MENINGKATKAN SELF ESTEEM PENYANDANG DISABILITAS MELALUI PERSONAL BRANDING

Authors

  • Ahmad Nafi IAIN Kudus
  • Galih Fajar Fadillah UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Ernawati Ernawati UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Anni Nurul Hidayati UNU Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30493

Keywords:

Personal Branding, Self Esteem, Penyandang Disabilitas

Abstract

Penyandang disabilitas membutuhkan eksistensi diri untuk dapat dikenal oleh masyarakat sebagai ciptaan Tuhan yang sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan seperti manusia pada umumnya. Dibutuhkan pembinaan dan pendampingan sebagai sarana dalam meningkatkan kapasitas pemahaman personal branding dan self esteem bagi penyandang disabilitas. Metode pengabdian yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR). Tahapan metode ini meliputi maping sosial, perencanaan program, pelaksanaan program, evaluasi program, identifikasi temuan dan tindak lanjut. Hasil yang dicapai dalam pengabdian ini adalah pemahaman yang baik bagi penyandang disabillitas terkait personal branding dan self esteem. Hal ini terlihat dari hasil pre test dalam kategori rendah, selanjutnya diberikan pembinaan secara menyeluruh tentang personal branding dan self esteem dan hasil post test menunjukan pemahaman meningkat secara signifikan. Perubahan yang terlihat menonjol adalah pemahaman tentang self esteem dan aspek yang berhubungan dengan penghargaan diri. Pada saat dilakukan pre test, peserta pengabdian hanya dapat menjawab paham berkisar 20%, setelah dilakukan post test naik secara signifikan menjadi 70%. Dengan demikian pembinaan ini menghasilkan pemahaman yang menyeluruh kepada penyandang disabilitas terhadap citra diri dan penghargaan terhadap diri baik kekurangan dan kelebihan diri dari penyandang disabilitas di Forum Komunikasi Disabilitas Kudus.

Downloads

Published

2024-07-17

How to Cite

Nafi, A. ., Fadillah, G. F. ., Ernawati, E., & Hidayati, A. N. . (2024). MENINGKATKAN SELF ESTEEM PENYANDANG DISABILITAS MELALUI PERSONAL BRANDING . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6548–6554. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30493