TUMBUH BERSAMA: MEMBANGKITKAN SEMANGAT ENTREPRENEURSHIP MAHASISWA PERANTAU IMSU DI KABUPATEN ACEH BARAT
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30223Keywords:
Entrepneurship, Generasi Muda, MahasiswaAbstract
Hampir semua kalangan sependapat bahwa kewirausahaan memiliki peran istimewa dalam pertumbuhan perekonomian dan menekan pengangguran, sehingga konsep kewirausahan perlu dikenalkan lebih dalam bagi generasi muda khususnya mahasiswa. Kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan kewirausahaan terhadap mahasiswa Ikatan Mahasiswa Sumatera Utara (IMSU) ini dilakukan agar mereka tidak hanya fokus sebagai pencari pekerja pasca lulus perkuliahan, namun mampu kerja sendiri dan menyediakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Pelatihan kewirausahaan yang dilakukan telah memberikan pemahaman yang lebih dalam apa itu kewirausahaan, bagaimana memulai, melaksanakan, mensiasati ketidakgagalan, dan arti pentingnya kewirausahaan. Hal ini menjadi lebih penting agar mereka dapat menyelesaikan masalahnya sendiri, menciptakan lapangan kerja, dan berkontribusi terhadap lingkungan sosial masyarakat, dan perekonomian nasional. Hasil pelatihan kewirausahaan yang dilakukan menunjukkan ada peningkatan pemahaman dan keinginan mahasiswa terhadap dunia wirausaha. Namun hendaknya pelatihan ini perlu dilakukan terhadap seluruh anggota IMSU, dan berlanjut pada pelatihan terhadap objek usaha.References
Aryati, L.A. (2023). Peningkatan Jiwa Entrepreneur melalui Pelatihan wirausaha pada Pelajar SMK/ SMA. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(5), 328-336.
Baum, J. R., M. Frese, and R.A. Baron. (2007). The psychology of entrepreneurship. London: Routledge.
BPS. (2022). Statistik Pemuda Indonesia 202. Jakarta: Badan Pusat Statistik Indonesia.
Elshaer, I. A., dan A.E.E. Sobaih. (2022). I think I can, I think I can: Effects of entrepreneurship orientation on entrepreneurship intention of Saudi agriculture and food sciences graduates. Agriculture, 12(9), 1454.
Khamimah, W. (2021). Peran Kewirausahaan dalam Memajukan Perekonomian Indonesia. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(3),228–240.
Pihie. (2009). Entrepreneurship as a career choice: An analysis of entrepreneurial self-efficacy and intention of university students. European Journal of Social Sciences 9, 338-349.
Purnomo, S., W. Lestari dan I. Hastuti. (2017). Expert System Design for Guidance of Information Technology (IT) Technopreneurships Based on Students Personal Characteristics. International Journal of Engineering Research and Technology (IJERT), 2278-0181.
Resmi, G. (2013). Membangun jiwa kewirausahaan melalui kegiatan pelatihan kewirausahaan di kalangan mahasiswa (sebuah model pelatihan kewirausahaan di kalangan mahasiswa). Sustainable Competitive Advantage (SCA), 3(1), 1-10.
Yanuarsari, R., I. Asmadi. H.S. Muchtar dan R. Sulastini. (2022). Peran Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam Meningkatkan Kemandirian Desa. Jurnal Comm-Edu, 5(2), 52-61.
Yanuarsari, R. dan S. Muchtar. (2022). Pelatihan Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 142–148.
Yuwono, T. (2019). Membangun Jiwa Kewirausahaan bagi Mahasiswa sebagai Upaya Mewujudkan Kemandirian (Perspektif Perkuliahan Mata Kuliah Kewirausahaan du Universitas Pamulang Tangerang Selatan). Jurnal Ilmiah Feasible: Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi. 1(1), 11–15.
Djazilan, M. S., dan D. Darmawan. (2022). Entrepreneurship education and family support: The determinants that appear entrepreneurship interest for students. International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology.1(2), 26–30.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aswin Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.