PENERAPAN DIGITAL MARKETING PADA PARE TAKOYAKI MELALUI PEMBUATAN APLIKASI E-COMMERCE

Authors

  • Wahyuddin Wahyuddin Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Hasnawati Hasnawati Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Raisul Amin R Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Ferdiansyah Ferdiansyah Universitas Muhammadiyah Parepare

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29207

Keywords:

UKM, E-Commerce, Pemasaran Digital

Abstract

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia berkontribusi sebesar 60,6% terhadap PDB nasional. Namun, banyak UMKM yang belum memanfaatkan pemasaran digital secara optimal. Contohnya, Pare Takoyaki, UMKM yang menjual takoyaki khas Jepang di Parepare, mengandalkan penjualan langsung dan pemasaran mulut ke mulut. Pembuatan aplikasi e-commerce dapat membantu UKM meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat, metode yang digunakan untuk membantu Pare Takoyaki adalah kombinasi dari Difusi Ipteks, Pelatihan, dan Advokasi. Aplikasi e-commerce akan dikembangkan untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing UKM tersebut. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini menyatakan bahwa penerapan e-commerce dapat meningkatkan daya saing UKM. Dengan adanya aplikasi e-commerce untuk Pare Takoyaki memungkinkan mereka mengelola bisnis secara efisien, meningkatkan penjualan, dan memperluas jangkauan pasar melalui saluran online. Kegiatan pelatihan juga membantu pemilik dan karyawan Pare Takoyaki dalam menggunakan dan mengelola aplikasi e-commerce secara efektif. Kegiatan pengabdian masyarakat berhasil membantu Pare Takoyaki menerapkan pemasaran digital melalui pengembangan aplikasi e-commerce. Untuk penelitian lebih lanjut, perlu dilakukan evaluasi berkala dan pengembangan berkelanjutan terhadap aplikasi e-commerce yang telah diimplementasikan. Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi area-area yang memerlukan perbaikan atau fitur tambahan sesuai dengan kebutuhan bisnis Pare Takoyaki yang terus berkembang.

References

Nugraha, R., Nugraha, N., Abbas, C. J., Sugiharto, T., & Sulistiani, M. (2020). pengenalan Software JBatik pada karyawan Nisya Batik Kuningan. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(01).

Kementerian Koperasi dan UKM. (2023). Profil UMKM Indonesia 2023. https://www.kemenkopukm.go.id/

Rahayu, R., & Day, J. (2017). E-commerce adoption by SMEs in developing countries: evidence from Indonesia. Eurasian Business Review, 7, 25-41.

Setiawan, B. (2021). Tantangan dan Strategi Pemasaran UMKM di Era Digital. Jurnal Kewirausahaan, 23(1), 1-10.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Wahyuddin, W., Hasnawati, H., R, R. A., & Ferdiansyah, F. (2024). PENERAPAN DIGITAL MARKETING PADA PARE TAKOYAKI MELALUI PEMBUATAN APLIKASI E-COMMERCE. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5859–5862. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29207