PENDAMPINGAN PEMASARAN DAN PENCATATAN KEUANGAN PADA UMKM DOELOER COFFEE

Authors

  • Elis Mediawati Universitas Pendidikan Indonesia
  • M. Hernanda Zaki M Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ade Ulya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rahmat Hidayat Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30054

Keywords:

Pendampingan, Pemasaran, Keuangan, Kedai Kopi, UMKM

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) seringkali menghadapi kendala dalam hal pemasaran dan pencatatan keuangan. Di zaman yang serba digital ini masih banyak UMKM yang belum paham cara memanfaatkan teknologi yang canggih. Salah satunya UMKM Doeloer Coffee yang belum memanfaatkan pemasaran dan pencatatan keuangan digital secara optimal. Pendampingan UMKM ini bertujuan untuk memberikan bantuan yang berkelanjutan dalam pengelolaan kegiatan usaha, terutama dalam hal pemasaran dan pencatatan keuangan. Metode yang dilakukan dalam pendampingan ini adalah dengan melakukan kunjungan observasi dan wawancara terkait aktivitas usahanya. Selain itu, proses pendampingan juga dilakukan melalui grup WhatsApp sebagai alternatif diskusi yang efektif tanpa kunjungan secara langsung. Hasil dari pendampingan ini, yaitu mitra sudah dapat mengetahui pemasaran yang sesuai dengan tren jaman dan sudah mampu memanfaatkan fitur iklan penjualan yang ada di sosial media, mitra sudah mengetahui pembuatan konten promosi di Instagram yang menarik perhatian konsumen, dan mitra sudah mampu merapikan pencatatan keuangan secara otomatis menggunakan Microsoft Excel. Pendampingan UMKM dapat membantu mitra dalam menentukan target pemasaran yang tepat dan pengelolaan pencatatan keuangan yang efisien serta membuka insight baru terkait penggunaan platform digital dan aplikasi pencatatan keuangan.

References

Adiningrum, L., Yunanda, F., Angelita, T., Mulyaningsih, S., & Puspa, T. (2022). Analisis Strategi Bisnis Kedai Kopi Coffee Latar. Jurnal Ekonomi Trisakti, 2(2), 391-404. https://doi.org/10.25105/jet.v2i2.14360

Aminah, N. H. S., Salmawinata, I., Safira, M., Nurrizqa, R. R., Linuhung, T. S., & Mediawati, E. (2023). Pendampingan Pelaporan Keuangan Melalui Platform Digital. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 9(1), 35-43. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v9i1.14827

Hendriadi, A. A., Padilah, T. N., & others. 2019. Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika. Vol 4(2). https://core.ac.uk/download/pdf/276549073.pdf

Kurniawan, A., Fadhillah, I. H., Natalia, L., Rahma, T. M., & Mediawati, E. (2023). Pencatatan Keuangan Umkm Dengan Aplikasi Mobile Dan Strategi Pemasaran Dengan Pembuatan Konten Visual. ABDIMASKU: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(3), 922-929. https://doi.org/10.62411/ja.v6i3.1549

Mediawati, E., Pujianie, C., Delarosa, A., Azizah, L., & Aulya, R. R. (2024). Pendampingan UMKM Toko Pakaian Ibu Indrawati dalam Pemasaran dan Pengelolaan Keuangan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(1), 289-296. https://doi.org/10.30653/jppm.v9i1.585

Rayyani, W. O., Abdi, M. N., Winarsi, E., & Warda, W. (2020). Peningkatan daya saing umkm melalui optimalisasi penyusunan laporan keuangan. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3(2), 97-105. https://doi.org/10.31850/jdm.v3i2.537

Suarjana, I. W., & Musmini, L. S. (2020). Pencatatan dan Pelaporan Akuntansi Keuangan Pada Home Industry Kain Tenun Endek Mastuli Sari Arta. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 11(2), 1-12. https://doi.org/10.23887/jimat.v11i2.24928

Sudrartono, T., Nugroho, H., Irwanto, I., Agustini, I. G. A. A., Yudawisastra, H. G., Amaria, H., ... & Sudirman, A. (2022). Kewirausahaan UMKM Di Era Digital. CV Widina Bhakti Persada. Tersedia dari https://repository.penerbitwidina.com/publications/515239/

Widiastoeti, H., & Sari, C. A. E. (2020). Penerapan Laporan Keuangan Berbasis Sakemkm Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Umkm Kampung Kue Di Rungkut Surabaya. Jurnal Ekbis, 21(1), 1-15. https://doi.org/10.30736/ekbis.v17i1

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Mediawati, E. ., M, M. H. Z. ., Ulya, A. ., & Hidayat, R. (2024). PENDAMPINGAN PEMASARAN DAN PENCATATAN KEUANGAN PADA UMKM DOELOER COFFEE . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6930–6937. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30054