PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MTSN SE-KABUPATEN NGAWI MELALUI PENYUSUNAN BEST PRACTICE DAN PUBLIKASI ILMIAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30262Keywords:
Best Practice, Artikel Ilmiah, GuruAbstract
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru MTsN di Kabupaten Ngawi dalam menyusun best practice dan mempublikasikan karya ilmiah. Melalui pelatihan intensif dan pendampingan langsung, guru-guru dibekali dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk menyusun artikel ilmiah yang berkualitas. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara terstruktur, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan guru dalam menyusun best practice dan artikel ilmiah. Pelatihan dan pendampingan langsung efektif meningkatkan kompetensi guru, dan disarankan agar pihak sekolah dan dinas pendidikan terus memberikan dukungan berkelanjutan.References
Adhani, A., & Rivaldi, M. (2022). PREFERENSI KEBUTUHAN BAHAN AJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI PADA KELOMPOK MATAKULIAH BIDANG TUMBUHAN. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(1), 87–95. https://doi.org/10.20527/quantum.v13i1.11939
Blair, B. J., & Shawler, L. A. (2019). Developing and Implementing Emergent Responding Training Systems With Available and Low-Cost Computer-Based Learning Tools: Some Best Practices and a Tutorial. Behavior Analysis in Practice, 13(2), 509–520. https://doi.org/10.1007/s40617-019-00405-x
Bullough, R. V. (2012). Against best practice: Uncertainty, outliers and local studies in educational research. Journal of Education for Teaching, 38(3), 343–357. https://doi.org/10.1080/02607476.2012.668335
Fuadiah, N. F., Septiati, E., & Marhamah, M. (2022). Integration of digital literacy in didactic design: Prospective analysis on algebra learning. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.29407/jmen.v8i1.16355
Hartono, H., & Hidayati, N. (2022). The development of capability to create online learning with i-Spring Application for English teachers. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 7(1), 190–199. https://doi.org/10.26905/abdimas.v7i1.6271
Kratochvíl, J. (2017). Comparison of the Accuracy of Bibliographical References Generated for Medical Citation Styles by EndNote, Mendeley, RefWorks and Zotero. The Journal of Academic Librarianship, 43(1), 57–66. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2016.09.001
Miller, S. A., & Bentley, E. (2016). Reading and Writing and Math—Oh My! Reading and Writing Best Practices for Mathematics Teachers. Georgia Journal of Literacy, 39(2), 6–14. https://doi.org/10.56887/galiteracy.48
Muharoni, N. A., Saputra, E. R., & Indihadi, D. (2022). Best Practice Mengajar Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 6(1), 35–44. https://doi.org/10.20961/jdc.v6i1.57737
Nahdi, K., Djalilah, S. R., Ahyan, S., Lutfi, S., & Utomo, D. P. (2020). Article Coaching Clinic dalam Peningkatan Kapasitas Publikasi Ilmiah Dosen di Universitas Hamzanwadi. Lentera Negeri, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.29210/9930
Son, A. L., Mamoh, O., Talan, M. R., & Nitsae, D. (2023). Penyusunan dan Publikasi Karya Ilmiah: Bimtek terhadap Guru-Guru di Wilayah Perbatasan NKRI-Timor Leste. Jurnal Pengabdian Sains Dan Humaniora, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.32938/jpsh.2.1.2023.1-12
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Agung Nasrulloh Saputro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.