PERENCANAAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI INDONESIA

Authors

  • Rafly Prahmana Hidayat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hadi Lapian Pohan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Inom Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30345

Keywords:

Perencanaan, Pendidikan Islam, Mutu Pendidikan

Abstract

Pendidikan memainkan peran penting dalam kehidupan manusia, mempengaruhi aspek kognitif, emotif, sosial budaya, politik, ekonomi, agama, hukum, ilmu pengetahuan, teknologi, serta pertahanan dan keamanan. Pendidikan Islam, dianggap sebagai pendekatan terbaik dalam kehidupan, harus direncanakan secara matang untuk memenuhi tujuan di berbagai tingkat dan bentuk sekolah. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif analitis dan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur untuk memahami fenomena perencanaan pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan melibatkan pemilihan dan penetapan tujuan, strategi, metode, anggaran, dan standar keberhasilan. Perencanaan pendidikan Islam di Indonesia perlu ditingkatkan melalui pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya perencanaan, apresiasi terhadap profesi perencana, serta peningkatan kualitas data dan model perencanaan. Implementasi yang efektif dan pemantauan berkelanjutan juga diperlukan untuk mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Perencanaan pendidikan adalah proses berkelanjutan yang memerlukan adaptasi cepat terhadap perubahan keadaan.

Downloads

Published

2024-07-03

How to Cite

Hidayat, R. P., Pohan, H. L., & Nasution, I. (2024). PERENCANAAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI INDONESIA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 5961–5964. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30345