan produk menggunakan canva kepada siswa Madrasa Aliyah Negeri Insan Cedekia. Metode yang digunakan adalah Observasi, Pemberian Materi, dan Projec Canva. Pelatihan membuat kemasan produk menggunakan canva berjalan dengan baik dan materi tersampaikan dengan jelas. Pelatihan ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa Madrasa Aliyah Negeri Insan Cendekia Gowa tentang pentingnya berwirusaha, bisnis digital, dan pemanfaatan aplikasi canva dalam mendesai kemasan produk.

References

Saputra, A. M. A., Kharisma, L. P. I., Riz, A. A., Burhan, M. I., & Purnawati, N. W. (2023). Teknologi Informasi (Pertama). PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Musnaini, Junita, A., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Digital Busines (Pertama). CV. Pena Persada.

Pratama, S. D., Adityawan, O., & Fathurrizky, A. (2023). Perancangan Desain Kemasan Sebagai Media Promosi Produk Kuliner Tradisional Article history. 05(1), 11–19. https://doi.org/10.51977/jiip.v5i1.1086

Sobandi, A., Yuniarsih, T., Meilani, R. I., & Indriarti, R. (2023). Pemanfaatan Fitur Aplikasi Canva dalam Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Pendekatan Microlearning (Vol. 8, Nomor 1). http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (3 ed.). Alfabeta.

Taufik, A., Mappalotteng, A. M., & Purnamawati. (2023). Analysis of Job Competency Needs of Computer and Information Engineering Program by Referring to KKNI in Vocational Schools. ARRUS Journal of Social Sciences and Humanities, 3(6). https://doi.org/10.35877/soshum

Taufik, A., & Saputra, A. M. A. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Smartphone Android Mengguanakn Adobe cs 6 Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Komputer SMK Gunung Sari 1 Makassar. Jurnal Publikasi Teknik Informatika, 2(1), 68–77.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Taufik, A. ., Saputra, A. M. A. ., & Farman, I. . (2024). BISNIS DIGITAL: PELATIHAN DESAIN KEMASAN PRODUK MENGGUNAKAN CANVA BAGI MSYARAKAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5811–5816. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30656