ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN QRIS UNTUK MENDUKUNG PAPERLESS DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA KANWIL MEDAN

Authors

  • Ilham Khairi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Laylan Syafina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28954

Keywords:

QR Code, Paperless, QRIS

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti dan mengetahui efektivitas penerapan fungsionalitas QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard) untuk mendukung operasional paperless di Bank Rakyat Indonesia kantor wilayah Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah opini (individu, kelompok atau organisasi), peristiwa dan peristiwa prosedural. Dengan berkembangnya teknologi informasi di Indonesia, Bank Indonesia telah mengembangkan layanan pembayaran bergerak berbasis aplikasi yang disebut layanan transaksi, yang memungkinkan transaksi pembayaran dilakukan dengan memindai kode dua dimensi yang disebut kode QR. Dengan menggunakan kode QR yang digunakan pada aplikasi mobile BRI (Brimo) diharapkan dapat mengurangi penggunaan kertas yang berlebihan yaitu. operasi tanpa kertas. Tujuan dari operasi tanpa kertas adalah untuk meningkatkan kesadaran akan perlindungan lingkungan dan mengurangi dampak lingkungan dengan mengurangi jumlah kertas fisik yang digunakan.

References

Addina, C., Harmain, H., & Syahriza, R. (2023). Pengaruh Proporsi Komisaris Independen dan Komite Audit terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 11(1), 89-100.

ASHARI, A. (2023). IMPLEMENTASI FINANCIAL TECHNOLOGY DALAM SISTEM PEMBAYARAN BERBASIS QR CODE (QRIS) DI PT. BRI (PERSERO) Tbk. KANTOR CABANG JEMBER.

Darwati, A., Slamet, B., & Maimunah, S. (2019). Analisis Perlakuan Akuntansi Atas Persediaan Barang Dagang Terhadap Penyajian Akun Persediaan Pada Koperasi Karyawan Goodyear. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Akuntansi, 5(1).

Dewi, S. K., & Nurlaila, N. (2022). Analisis Kinerja Keuangan Pada Bank Umum Syariah BUMN Di Indonesia Sebelum Dan Sesudah Merger Dengan Metode VECM (Vector Error Correction Model). Jurnal Infokum, 10(5).

Efrilyati, W., Rahmani, N. A. B., & Syafina, L. (2024). Pengaruh Bagi Hasil, Kurs, Dan Inflasi Terhadap Pertumbuhan Pendapatan Bagi Hasil Nasabah Deposito Mudharabah: Studi Kasus Bank Muamalat Indonesia. Maslahah: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Syariah, 2(1), 35-48.

Fatwa, M. I., Sudiarti, S., & Kusmilawaty, K. (2023). Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Atas Pendapatan Jasa Penitipan Barang Pada PT. Pegadaian (Persero) UPS Sibuhuan. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, 3(3), 428-438.

Hasibuan, N. F. A. (2020). Analisis Kinerja Keuangan Dengan Profit Sensitivity Analysis Satu Dekade Pada PT. Bank BRI Syariah, Tbk.

Khodijah, I. (2019). Analisis Konsistensi Penerapan Prinsip Bagi Hasil Pada Perbankan Syariah. Bina Bangsa Ekonomika, 12.

Marbun, A. N., Nasution, Y. S. J., & Harahap, I. (2023). Analisis Penggunaan Sistem Pembayaran QRIS terhadap Perkembangan Bisnis UMKM melalui Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia (BSI) Kc Sibolga). AHKAM, 2(2), 361-372.

Mawarwati, E. (1996). Penerapan Prinsip Konsistensi Dalam Pengakuan Pendapatan Dan Pengaruhnya Pada Penyajian Laporan Keuangan Yang Layak Pada PT X Surabaya.

Musmini, L. S. (2013). Sistem informasi akuntansi untuk menunjang pemberdayaan pengelolaan usaha kecil (Studi kasus pada rumah makan Taliwang Singaraja). Vokasi: Jurnal Riset Akuntansi, 2(1).

Ompusunggu, D. P., Sutrisno, D. R. I., & Hukom, A. (2023). Konsistensi Dan Efektivitas Peran Lembaga Keuangan Non Bank (Koperasi Simpan Pinjam) Sebagai Penggerak Perekonomian Indonesia. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online), 4, 689-696.

Rezeki, S., Nurbaiti, N., & Nurwani, N. (2023). Analisis Peran Teknologi Digital Dalam Memudahkan Nasabah Bertransaksi Pada Saat Terjadi Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Bank Sumut Syariah Capem Hamparan Perak). JURNAL RISET MANAJEMEN DAN EKONOMI (JRIME), 1(2), 01-16.

Siregar, S. (2015). Standar Akuntansi Bank Syariah Di Indonesia (Analisis terhadap konsistensi penerapan prinsip bagi hasil) (Doctoral dissertation, Pascasarjana UIN-SU).

Soewelo, H. (2004). PENTINGNYA PENERAPAN PRINSIP KONSISTENSI DALAM PENGAKUAN PENDAPATAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEWAJIBAN PENYAJIAN LAPORAN LABA/RUGI. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 2(5), 137-151.

Suprihatin, N. S., & Ananthy, A. A. (2019). Pengaruh Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Dan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Jurnal Riset Akuntansi Terpadu, 12(2), 242-252.

Susanto, V. R. D. (1996). Penerapan Prinsip Konsistensi Dalam Pengakuan Pendapatan Dalam Rangka Menyajikan Laporan Keuangan Yang Wajar Pada CV. X Di Kediri.

Sutopo, S., Istanti, E., & Firmansyah, M. R. (2021). peranan prinsip konsistensi dalam metode pengakuan pendapatan terhadap laporan laba rugi pada PT. Indo Zinc Diecasting Di Gresik. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 1(3), 83-92.

Wahyuni, S. (2021). Efektivitas Reward Terhadap Peningkatan Kinerja Pada Karyawan PT. Bank Syariah Indonesia KCP Batusangkar.

Yunita, T. A., Tanjung, A. R., & Anggraini, L. (2015). Pengaruh Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan, Sistem Pengendalian Internal Dan Kompetensi Staf Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Pada SKPD Kota Dumai) (Doctoral dissertation, Riau University).

Downloads

Published

2024-06-06

How to Cite

Khairi, I. ., & Syafina, L. (2024). ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN QRIS UNTUK MENDUKUNG PAPERLESS DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA KANWIL MEDAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4678–4687. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28954