PENDAMPINGAN INNOVATIVE LEARNING SKILL MELALUI PEMBUATAN MEDIA AJAR DI RUMAH LITERASI RANGGI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30396Keywords:
Keterampilan Pembelajaran Inovatif; Demonstrasi; Tanya Jawab; dan Lingkungan Belajar.Abstract
Pendidikan memerlukan inovasi dalam menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan bermakna. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di Rumah Literasi Ranggi dengan tujuan meningkatkan keterampilan belajar inovatif (innovative learning skill) melalui pembuatan media ajar interaktif dari bahan bekas. Metode yang digunakan adalah demonstrasi dan tanya jawab. Mahasiswa PPG Prajabatan Matematika berperan sebagai fasilitator dalam mendampingi anak-anak menggunakan media seperti permainan ular tangga perkalian dan papan perkalian. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman konsep perkalian, interaksi sosial, kepercayaan diri, dan keterampilan memanfaatkan sumber daya sekitar secara kreatif. Metode demonstrasi dan tanya jawab terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan menyenangkan. Kegiatan ini juga memberdayakan anak-anak sekitar dengan memberikan keterampilan dalam mengembangkan media ajar inovatif. Secara keseluruhan, kegiatan pengabdian berhasil meningkatkan pemahaman konsep matematika anak-anak melalui pendekatan yang inovatif dan interaktif, serta mendukung lingkungan belajar yang berkelanjutan dengan media pemelajaran yang sesuai kebutuhan peserta didik.References
Adawiyah, A. R., & Kowiyah, K. (2021). Pengembangan Media Kartu Domino pada Pembelajaran Matematika Operasi Perkalian Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2370–2376. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1224
Candra, A. M., & Rahayu, T. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2311–2321. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1212
Gani, A. (2021). Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Pembelajaran Ski Siswa Kelas Vi Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v3i1.285
Huda, N. (2020). Penerapan Metode Tanya Jawab Sebgai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X IPA 3 MA Darussalam Krempyang Tanjunganom Nganjuk. Jurnal El-Barqie: Jurnal MA Darussalam, 1, 141–162.
Iin Wariin Basyari, Iis Yeni Sugiarti, & Nurul Ikhsan Karimah. (2022). Daur Ulang Limbah Kertas Menjadi Media Pembelajaran Literasi Peta pada KKG SD Kota Cirebon. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 87–96. https://doi.org/10.53299/bajpm.v2i1.149
Inas, M., & Setyawan, A. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Melalui Media Permainan Ular Tangga di SDN Karang Nangkah 01. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(2), 49–55.
Juhaeni, J., Cahyani, E. I., Utami, F. A. M., & Safaruddin, S. (2023). Pengembangan Media Game Edukasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Instructional and Development Researches, 3(2), 58–66. https://doi.org/10.53621/jider.v3i2.225
Jundu, R., Jehadus, E., Nendi, F., Kurniawan, Y., & Men, F. E. (2019). Optimalisasi Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Anak di Desa Popo Kabupaten Manggarai. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 221. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3353
Rachmawati, I., Supriyono, S., & Pangestika, R. R. (2021). Pengembangan Media Buletin Matematika Berbasis Pendekatan Realistik Pada Siswa Sekolah Dasar. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 32–44. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.32-44
Rahmadhani, E., Wahyuni, S., & Mandasari, L. (2021). Pendampingan Pembuatan Alat Peraga dan Permainan Matematika dari Barang Bekas untuk Menciptakan Matematika yang Menyenangkan bagi Siswa. Jurnal Abdidas, 2(2), 168–175. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.244
Rosaria, D., & Novika, H. (2018). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam Rt.31Handil Bhakti. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 2(2), 13–19. https://doi.org/10.31602/jpai.v2i2.751
Suhulah, G. A., Tabroni, I., Jiao, D., & Guilin, X. (2023). Demonstration Method to Improve Prayer Practice. Journal Emerging Technologies in Education, 1(5), 273–286. https://doi.org/10.55849/jete.v1i5.490
Sulastri, Y. L., Rahma, A., & Hakim, L. L. (2017). IbM Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Ramah Anak Bagi Guru Paud di Kota Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 84. https://doi.org/10.30999/jpkm.v7i2.177
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Zahra, A., Syachruroji, A., & Rokmanah, S. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik melalui Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 22649–22657.
Zainuddin, Hasanah, A. R., Salam, M. A., Misbah, & Mahtari, S. (2019). Developing the interactive multimedia in physics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1171(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1171/1/012019
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Masniawita Gloria Sinaga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.