PELATIHAN LAYANAN PRIMA DI UMKM WISATA HUTAN BAMBU BEKASI

Authors

  • Bunga Cahyaputri Universitas Sahid
  • Bernard Hasibuan Universitas Sahid
  • Ninin Gusdini Universitas Sahid

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30586

Keywords:

Pengelola Wisata, Wisata Hutan Bambu, Pelatihan, Pelayanan Prima

Abstract

Salah satu kunci dalam memenangkan persaingan bisnis saat ini adalah kepuasan pelanggan, termasuk pada bisnis pariwisata. Akan tetapi, fakta di lapangan pengelola dan pedagang di Wisata Hutan Bambu Bekasi masih belum menerapkan prinsip kepuasan pelanggan terhadap pengunjung wisatawan. Mereka masih kurang pemahaman dan belum terlalu peduli tentang kenyamanan dan kepuasan wisatawan selama berwisata. Pelayanan prima (Service Excellence) adalah pelayanan yang memenuhi standar kualitas yang sesuai dengan harapan dan kepuasan pelanggan. Wisata hutan bambu hanya memiliki 5 orang pengelola dan beberapa pedagang yang ikut terlibat melayani pengunjung. Seluruh pengelola harus bekerja keras untuk mewujudkan komitmen dalam mengembangkan usaha dan memberikan layanan terbaik bagi seluruh pengunjung. Oleh karena itu, pelatihan ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan dan latihan singkat tentang pengelolaan layanan prima yang baik kepada seluruh stakeholder wisata hutan bambu. Jenis metode yang dilakukan yaitu dengan memberikan penyuluhan dalam bentuk sosialisasi dan penjabaran informasi mengenai pelayanan prima dan implementasinya di wisata Hutan Bambu Bekasi. Peserta tampak antusias dengan pengetahuan kualitas layanan, layanan prima, dan penerapannya dalam wisata Hutan Bambu Bekasi. Peserta juga menambah keterampilan dalam penerapan layanan prima sesuai alur proses pengunjung di wisata Hutan Bambu. Para pedagang dapat menerapkan layanan prima pada proses pengunjung membutuhkan makanan atau minuma di wisata Hutan Bambu.

Author Biographies

Bernard Hasibuan, Universitas Sahid

Teknik Industri, Fakultas Teknik

Ninin Gusdini, Universitas Sahid

Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik

Downloads

Published

2024-07-05

How to Cite

Cahyaputri, B., Hasibuan, B., & Gusdini, N. (2024). PELATIHAN LAYANAN PRIMA DI UMKM WISATA HUTAN BAMBU BEKASI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6043–6048. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30586