PERENCANAAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30345Keywords:
Perencanaan, Pendidikan Islam, Mutu PendidikanAbstract
Pendidikan memainkan peran penting dalam kehidupan manusia, mempengaruhi aspek kognitif, emotif, sosial budaya, politik, ekonomi, agama, hukum, ilmu pengetahuan, teknologi, serta pertahanan dan keamanan. Pendidikan Islam, dianggap sebagai pendekatan terbaik dalam kehidupan, harus direncanakan secara matang untuk memenuhi tujuan di berbagai tingkat dan bentuk sekolah. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif analitis dan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur untuk memahami fenomena perencanaan pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan melibatkan pemilihan dan penetapan tujuan, strategi, metode, anggaran, dan standar keberhasilan. Perencanaan pendidikan Islam di Indonesia perlu ditingkatkan melalui pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya perencanaan, apresiasi terhadap profesi perencana, serta peningkatan kualitas data dan model perencanaan. Implementasi yang efektif dan pemantauan berkelanjutan juga diperlukan untuk mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Perencanaan pendidikan adalah proses berkelanjutan yang memerlukan adaptasi cepat terhadap perubahan keadaan.Downloads
Published
2024-07-03
How to Cite
Hidayat, R. P., Pohan, H. L., & Nasution, I. (2024). PERENCANAAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI INDONESIA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 5961–5964. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30345
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Rafly Prahmana Hidayat, Hadi Lapian Pohan, Inom Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.