PENDAMPINGAN KEWIRAUSAHAAN BAGI UMKM KULINER DAN FASHION SEBAGAI UPAYA MENDUKUNG STRATEGI BISNIS

Authors

  • Kurnia Heriansyah Universitas Pancasila
  • Nelyumna Nelyumna Universitas Pancasila
  • Widyaningsih Azizah Universitas Pancasila
  • Hindradjid Harsono Universitas Pancasila
  • Indra Ade Irawan Universitas Pancasila
  • Setiarini Setiarini Universitas Pancasila

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30090

Keywords:

Kewirausahaan, Pendampingan, UMKM, Business Plan, Value chain, Strategi Bisnis

Abstract

Kegiatan PKM ini diselenggarakan untuk memberikan pendampingan kewirausahaan bagi UMKM Kuliner dan Fashion sebagai upaya mendukung strategi bisnis. Mitra dalam kegiatan ini adalah UMKM binaan Unit Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat dan Unit Inkubator Bisnis Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Pancasila. Kegiatan pendampingan ini merupakan bagian dari kegiatan yang dilakukan dalam pengembangan kewirausahaan bagi mahasiswa. Dalam PKM ini, Tim Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Pancasila yang terdiri dari dosen memberikan pendampingan yang menghasilkan peningkatan business plan dan value chain bagi UMKM. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi tahap analisis, tahap pendampingan, dan tahap pelaporan. Kegiatan pendampingan berupa pemberian materi teori dan praktik yang dibagi dalam beberapa sesi, dengan fokus pada tiga UMKM. Dalam setiap sesinya, materi diberikan oleh Tim Dosen secara bertahap. Selama pendampingan, Tim PKM melakukan wawancara untuk mengetahui kekuatan, kelemahan serta potensi yang dimiliki dari masing-masing UMKM. Luaran dari kegiatan ini adalah berupa dokumen business plan dan value chain bagi UMKM. Hasil kegiatan PKM ini mampu memberikan manfaat langsung bagi pelaku UMKM untuk membuat business plan, value chain, dan memperluas pangsa pasar yang pada akhirnya berpengaruh pada strategi bisnis yang tepat.

References

Bahri. (2019). Pengantar Kewirausahaan: Untuk Mahasiswa, Wirausahawan, dan Kalangan Umum. Pustaka Baru Press. ISBN: 978-602-376-293-4.

Febrianty, dkk. (2020). Manajemen Bisnis: Konsep dan Strateginya. Penerbit Media Sains Indonesia, Bandung.

Ilmiyati and M. Munawaroh, “Pengaruh manajemen rantai pasokan terhadap keunggulan kompetitif dan kinerja perusahaan (Studi pada usaha kecil dan menengah di Kabupaten Bantul),” J. Manaj. Bisnis, vol. 7, no. 2, pp. 226– 251, 2016.

Muchson, M. (2017). Entrepreneurship (Kewirausahaan). Guepedia.

Putra, Indra Mahardika. (2019). Business Model and Business plan di Era 4.0. Business & Economics.

Sipayung. (2010). Value chain analysis (analisis rantai nilai) untuk keunggulan kompetitif melalui keunggulan biaya,” J. Ekon., vol. 13, no. 1, pp. 36–44, 2010. [2]

Suseno , Agustian, Jauhari Arifin, dan Sutrisno. (2020). Analisis Value chain Management pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia. Go-Integratif : Jurnal Teknik Sistem dan Industri Vol. 01, No. 01, (November 2020) 24–33.

Utomo, Kurniawan Prambudi, dkk. (2021). Dasar Manajemen dan Kewirausahaan. Penerbit Widina. Bandung.

Wijayanti. (2020). Partisipasi UMKM dalam global value chain: Faktor kritis untuk kesuksesan dalam jaringan produksi global,” SEGMEN J. Manaj. dan Bisnis, vol. 16, no. 2, pp. 97–104.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Heriansyah, K., Nelyumna, N., Azizah, W. ., Harsono, H. ., Irawan, I. A. ., & Setiarini, S. (2024). PENDAMPINGAN KEWIRAUSAHAAN BAGI UMKM KULINER DAN FASHION SEBAGAI UPAYA MENDUKUNG STRATEGI BISNIS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5863–5870. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30090