PENDAMPINGAN PEMASARAN DAN PENCATATAN KEUANGAN PADA UMKM DOELOER COFFEE
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30054Keywords:
Pendampingan, Pemasaran, Keuangan, Kedai Kopi, UMKMAbstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) seringkali menghadapi kendala dalam hal pemasaran dan pencatatan keuangan. Di zaman yang serba digital ini masih banyak UMKM yang belum paham cara memanfaatkan teknologi yang canggih. Salah satunya UMKM Doeloer Coffee yang belum memanfaatkan pemasaran dan pencatatan keuangan digital secara optimal. Pendampingan UMKM ini bertujuan untuk memberikan bantuan yang berkelanjutan dalam pengelolaan kegiatan usaha, terutama dalam hal pemasaran dan pencatatan keuangan. Metode yang dilakukan dalam pendampingan ini adalah dengan melakukan kunjungan observasi dan wawancara terkait aktivitas usahanya. Selain itu, proses pendampingan juga dilakukan melalui grup WhatsApp sebagai alternatif diskusi yang efektif tanpa kunjungan secara langsung. Hasil dari pendampingan ini, yaitu mitra sudah dapat mengetahui pemasaran yang sesuai dengan tren jaman dan sudah mampu memanfaatkan fitur iklan penjualan yang ada di sosial media, mitra sudah mengetahui pembuatan konten promosi di Instagram yang menarik perhatian konsumen, dan mitra sudah mampu merapikan pencatatan keuangan secara otomatis menggunakan Microsoft Excel. Pendampingan UMKM dapat membantu mitra dalam menentukan target pemasaran yang tepat dan pengelolaan pencatatan keuangan yang efisien serta membuka insight baru terkait penggunaan platform digital dan aplikasi pencatatan keuangan.References
Adiningrum, L., Yunanda, F., Angelita, T., Mulyaningsih, S., & Puspa, T. (2022). Analisis Strategi Bisnis Kedai Kopi Coffee Latar. Jurnal Ekonomi Trisakti, 2(2), 391-404. https://doi.org/10.25105/jet.v2i2.14360
Aminah, N. H. S., Salmawinata, I., Safira, M., Nurrizqa, R. R., Linuhung, T. S., & Mediawati, E. (2023). Pendampingan Pelaporan Keuangan Melalui Platform Digital. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 9(1), 35-43. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v9i1.14827
Hendriadi, A. A., Padilah, T. N., & others. 2019. Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika. Vol 4(2). https://core.ac.uk/download/pdf/276549073.pdf
Kurniawan, A., Fadhillah, I. H., Natalia, L., Rahma, T. M., & Mediawati, E. (2023). Pencatatan Keuangan Umkm Dengan Aplikasi Mobile Dan Strategi Pemasaran Dengan Pembuatan Konten Visual. ABDIMASKU: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(3), 922-929. https://doi.org/10.62411/ja.v6i3.1549
Mediawati, E., Pujianie, C., Delarosa, A., Azizah, L., & Aulya, R. R. (2024). Pendampingan UMKM Toko Pakaian Ibu Indrawati dalam Pemasaran dan Pengelolaan Keuangan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(1), 289-296. https://doi.org/10.30653/jppm.v9i1.585
Rayyani, W. O., Abdi, M. N., Winarsi, E., & Warda, W. (2020). Peningkatan daya saing umkm melalui optimalisasi penyusunan laporan keuangan. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3(2), 97-105. https://doi.org/10.31850/jdm.v3i2.537
Suarjana, I. W., & Musmini, L. S. (2020). Pencatatan dan Pelaporan Akuntansi Keuangan Pada Home Industry Kain Tenun Endek Mastuli Sari Arta. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 11(2), 1-12. https://doi.org/10.23887/jimat.v11i2.24928
Sudrartono, T., Nugroho, H., Irwanto, I., Agustini, I. G. A. A., Yudawisastra, H. G., Amaria, H., ... & Sudirman, A. (2022). Kewirausahaan UMKM Di Era Digital. CV Widina Bhakti Persada. Tersedia dari https://repository.penerbitwidina.com/publications/515239/
Widiastoeti, H., & Sari, C. A. E. (2020). Penerapan Laporan Keuangan Berbasis Sakemkm Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Umkm Kampung Kue Di Rungkut Surabaya. Jurnal Ekbis, 21(1), 1-15. https://doi.org/10.30736/ekbis.v17i1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elis Mediawati, M. Hernanda Zaki M, Ade Ulya, Rahmat Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.