PENINGKATAN KAPASITAS DIGITAL STORY TELLING WISATA HERITAGE PADA GEN Z DI SMA NEGERI 1 SUMEDANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29947Keywords:
Digital Storytelling, Gen Z, Kota Sumedang, Wisata HeritageAbstract
Kota Sumedang memiliki potensi wisata heritage yang menarik dengan situs-situs sejarah dan warisan fisik yang dapat memberikan wawasan mendalam tentang sejarah dan budaya Sumedang. Seiring dengan kemajuan teknologi, partisipasi generasi Z di SMA Negeri 1 Sumedang terhadap potensi wisata heritage Kota Sumedang dalam peningkatan kapasitas digital storytelling dapat memberikan dampak positif dan dapat menginspirasi generasi Z untuk lebih aktif menjelajahi dan menghargai warisan budaya mereka dalam melestarikan dan mempromosikan kekayaan budaya di Kota Sumedang. Meningkatkan kapasitas digital storytelling juga dapat mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital untuk memperkaya pengalaman dan minat generasi Z terhadap warisan budaya lokal terhadap siswa khususnya di SMA Negeri 1 Sumedang. Solusi peningkatan kapasitas dan kemampuan digital communication skills akan dilaksanakan dengan beberapa materi yang relevan serta merupakan hal dasar yang dibutuhkan anak muda dalam kehidupan saat ini. Melalui penerapan teknologi digital, dapat menciptakan konten yang menarik dan relevan, memanfaatkan elemen visual seperti gambar dan video, serta memanfaatkan platform media sosial untuk menyebarkan cerita kekayaan budaya lokal yang dapat membawa dampak positif dalam meningkatkan kesadaran, keterlibatan, serta apresiasi generasi Z terhadap kekayaan budaya dan sejarah setempat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan manfaat pelatihan dan juga menambah pengetahuan para siswa dan siswi di SMAN 1 Sumedang guna meningkatkan kemampuan untuk lebih aware terhadap pentingnya pengolahan konten promosi di media sosial dari mulai membangun personal branding, digital storytelling, dan juga pembuatan konten.References
Khairati Diarsyah, A., & Nurusholih, S. (2023). PERANCANGAN PROMOSI WISATA SEJARAH DAN BUDAYA KABUPATEN SUMEDANG HISTORICAL AND CULTURE TOURISM PROMOTION DESIGN OF SUMEDANG DISTRICT (Vol. 10, Issue 5).
Arida, I. N. S., & Sukma, N. (2017). Kajian Penyusunan Kriteria-Kriteria Desa Wisata Sebagai Instrumen Dasar Pengembangan Desawisata. Jurnal Analisis Pariwisata Issn, 1410- 3729
Nuryanti, W. (1996). Heritage and Postmodern Tourism. Annals of Tourism Research, 23(2), 249-260.
Agoes, A., & Agustiani, I. N. (2023). Coffee Experience as an Attraction for Indonesian Gen Z Tourists in Heritage Area of Braga. Barista: Jurnal Kajian Bahasa Dan Pariwisata, 10(01), 80–93.
Buhalis, D., & Karatay, N. (2022). Mixed Reality (MR) for generation Z in cultural heritage tourism towards metaverse. In … and Communication Technologies in Tourism …. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-030-94751-4_2
Hardian, V., & Hermawan, E. (2022). Gaya Kepemimpinan Transformatif Untuk Gen Z. KENDALI: Economics and Social Humanities, 1(1), 32–38.
Rohaeni, A. J. (2018). Penciptaan cinderamata ikon-ikon wisata sejarah sebagai upaya revitalisasi budaya lokal Kabupaten Sumedang. Journal of Urban Society’s Arts, 5(2), 102–107.
Thohir, A. (2013). Sumedang Puseur Budaya Sunda: Kajian Sejarah Lokal. Galuh Nurani.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Winne Wardiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.