UPAYA PENINGKATAN KECAKAPAN BERBAHASA INGGRIS MELALUI TEKNIK INFORMATION GAP
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.3048Abstract
Masalah siswa tidak mampu berbicara dalam bahasa Inggris karena masalah linguistik dan psikologis masih banyak terjadi di kelas bahasa Inggris saat ini, seperti yang terjadi di SMPN 6 Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat. Para siswa memiliki kosakata bahasa Inggris dan waktu praktik yang terbatas serta tidak percaya diri untuk berbicara. Literatur menunjukkan bahwa teknik Information Gap dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan bertujuan untuk membantu memecahkan masalah berbicara Bahasa Inggris siswa dengan menerapkan teknik Information Gap dalam kegiatan mengajar. Teknik tersebut diterapkan pada topik Pengenalan Diri untuk siswa Kelas VII. Kegiatan ini dilakukan pada 19 Oktober 2021 selama satu hari. Hasil dari pengabdian ini adalah siswa menunjukkan semangat untuk berusaha berbicara dalam bahasa Inggris. Selain itu, siswa setuju bahwa teknik ini bermanfaat bagi mereka untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Disarankan bagi para guru di SMPN 6 Meureubo untuk tetap menerapkan teknik Information Gap dalam pembelajaran berbicara bahasa Inggris di kelas.References
Abduh, N. B. (2013). The Implementation of Information Gap Activities to Improve Students’ Speaking and Reading Skill. Exposure Journal. 2 (1). 68-75.
Grauberg, W (1997). The Elements of Foreign Language Teaching. Clevedon: Multilingual Matters, Ltd.
Nunan, D. (2000). Language Teaching Exposure Journal Methodology. Malaysia City: Pearson Education Ltd.
Kayie, H. 2006. Teaching Speaking: Activities to Promote in A Second Language. The Internet TESL Journal. 12 (11). http://iteslj.org/Techniques/Kayi-TeachingSpeaking.html
Rosalina, Y & Khalida, N. (2019). Teaching Speaking Through Information Gap Technique. Wanastra, 11 (2), 159–166.
Harmet, J. 2001. The Practice of English Language Teaching. 3rd Edition. Longman: USA
Scrivener, T. 2005. Learning Teaching: A Guide English Language Teachers. 2nd Edition. Macmilan : New York.
Richards, J & Renandya, W.A. 2002. Methodology in Language Teaching: An Anthology of Current Practice. Cambridge: Cambridge University Press
Nunan, D. Designing Task for Communicaive Teaching. Cambridge: University Press
Downloads
Published
Versions
- 2022-07-25 (3)
- 2022-07-16 (2)
- 2021-12-15 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Endah Anisa Rahma, Giovanni Oktavinanda, Refanja Rahmatillah, Khori Suci Maifianti, Rahma Hidayati, Samwil
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.