PENINGKATAN KUALITAS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS MELALUI PELATIHAN DIGITAL ASSESSMENT BERBASIS APLIKASI QUIZIZZ

Authors

  • Yessicka Noviasmy Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Nurzarimah Nurzarimah Institut Agama Islam Negeri Parepare

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29090

Keywords:

Kualitas Mahasiswa, Digital Assessment, Quizizz

Abstract

Era digital dalam dunia Pendidikan semakin berkembang sehingga menuntut Guru dan siswa yang ada disekolah untuk semakin cakap dalam literasi digital. Guru dituntut untuk semakin kreatif dan terampil dalam menghadirkan pembelajaran yang berbasis digital khususnya pada saat melakukan evaluasi pembelajaran. Berbagai pihak termasuk Fakultas Pendidikan dan Keguruan atau Fakultas Tarbiyah wajib membekali mahasiswa dengan berbagai aplikasi digital. Oleh karena itu pelatihan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa Fakultas Tarbiyah khususnya Program studi Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Parepare untuk memperkuat kemampuan digital assessment melalui pemanfaatan aplikasi quizizz. Metode yang digunakan adalah pemaparan materi, Praktik quizizz dan Forum group discussion (FGD) yang dilaksanakan selama 2 hari. Hasil dari pelatihan ini terlihat dengan mampunya mahasiswa dalam membuat sejumlah soal berbasis aplikasi quizizz. Peserta merasa puas setelah melakukan pelatihan ini dimana mereka merespon positif apabila nantinya aplikasi quizizz ini bisa diterapkan di sekolah pada saat mereka menjadi seorang guru dan pada saat mereka akan melaksanakan kegiatan Praktik lapangan disekolah. 

References

Amornchewin, R. (n.d). The Development of AQL Language Skil in Data Fefinition and Data Manipulatif Language Using Exercises with Quizizz for Students Learning Engagement. Indonesia Journal of Informatics Education., 2(2), 85-90

Annisa, R., & Erwin, E. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3660-3667.

Dewi, C. K. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot pada Pembelajaran Matematika Kelas X. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Lampung.

Imran, M. C., Jusmaniar, N., Sulviana, S., Indahyanti, R., Mursidin, M., & Nurjannah, S. (2021). Pelatihan quizizz sebagai sarana penguatan literasi digital bagi mahasiswa. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 876-880.

PELATIHAN QUIZIZZ SEBAGAI SARANA PENGUATAN LITERASI DIGITAL BAGI MAHASISWA Muhammad Chairil Imran 1 , Jusmaniar N 2 , Sulviana 3 Rizka Indahyanti 4 , Muthmainnah Mursidin 5 , Sitti Nurjannah 6 1,2,3,4,5,6Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Makassar, Indonesia e-mail: [email protected]

Salsabila dkk ( 2020) Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz dan Wordwall pada pembelajaran IPA bagi guru-guru SDIT Al-Kahfi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195-199

Suryanto,Adi (2010) Konsep dasar penilaian dalam pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Noviasmy, Y. ., & Nurzarimah, N. (2024). PENINGKATAN KUALITAS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS MELALUI PELATIHAN DIGITAL ASSESSMENT BERBASIS APLIKASI QUIZIZZ. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4629–4633. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29090