PELATIHAN CAPCUT VIDEO EDITING UNTUK MENINGKATKAN SKILL DAN DAYA SAING MAHASISWA PENDIDIKAN DI DUNIA KERJA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30013Keywords:
Pelatihan, Capcut Video Editing, Meningkatkan Skill, Daya Saing, Mahasiswa Pendidikan, Dunia KerjaAbstract
Pelatihan CapCut Video Editing ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing mahasiswa pendidikan dalam membuat konten video edukatif yang menarik dan berkualitas. Kemampuan merancang dan menghasilkan video pembelajaran menjadi kompetensi penting bagi calon pendidik di era digital saat ini. Pelatihan dilaksanakan dengan pendekatan teori dan praktik. Peserta dibekali pengetahuan tentang konsep dasar video editing, fitur-fitur CapCut, serta prinsip desain instruksional untuk video pembelajaran. Metode instruksional meliputi ceramah, demonstrasi, praktik langsung di bawah bimbingan instruktur, serta penugasan proyek akhir membuat video pembelajaran. Evaluasi dilakukan melalui presentasi karya dan pemberian umpan balik. Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu mengoperasikan aplikasi CapCut dengan mahir, meliputi memotong video, menggabungkan klip, menambahkan efek visual, transisi, teks, dan audio. Peserta juga memahami prinsip-prinsip desain instruksional seperti penyusunan konten terstruktur, visualisasi menarik, gaya penyampaian bervariasi, serta elemen interaktif untuk menghasilkan video pembelajaran berkualitas. Karya proyek akhir menunjukkan penguasaan teknis dan konseptual peserta dalam merancang dan memproduksi video edukatif. Pelatihan ini meningkatkan keterampilan peserta dalam menggunakan multimedia untuk tujuan pembelajaran serta membekali mereka dengan kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja pendidikan.References
Aprilliana, G., & Efendi, R. (2022). Penggunaan Aplikasi Capcut untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Iklan pada Siswa Kelas VIII SMPN 4 Jampangtengah Kabupaten Sukabumi. Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran, 2(2), 48–53.
Mamonto, F. H., & Mesra, R. (2023). Persepsi Mahasiswa FISH UNIMA tentang Implementasi Materi Mata Kuliah dalam Pembentukan Karakter dan di Kehidupan Sosial. 9(1), 382–391. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4603/http
Mesra, Umaternate, F. (2021). Application of the Learning Model “Baca Dulu” Break Out Class Daring and Luring as an Effort to Overcome the Various Obstacles of Online Learning During The Covid-19 Pandemic at UNIMA Sociology Education Study Program. Proceeding ICHELSS 2021, 639–645. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/hispisi/article/view/22394
Mesra, R. (2022). Implementation of Online Learning Via YouTube Media in Unima Sociological Education Study Program. 01021.
Mesra, R., & Anton, E. E. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley dan Turnitin Guna Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Membuat Karya Tulis Ilmiah di SMA Negeri 1 Tondano. Abdi Masyarakat, 5(1).
Mesra, R., Yandi, R., Walintukan, V. G., & Mangangantung, M. A. (2023). Teacher Skills to Provide GMIM Ranoketang Elementary Students’ Reinforcement. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(5), 1238–1246.
Tiwi, D. I., & Mellisa, M. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Capcut pada Mata Kuliah Kultur Jaringan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 4(1), 39–45.
Widya Pramesti, R. M. (2024). Transformasi Identitas Sosial Era DigitalAnalisis Interaksi Manusia Dalam Pengaruh Media Sosial di LingkunganTB Samson Kabupaten Seputih Agung, Lampung Tengah. ETIC (EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL), 1(3), 160–167. https://naluriedukasi.com/index.php/eticjournal/article/view/17
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Romi Mesra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.