PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MTSN SE-KABUPATEN NGAWI MELALUI PENYUSUNAN BEST PRACTICE DAN PUBLIKASI ILMIAH

Authors

  • Agung Nasrulloh Saputro Universitas PGRI Madiun
  • Swasti Maharani Universitas PGRI Madiun
  • Widia Yunita STAI Hubbulwathan Duri
  • Hendrisa Rizqie Romandoni Universitas PGRI Madiun
  • Addy Septyawan Universitas PGRI Madiun
  • Dwi Rohman Soleh Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30262

Keywords:

Best Practice, Artikel Ilmiah, Guru

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru MTsN di Kabupaten Ngawi dalam menyusun best practice dan mempublikasikan karya ilmiah. Melalui pelatihan intensif dan pendampingan langsung, guru-guru dibekali dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk menyusun artikel ilmiah yang berkualitas. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara terstruktur, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan guru dalam menyusun best practice dan artikel ilmiah. Pelatihan dan pendampingan langsung efektif meningkatkan kompetensi guru, dan disarankan agar pihak sekolah dan dinas pendidikan terus memberikan dukungan berkelanjutan.

References

Adhani, A., & Rivaldi, M. (2022). PREFERENSI KEBUTUHAN BAHAN AJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI PADA KELOMPOK MATAKULIAH BIDANG TUMBUHAN. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(1), 87–95. https://doi.org/10.20527/quantum.v13i1.11939

Blair, B. J., & Shawler, L. A. (2019). Developing and Implementing Emergent Responding Training Systems With Available and Low-Cost Computer-Based Learning Tools: Some Best Practices and a Tutorial. Behavior Analysis in Practice, 13(2), 509–520. https://doi.org/10.1007/s40617-019-00405-x

Bullough, R. V. (2012). Against best practice: Uncertainty, outliers and local studies in educational research. Journal of Education for Teaching, 38(3), 343–357. https://doi.org/10.1080/02607476.2012.668335

Fuadiah, N. F., Septiati, E., & Marhamah, M. (2022). Integration of digital literacy in didactic design: Prospective analysis on algebra learning. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.29407/jmen.v8i1.16355

Hartono, H., & Hidayati, N. (2022). The development of capability to create online learning with i-Spring Application for English teachers. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 7(1), 190–199. https://doi.org/10.26905/abdimas.v7i1.6271

Kratochvíl, J. (2017). Comparison of the Accuracy of Bibliographical References Generated for Medical Citation Styles by EndNote, Mendeley, RefWorks and Zotero. The Journal of Academic Librarianship, 43(1), 57–66. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2016.09.001

Miller, S. A., & Bentley, E. (2016). Reading and Writing and Math—Oh My! Reading and Writing Best Practices for Mathematics Teachers. Georgia Journal of Literacy, 39(2), 6–14. https://doi.org/10.56887/galiteracy.48

Muharoni, N. A., Saputra, E. R., & Indihadi, D. (2022). Best Practice Mengajar Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 6(1), 35–44. https://doi.org/10.20961/jdc.v6i1.57737

Nahdi, K., Djalilah, S. R., Ahyan, S., Lutfi, S., & Utomo, D. P. (2020). Article Coaching Clinic dalam Peningkatan Kapasitas Publikasi Ilmiah Dosen di Universitas Hamzanwadi. Lentera Negeri, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.29210/9930

Son, A. L., Mamoh, O., Talan, M. R., & Nitsae, D. (2023). Penyusunan dan Publikasi Karya Ilmiah: Bimtek terhadap Guru-Guru di Wilayah Perbatasan NKRI-Timor Leste. Jurnal Pengabdian Sains Dan Humaniora, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.32938/jpsh.2.1.2023.1-12

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Saputro, A. N. ., Maharani, S. ., Yunita, W. ., Romandoni, H. R. ., Septyawan, A. ., & Soleh, D. R. . (2024). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MTSN SE-KABUPATEN NGAWI MELALUI PENYUSUNAN BEST PRACTICE DAN PUBLIKASI ILMIAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5492–5496. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30262