PELATIHAN LAYANAN PRIMA DI UMKM WISATA HUTAN BAMBU BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30586Keywords:
Pengelola Wisata, Wisata Hutan Bambu, Pelatihan, Pelayanan PrimaAbstract
Salah satu kunci dalam memenangkan persaingan bisnis saat ini adalah kepuasan pelanggan, termasuk pada bisnis pariwisata. Akan tetapi, fakta di lapangan pengelola dan pedagang di Wisata Hutan Bambu Bekasi masih belum menerapkan prinsip kepuasan pelanggan terhadap pengunjung wisatawan. Mereka masih kurang pemahaman dan belum terlalu peduli tentang kenyamanan dan kepuasan wisatawan selama berwisata. Pelayanan prima (Service Excellence) adalah pelayanan yang memenuhi standar kualitas yang sesuai dengan harapan dan kepuasan pelanggan. Wisata hutan bambu hanya memiliki 5 orang pengelola dan beberapa pedagang yang ikut terlibat melayani pengunjung. Seluruh pengelola harus bekerja keras untuk mewujudkan komitmen dalam mengembangkan usaha dan memberikan layanan terbaik bagi seluruh pengunjung. Oleh karena itu, pelatihan ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan dan latihan singkat tentang pengelolaan layanan prima yang baik kepada seluruh stakeholder wisata hutan bambu. Jenis metode yang dilakukan yaitu dengan memberikan penyuluhan dalam bentuk sosialisasi dan penjabaran informasi mengenai pelayanan prima dan implementasinya di wisata Hutan Bambu Bekasi. Peserta tampak antusias dengan pengetahuan kualitas layanan, layanan prima, dan penerapannya dalam wisata Hutan Bambu Bekasi. Peserta juga menambah keterampilan dalam penerapan layanan prima sesuai alur proses pengunjung di wisata Hutan Bambu. Para pedagang dapat menerapkan layanan prima pada proses pengunjung membutuhkan makanan atau minuma di wisata Hutan Bambu.Downloads
Published
2024-07-05
How to Cite
Cahyaputri, B., Hasibuan, B., & Gusdini, N. (2024). PELATIHAN LAYANAN PRIMA DI UMKM WISATA HUTAN BAMBU BEKASI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6043–6048. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30586
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Bunga Cahyaputri, Bernard Hasibuan, Ninin Gusdini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.